Makalah Macam-Macam Hadist
2.1. Pengertian ‘Ulumul Hadits
Secara umum ‘ulumul hadits terdiri dari dua, yaitu ilmu dan hadits. Secara sederhana ‘ulum (ilmu) artinya pengetahuan, knowledge, dan science. Sedangkan hadits ialah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, baik perkataan, perbuatan, maupun persetujuan atau sifat.
2.2. Hadits ditintau dari Sumber Berita
Dilihat dari sumber informasi atau penerimaan hadits terbagi menjadi empat macam, yaitu qudsi, marfu’,mauquf dan maqthu’. Secara umum hadits yang sumber beritanya berasal dari Allah dinamakan hadits qudsii, bila sumber beritanya bersal dari Nabi disebut hadits marfuu’, bila sumber beritanya berasal dari para sobat disebut hadits mauquuf, dan bila sumber beritanya berasal dari thabi’in disebut hadits maqthuu’.
Sumber informasi utama di atas tidak sanggup menentukan keshahihan hadits, sekalipun datangnya dari Allah atau Nabi alasannya ialah tinjauan kualitas shahih, hasan, dan dha’if tidak hanya dilihat dari sumber berita, tetapi lebih dilihat daari sifat-sifat para pembawa berita. Dengan demikian, hadits qudsii, marfuu’, mawquuf, dan maqthuu’ tidak mutlak keshahihannya, terkadang shahih, hasan, dan dhaif. Masing-masing hadits tersebut akan dijelaskan secara terperinci berikut ini.
1. Hadits Qudsii
Menurut bahasa, kata Al-Qudsii adalah nisbah dari kata al-quddus yang artinya “suci” (ath-thahaata dan at-tanziih). Hadits ini dinamakan suci (al-qudsii) karena disandarkan kepada Dzat Tuhan yang Mahasuci. Atau dinisbatkan pada kata ilaah (Tuhan) maka disebut Hadits Ilaahii dan dinisbatkan kepada Rabb (Tuhan), maka disebut pula Hadits Rabbaanii. Sedang berdasarkan istilah, hadit qudsii adalah: Sesuatu yang dipindahkan dari Nabi saw serta penyandarannya kepada Allah ta’ala.
Perbedaan Al-Qur’an dan hadits Qudsii adalah:
a) Al-Qur’an lafadh dan maknanya dari Allah, sedangkan hadits qudsii lafadhnya dari Allah dan maknanya dari Rasul,
b) Al-Qur’an bernilai ibadah apabila dibaca, sedangkan hadits qudsii tidak bernilai ibadah apabila dibaca,
c) Al-Qur’an diriwayatkan secara mutawaatir,[1] sedangkan hadits qudsii tidak diriwayatkan secara mutawaatir.
Jumlah hadits qudsii menurut Mahmud Thahan dalam bukunya Taysir Mushthalahal Hadits adalah sekitar 200 buah hadits. Salah satu pola hadits qudsii yang diriwayatkan Abu Hurairah yaitu: Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a, beliau berkata; telah bersabda Rasulullah saw “Ketika Allah tetapkan penciptaan makhluk, Dia menuliskan dalam kitab-Nya ketetapan untuk diri-Nya sendiri: Sesungguhnya rahmat-Ku (kasih sayangku) mengalahkan murka-Ku”(diriwayatkan oleh Muslim begitu juga oleh al-Bukhari, an-Nasa-i dan Ibnu Majah)
Adapun lafadh-lafadh yang dipakai Rasulullah dalam meriwayatkan hadits qudsii adalah: Rasulullah saw bersabda pada apa yang diriwayatkan dari Tuhannaya:..., ataupun Allah ta’ala berfirman, pada apa yang diriwatkannya kepada Rasulullah saw.
Diantara buku hadits qudsii Adalah Al-Ittihaaf As-Saniiyah bi Al-ahaadiits Al-qudsiiyyah yang ditulis oleh Abdul Ra’uf Al-Munawi. Di dalamnya terdapat 272 buah hadits.
2. Hadits Marfuu’
Secara bahasa marfuu’ ialah isim maf’ul dari kata rafa’a yang artinya terangkat, sedangkan lawan katanya ialah wadha’a yang artinya terletak. Hadits marfuu’ adalah hadits yang terangkat hingga ke Rasulullah saw. Menurut istilah adalah: Apa-apa yang di sandarkan kepada Rasulullah dari perkataan, perbuatan, persetujuan, maupun diamnya.
Secara umum hadits marfuu’ mempunyai beberapa contoh, yaitu:
a) Marfuu’ Qawlii contohnya bergotong-royong para sobat atau selainnya menyampaikan (Rasulullah saw telah berbuat menyerupai ini ...),
b) Marfuu’ fi’lii contonya bergotong-royong para sobat atau selainnya menyampaikan (Rasulullah saw telah berbuat menyerupai ini ...),
c) Marfuu’ taqriirii contohnya bergotong-royong para sobat atau selainnya megatakan (seseorang melaksanakan sesuatu dikala ada Rasulullah saw menyerupai ini ...) akan tetapi Rasululah saw tidak mengingkari perbuatan tersebut.
Hadits marfuu’ bisa dibagikan menjadi dua macam, yaitu:
Di-Marfuu’-Kan Secara Tegas (Shariih). Hadits yang di-marfuu’-kan kepada Nabi saw dengan shariih adalah hadits yang tegas-tegas dikatakan oleh seorang sobat bahwa hadits tersebut didengar atau dilihat dan atau disetujui dari Rasulullah saw, contohnya perkataan sobat kata: Aku mendengar Rasulullah saw berkata:...., Diceritakan kepadaku oleh Rasulullah saw begini, Berkatalah Rassulullah saw, Rasulullah saw menceritakan begini.
Di-Marfuu’-Kan Secara Hukum (Hukmii). Maksudnya, hadits tersebut seperti lahirnya dikatakan oleh sobat (mauquuf lafalnya), tetapi hakikatnya disanadrkan kepada Rasulullah saw (di-hukumi marfuu’),
3. Hadits Mauquuf
Mauquuf secara bahasa waqaf, yang artinya berhenti atau stop. Di dalam Al-Qur’an terdapat gejala waqaf yang harus dipatuhioleh pembacanya. Menurut pengertian istilah ulama hadits ialah: hadits yang disandarkan kepada seorang sahabat, tidak hingga kepada Nabi saw, ataupun sesuatu yang disandarkan kepada sahabat,baik pekerjaan, perbuatan, dan persetujuan, baik tersambung sanadnya maupun terputus.
Hadits mauquuf memiliki beberapa contoh, yaitu:Mauquuf qauli (perkataan) seperti: Ali bin Abi Thalib ra berkata: berbicaralah kepada insan sesuai dengan apa yang mereka ketahuai, Apakah engkau menghendaki Allah dan Rasul-Nya didustakan?.[2] Mauquuf fi’li (perbuatan), menyerupai perkataan Al-Bukahri: dan Ummu Ibnu Abbas sedangkan ia bertayammum.[3] Mauquuf taqriirii (persetujuan) menyerupai perkataan tabi’in: Aku melaksanakan begini di hadapan salah seorang sobat dan ia ia tidak mengingkariku.
Hukum hadits mauquuf. Sebagian ulama memasukkaan hadits mauquuf ke dalam golongan hadits dhaif. Karena berdasarkan ulama tersebut, hadits mauquuf sama dengan hadits marfuu’, yaitu ada yang shahih, hasan ,dan dha’if. Walaupun mauquuf shahih pada umummnya tidak sanggup dijadikan hujjah, alasannya ialah ia hanya perkataanatau perbuatan sobat semata.
Hadits mauquuf dinilai marfuu’. Sebagaimana keterangan di atas, hadits mauquuf tidah sanggup dijadikan hujjah,kecuali bila hadits tersebut dipandang marfuu’ secara hukum.
4. Hadits Maqthuu’
Menurut bahasa, kata maqthuu’ berasal dari kata qatha’a-yuqathi’u yang artinya terpotong atau terputus, sedangkan lawan katanya washala-yuwashilu yang artinya tersambung ata terhubung. Menurut istilah, hadits maqthuu’ ialah sesuatu yang disandarkan kepada seorang tabi’in atau orang setelahnya, baik dari perkataan atau perbuatan.
Hadits maqthuu’ mempunyai beberapa contoh, yaitu: Hadits maqthuu’ qaulii (dalam bentuk perkataan) menyerupai kata Al-Hasan Al-Bashri wacana shalat di belakang jago bid’ah: Shalatlah dan bid’ahnya atasnya.[4] Hadits maqthuu’ fi’li (dalam bentuk perbuatan) sebagaimana perkataan Ibrahim bin Muhammad bin Al-Muntasyir: Masyruq memanjangkan selimut antara ia dan istrinya memerima shalatnya, bersunyi dari mereka dan dunia mereka.
Hadits maqthuu’ tidak sanggup dijadikan hujjah dalam aturan syara’ sekalipun shahih, kaerana ia bukan yang tiba dari Nabi. Ia hanya perkataan atau perbuatan sebagian atau salah seorang umat islam.
Adapun kitab-kitab yang di pandang banyak terdapat hadits mauquuf dan maqthuu’ adalah: Mushannaf Abii Syaybah, Mushannaf ‘Abd Ar-Razzaaq. Dan Tafsir Ibnu Jariir, Ibnu Haatiim, dan Al-Mundzir,
2.3. Hadits Ditinjau dari Persambungan Sanad
Hadits ditinjau dari persambungan sanad terbagi menjadi dua macam, yaitu:
1. Hadits Muttashil / Mawshuul
Dari segi bahasa, Muttashil adalah isim fa’il dari kata ittashala-yattashilu yang memiliki makna bersambung, dan lawan katanya ialah munqati’, yaitu yang terputus.menurut istilah hadits muttashil atau mawshul adalah: sesuatu yang bersambung sanadnya hingga akhir, baik marfuu’ (disandarkan kepada Nabi saw) maupum mauquuf (disandarkan kepada seorang sahabat)
Dari definisi di atas terang bahwa hadits muttashil / mawshuul adalah hadits yang bersambung sanadn-nya, baik periwayatannyaitu tiba dari Nabi saw ataupun dari seorang sahabat, bukan dari tabi’in
2. Hadits Musnad
Dari segi bahasa, musnad berasal dari kata asnada-yusnidu yang bermakna menyandarkan, menggabungkan, atau menisbatkan adapun musnad berarti disandarkan, digabungkan,atau dinisbatkan. Menurut istilah: hadits musnad ialah sesuatu yang bersambung sanadnya dan marfuu’ disandarkan kepada Nabi saw.[5]
Dengan definisi di atas terang bahwa hadits musnad adalah hadits ang bersambung sanad-nya dari awal hingga akhir, tetapi sandarannya hanya kepada Nabi saw, tidak pada sobat dan tidak pula pada tabi’in.
2.4. Hadits Ditinjau dari Segi Sifat Sanad dan Cara Penyampaian
Hadits ditijuau dari segi sifat sanad dan cara penyampaian terbagi menjadi beberapa macam:
1. Hadits mu’an’an
Dari segi bahasa mu’an’an adalah isim maf’ul dari ‘an’ana-yu’an’inu yang berarti dari. Menurut istilah, hadits mu’an’an adalah hadits yang didisebutkan dalam sanadnya diriwayatkan oleh si Fulan dari si Fulan, dengan tidak menyebutkan perkataan memberitakan,menggambarkan,dan atau mendengar.
Contoh hadits mu’an’an adalah: Memberitakan kepada kami Al-Hasan bin Arafah, memberitakan kepada kami isma’il bin iyasy dari Yahya bin Abu Amru Asy-Syaybani dari Abdullah bin Ad-Daylami berkata: Aku mendengar Abdullah bin Amr, saya mendengar Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya Allah swt membuat makhluk-Nya dalam keadaan gelap (kebodohan), kemudian beliau sampaikan kepada mereka di antara cahaya-Nya.[6]
Para ulama berbeda pendapat wacana hadits ini. Diantara mereka ada yang beropini bahwa hadits ini tergolong munqathi’ (terputus sanad-nya) atau mursal berarti dihukumi dha’if, tidak sanggup diamalkan sehingga ada klarifikasi ke-muttashil-annaya.
2. Hadits Muannan
Menurut bahasa, kata muannan berasala dari kata annana-yuanninu yang berarti memakai kata anna dan anna yang berarti bahwasanya, sesunnguhnya. Menurut istilah, hadits muannan ialah hadits yang dikatakan dalam sanadnya memberitakan kepada kami bahwasanya si Fulan memberitakan kepadanya begini.
Contoh hadits muannan adalah: memberitakan Malik dari Ibnu Syihab bahwasanya Sa’id bin Al-Musayyab berkata begini.
Di kalangan ulama terjadi perbedaan pendapat wacana aturan hadits muannan, di antara mereka beropini hadits muannan tergolong munqathi’ sehingga adapenjelasan bahwa ia mendengar informasi tersebut melalui jalan sanad lain, atau ada indikator lain yang menyampaikan bahwa ia menyaksikan atau mendengarnya.
3. Hadits Musalsal
Menurut bahasa, musalsal berasal dari kata salsala-yusalsilu yang berarti berantai dan bertali-temali. Hadits ini dinamakan musalsal karena ada kesamaan dengan rantai (silsilah) dalam segi pertemuan masing-masing perawi, atau ada kesamaan dalam bagian-bagiannya[7].
Menurut istilah musalsal adalah keikutsertaan para perawi dalam sanad secara berturut-turut pada satu sifat atau pada satu keadaan, terkadang bagi para perawi dan terkadang bagi perawinya.[8]
Dari definisi di atas musalsal dapat dibagi kepada beberapa macam,yaitu sebagai berikut:
a) Musalal keadaan perawi (Musalsal bi Ahwaal Ar-Ruwaat). Adalah keadaan perawi terkadang dalam perkataan qawlii, perbuatan fi’li, atau keduanya (perkataan dan perbuatan atau qawlii dan fi’li). Contoh musalsal qawlii adalah Hadits Mua’adz bin Jabal, bergotong-royong Nabi saw bersabda kepadanya: Hai Mua’adz sesungguhnya saya mencintaimu, maka katakanlah pada setiap sehabis shalat: Ya Allah Tolonglah saya untuk dzikir kepada-Mu, syukur kepada-Mu, dan baik dalam ibdah kepada-Mu.[9]
Contoh musalsal fi’li adalah: Hadits Abu Hurairah beliau berkata: Abu Al-Qasim (Nabi) saw memasukkan jari-jari tangannya kepada jari-jari tanganku (jari-jemari) bersabda: “Allah membuat bumi pada hari sabtu.”[10]
Contoh musalsal qawkii dan fi’li sekaligus adalah: Hadits Anas bin Malik ra berkata: Rasulullah saw bersabda: “Seorang hamba tidak mendapat manisnya akidah sehingga beriman kepada ketentuan Allah (qadar), baik dan buruk, bagus dan pahitnya,” Rasulullah sambil memegang jenggot dan bersabda: “Aku beriman kepada ketentuan Allah (qadar), baik dan buruk, manisa dan pahitnya,”[11]
b) Musalsal sifat periwayat (Musalsal bi Shiifat Ar-RuwaahI). Adalah musalsal yang dibagi menjadi qawlii dan fi’li. Contoh musalsal qawlii adalah Bahwasanya sobat bertanya kepada Rasulullah saw wacana amal yang paling disukai Allah swt supaya diamalkan, maka Nabi membacakan mereka Surah Ash-Shaff.
Contoh musalsal fi’li adalah Hadits Ibnu Umar secara marfuu’: penjual dan pembeli boleh mengadakan khiyaar (memilih jadi atau tidak)
c) Musalsal dalam sifat periwayatan (Musalsal bi Shifaat Ar-Riwaayah). Dalam musalsal jenis ini terbagi menjadi tiga macam, yaitu musalsal dalam bentuk ungkapan penyampaian periwayatan (adaa’), musalsal pada waktu periwayatan, dan musalsal pada daerah periwayatan.
Terkadang hadits terjadi musalsal dari awal hingga akhir dan terkadang sebagian musalsal terputus di permulaan atau di akhir. Oleh alasannya ialah itu, Al-Iraqi berkata: “sedikit sekali hadits musalsal yang selamat dari kedha’ifan,” dimaksudkan di sini sifat musalsal, bukan pada asal matan karena sebagian matan shahih. Ibnu Hajar berkata: “Musalsal yang paling shahih di dunia ialah musalsal hadits membaca Surat Ash-Shaff.
Adapun kitab-kita yang membahas wacana hadits musalsal adalah: Al-Musalsalaat Al-Kubraa karya As-Suyuthi, memuat 85buah hadits, Al-Manaahil As-salsalah fii Al-Ahaadiits Al-Musalsalah, karya Muhammad Abdul Baqi Al-Ayyubi, mengandung sebanyak 212 buah hadits, Al-Musalsalaat, karya Al-Hafizh Ismail bin Ahmad bin Al-Fadhal At-Taymi (w. 535 H).
4. Hadits ‘Aalii dan Naazil
Dari segi bahasa, ‘aalii adalah isim fa’il dari kata al-’uluwwu yang berarti tinggi, lawan dari an-nuzuul yang artinya rendah dan turun. sedangkan An-naazil berasal dari kata an-nuzul yang berarti turun. Dalam istilah muhaddisin, hadits ‘ali adalah: “ suatu hadis yang sedikit jumlah perawinya hingga kepada Rasulullah saw dibandingkan dengan sanad lain. Sedangkan hadits naazil menurut istilah ulama hadits adalah: “hadits yang banyak jumlah perawinya hingga kepada Rasulullah saw dibandingkan dengan sanad lain.
Hadits ‘Aalii dibagi menjadi dua macam, yaitu: ‘Aalii muthlak, yaitu yang lebih erat para perawinya dalam sanad dengan Rassulullah saw. ‘Aalii nisbii atau idhaafii yaitu hadits yang erat atau sedikit jumlah perawinya dalam sanad.
Sedangkan pembagian hadits Naazi merupakan lawan dari macam-macam hadits ’Aalii di atas.
Mayoritas utama menilai hadits ’aali lebih utama dari hadits naazil, alasannya ialah ia lebih jauh dari kemungkinan-kemungkinan cacat. Ibnu Al – Madani berkata: “Naazil itu tercela”. Ini bila sama-sama berpengaruh sanad nya. [12]
Kitab-Kitab yang populer diantaranya: Tsulaatsiiyaat Al-Bukhaarii yang ditulis oleh Ibnu hajar. Tsulaatsiiyaat Ahmad bin Hambal, karya As-Syafarini.
Ringkasan Macam-Macam Hadist Dari Berbagai Tijauan
[1] Mutawatir berdasarkan bahasa berarti المتتابع yang berarti yang berlanjut, berurutan. Artinya Sesuatu yang tiba kemudian atau secara beriring-iring antara yang satu dengan lainnya tanpa adanya jarak.
[2] HR. Al-Bukhari
[3] HR.Al-Bukhari
[4] HR.Al-Bukhari
[5] Mahmud Thahan, Taysir Mushtalahal Al-Hadits, hal.104
[6] HR.Al-Bukhari
[7] Abdul Majid Khan Ulumul hadits, Jakarta:AMZAH 2013 edisi kedua hal. 269
[8] Mahmud Thahan Taysir ... hal.141
[9] HR. Abu Dawud
[10] HR. Al-Hakim
[11] HR. Al-Hakim secara musalsal
[12] Mahmud Thahan Taysir ... hal.140
Belum ada Komentar untuk "Makalah Macam-Macam Hadist"
Posting Komentar