Pengertian Dan Klarifikasi Danau

Danau ialah cekungan yang ialah genangan air yang sangat luas di daratan. Danau sanggup dipandang sebagai tempat penampungan (reservoir) air tawar di darat pada ketinggian tertentu di atas permukaan bahari yang bersumber dari mata air, air hujan, sungai, dan gletser.

1. Proses Terjadinya Danau

Berdasarkan terbentuknya danau sanggup dibedakan menjadi dua yaitu danau alami dan danau buatan. Klasifikasi danau menurut proses terbentuknya sanggup dibedakan menjadi danau alami dan danau buatan.
a. Danau Alami
(1) Danau Tektonik
Danau tektonik ialah danau yang terjadi alasannya ialah adanya tenaga tektonik yang menimbulkan bentuk permukaan bumi lebih rendah daripada kawasan di sekitarnya. Air yang masuk ke tempat itu tergenang dan terjadilah danau. misal danau tektonik antara lain Danau Tempe, Towuti, Poso, Tondano (Pulau Sulawesi), Laut Tawar, Maninjau, dan Singkarak (Pulau Sumatra).

(2) Danau Vulkanik
Danau vulkanik ialah danau yang terjadi alasannya ialah adanya kegiatan pegunungan api. Daerah bekas letusan pegunungan, terbentuk cekungan yang lalu terisi oleh material vulkanik yang tidak tembus air sehingga air hujan yang jatuh di cekungan itu tertampung dan terbentuklah danau vulkanik. misal danau vulkanik antara lain Danau Kalimutu (Flores), Segara Anakan (Rinjani), Sarangan, Kawah Ijen, dan Kerinci. Apabila sudah terbentuk danau, lalu vulkan aktif kembali dan kegiatan vulkan ini bersamaan dengan kejadian tektonik, danau yang terbentuk disebut danau vulkano tektonik. misal danau vulkano tektonik ialah Danau Toba di Sumatra Utara.

 Danau ialah cekungan yang ialah genangan air yang sangat luas di daratan Pengertian dan Penjelasan Danau
Danau vulkanotektonik

(3) Danau Karst
Danau karst ialah danau yang terjadi di kawasan karst. Danau ini terjadi alasannya ialah adanya lapisan yang tidak tembus air menutup dasar dan pipa karst, sehingga air hujan yang jatuh di tempat itu tidak sanggup meresap dan terbentuklah danau. Biasanya danau ini kecil dan bersifat temporer. contohnya danau karst di Pepegununganan Sewu, Yogyakarta.

 Danau ialah cekungan yang ialah genangan air yang sangat luas di daratan Pengertian dan Penjelasan Danau
Danau Karst

(4) Danau Gletser
Danau gletser ialah danau yang terjadi alasannya ialah adanya pencairan es. Danau gletser biasanya terdapat di kaki pegunungan atau pepegununganan bersalju, contohnya di pepegununganan Jawa Wijaya (Papua) dan Pepegununganan Alpen (Swiss).

(5) Danau Tapal Kuda (Oxbow Lake)
Danau tapal kuda ialah danau yang terbentuk alasannya ialah meander yang terputus. Danau ini bentuknya menyerupai tapal kuda atau melengkung.
 Danau ialah cekungan yang ialah genangan air yang sangat luas di daratan Pengertian dan Penjelasan Danau
Oxbow lake atau danau tapal kuda.

b. Danau Buatan
Danau buatan juga disebut dengan waduk. Danau bendungan atau waduk ialah adalah danau yang terjadi alasannya ialah adanya pedoman air yang tertimbun baik secara alami maupun buatan manusia. Bendungan yang dibentuk oleh insan sering disebut waduk atau danau buatan. misal danau buatan antara lain Jatiluhur, Karangkates, Riamkanan, dan Gajah Mungkur.

2. Manfaat Keberadaan Danau

Danau mempunyai banyak kegunaan antara lain untuk pengairan lahan pertanian (irigasi), pembangkit tenaga listrik, perikanan, rekreasi, olahraga, dan pelayaran. Pemanfaatan menyerupai tertulis di atas bergantung kepada kondisi yang dimiliki danau atau waduk tersebut. Waduk juga mempunyai fungsi menampung kelebihan air, biar tidak menjadikan banjir di kawasan pedoman sungai potongan hilir.

3. Upaya Pelestarian Danau

Pelestarian suatu danau sanggup ditempuh dengan cara-cara sebagai diberikut.
  1. Menjaga kelestarian hutan dan penghijauan kawasan di sekitar sungai yang menuju ke danau, sehingga material yang dibawa sungai tersebut sangat sedikit.
  2. Mencegah masuknya polutan (polutan yang berasal dari pabrik) ke pedoman sungai yang menuju danau, sehingga tidak terjadi pencemaran danau.
  3. Membina masyarakat biar tidak memakai materi peledak dan racun untuk menangkap ikan di danau.
  4. Membina masyarakat biar tidak memmembuang sampah ke sungai yang mengalir ke danau.
  5. Membina masyarakat di sekitar danau biar menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Demikianlah materi wacana Danau ini saya sampaikan, semoga bermanfaa ... 


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Klarifikasi Danau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel