Perilaku Hidup Sederhana Dalam Masyarakat Dan Contohnya

Perilaku Hidup Sederhana Dalam Masyarakat



Perilaku hidup sederhana ialah perbuatan yang sangat menunjang bagi pencapaian tujuan nasional bangsa Indonesia. melaluiataubersamaini melalui sikap dan sikap mi, tujuan hidup bangsa kita akan cepat tercapai. Meskipun demikian, menumbuhkan sikap dan sikap hidup sederhana bukanlah pekerjaan yang gampang. Terlebih lagi dalam lingkup kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai seorang pelajar, kita harus bisa membiasakan diri untuk bergaya hidup sederhana, baik dalam menggunakan benda/uang, tenaga, pikiran, maupun dalam menggunakan waktu.



Hidup Sederhana di Lingkungan Keluarga


Dalam lingkungan keluarga, kita harus membiasakan hidup sederhana. Tidak menyianyiakan waktu, tenaga, dan uang. Kita harus mau memmenolong orang renta dan saudara-saudara kita. Kita pun harus bisa memanfaatkan rezeki yang diterima dengan baik. Janganlah memaksakan din demi mencapai kepuasan semata. Kita hendaknya hemat, “Tidak besar pasak daripada tiang”, artinya pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.

Hidup sederhana di Lingkungan Sekolah


Pola hidup sederhana tidak spesialuntuk berlaku di lingkungan rumah, tetapi harus pula diterapkan di sekolah. Seorang pelajar yang bisa mempraktekkan pola hidup sederhana di sekolah akan disenan$i kawan-kawan dan gurunya.

misal-contoh sikap diberikut mi men unjukkan pola hidup sederhana di sekolah, yaitu
  1. tidak menggunakan pemanis dan kendaraan yang berlebihan. Wajar saja dalam berp akaian, sesuai dengan pakaian seragam sekolah yang sudah ditentukan;
  2. tidak memamerkan kekayaan orang renta di depan kawan-kawannya;
  3. memiliki peralatan sekolah yang sewajarnya;
  4. tidak menghamburkan uang untuk hal yang tak perlu;
  5. bila ada jam pelajaran kosong alasannya gurunya berhalangan, waktu yang kita miliki sebaiknya dimanfaatkan untuk berguru mandiri;
  6. tenggang rasa jika ada mitra yang kurang mampu.

Hidup Sederhana di Lingkungan Masyarakat



Di lingkungan masyarakat, kita juga dituntut untuk menjalankan pola hidup sederhana. Tidak memamerkan harta kekayaan, kedudukan, pangkat, jabatan, kepintaran, ketenaran. Kita harus rendah hati meskipun orang renta kita kaya raya. Bahkan, kita harus bisa menyisihkan sebagian harta untuk mereka yang berada dalam kesusahan dan membutuhkan menolongan.

Dalam lingkungan masyarakat yang masyarakatnya menerapkan pola hidup sederhana, tidak akan terjadi kesentidakboleh sosial yang tinggi. Mereka hidup berdampingan secara damai, rukun, saling memmenolong, saling menghargai sehingga akan sangat bahagia. Orang kaya peduli dengan orang miskin, orang miskin juga tidak membiarkan dirinya tetap disantuni.

Dalam hidup sehari-hari, kesederhanaan mi disertai dengan kemauan bekerja keras. Kerja keras ialah bekerja seoptimal mungkin sesuai dengan kapasitas kemampuan kita. Kerja keras sanggup meningkatkan kesejahteraan hidup dan meraih keberhasilan. Dalam beajar misalnya, seorang siswa dikatakan mau bekerja keras apabila ia bisa secara rutin berguru sanggup bangkit diatas kaki sendiri sedikitnya 4 jam setiap han. Jika ia terbiasa melaksanakan hal mi maka kelak ia akan menjadi siswa yang berhasil.

Hidup sederhana dan bekerja keras mi ialah dua hal yang mesti dimiliki oleh setiap orang yang mau hidup berbahagia, baik di dunia maupun di akhirat.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih

Belum ada Komentar untuk "Perilaku Hidup Sederhana Dalam Masyarakat Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel