Bentuk Pemerintahan Berdasarkan Pedoman Klasik Dan Contohnya

Bentuk Pemerintahan Menurut Ajaran Klasik


Pada dasamya pimpinan negara terdiri atas satu orang atau beberapa orang, lantaran adanya perbedaan jumlah orang yang memerintah maka timbul pula perbedaan bentuk pemerintahan. Bentuk-bentuk pemerintahan yang akan dibahas di antaranya ialah monarkhi kiasik, aristokrasi, tirani, oligarkhi, dan demokrasi.

Monarkhi Klasik

Istilah monarkhi berasal dan kata monos artinya satu dan archei artinya berkuasa atau memerintah. melaluiataubersamaini demikian, monarkhi ialah bentuk pemerintahan yang dipegang oleh satu orang untuk kepentingan bersama atau kepentingan rakyat banyak secara turun-temurun. Monarkhi sanggup dibedakan atas tiga macam, yaitu monarkhj absolut, monarkhj konstitusional, dan monarkhi parlementer.



Monarkhi Absolut

Dalam pemerintahan monarkhi absolut, raja menj alankan pemerintahannya secara tidak terbatas atau absolut. Perintah raja ialah undang-undang yang hams ditaati oleh setiap orang tanpa pamrih. Hal tersebut disebabkan raja di mata masyarakatnya ialah wakil Tuhan di dunia, sehingga apa yang disampaikannya dianggap bunyi Tuhan.

melaluiataubersamaini adanya anggapan demikian, simpel dipahami apabila rakyat dengan tanpa reserve akan tunduk dan taat pada setiap perintah atau peraturan raja. Hal tersebut pada risikonya mengakibatkan raja memerintah tanpa batas atau absolut. Bila sang raja seorang yang bijak, maka yang menj adi perhatian utamanya ialah kesejahteraan bagi rakyatn ya. Namun, apabila ia seorang raja yang bersifat angkara marah yang lebih mengutamakan kepentingan pribadinya, maka ia akan bertindak sewenang-wenang, sehingga risikonya mengakibatkan pemerintahan tirani (diktator). Sebagai teladan Kerajaan Prancis, Jerman, dan Belanda.

Monarkhi Kostitusional

Monarkhi konstitusional (kerajaan yang berundang-undang dasar) ialah suatu kerajaan di bawah pemerintahan seorang raja yang kekuasaannya sudah diatur dalam undang-undang dasar. Undang-undang dasar tersebut mngakibatkan raja tidak lagi bertindak sewenang-wenang. Setiap peraturan, perintah, atau kebijakan apa pun yang dikeluarkan hams didasarkan pada undang-undang dasar itu. misal bentuk pemerintahan monarkhi konstitusional ialah Kerajaan Inggris.

Monarkhi Parlementer

Dalam bentuk pemerintahan monarklii parlementer, kekuasaan tertinggi berada di tangan tubuh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau parlemen. Menteri atau kabinet hams bertanggung balasan kepada parlemen, sedangkan raja tidak mempunyai kekuasaan dalam parlemen. Ia berkedudukan spesialuntuk sebagai kepala negara dan ialah lambang persatuan belaka. Raja tidak harus bertanggung balasan atas berlangsungnya pemerintahan. Ia tidak sanggup diganggu gugat (the king can do no wrong). Pertanggungjawabanan segala kebijäkan pemerintahan ada pada perdana menteri. misal bentuk pemerintahan rnonarkhi parlementer yang hingga kini tetap berlangsung ialah Kerajaan Inggris, Belanda, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

Aristokrasi

Aristokrasi berasal dan kata aristoi dan cratein. Aristoi artinya orang-orang terbaik atau orang-orang pilihan. Umumnya mereka ialah para cerdik pandai. Cratein artinya memerintah. melaluiataubersamaini demikian aristokrasi artinya pemerintahan yang berada di tangan para cerdik pandai. Pemerintahan tersebut lebih mengutamakan kepentingan rakyatnya.

Tirani (Diktator)

Tirani ialah pemerintahan atau kekuasaan yang dipegang oleh seseorang spesialuntuk untuk kepentingan dirinya. Kepentingan dan kesejahteraan rakyat diabaikan.

Oligarkhi

Oligarkhi berasal dan kata oligoi dan arc hien. Oligoi artinya beberapa orang, sedangkan archien artinya memerintah. melaluiataubersamaini demikian, oligarkhi artinya pemerintahan negara yang dikendalikan oleh beberapa orang. Bentuk pemerintahan ml biasanya lebih mengutamakan kepentingan kelompok atau golongan.

Demokrasi

Demokrasi berasal dan kata demos artinya rakyat dan cratein artinya memerintah. melaluiataubersamaini demikian, demokrasi artinya pemerintahan yang berada di tangan rakyat.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Belum ada Komentar untuk "Bentuk Pemerintahan Berdasarkan Pedoman Klasik Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel