Pengertian Dan Penggolongan Sumber Daya Alam

1. Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya ialah segala sesuatu yang mempunyai kegunaan dan mempunyai nilai di dalam kondisi di mana kita menemukannya. Sesuatu yang belum diketahui keuntungannya tidak sanggup dikatakan sebagai sumber daya sebab tidak mempunyai nilai. Sebaliknya, sesuatu yang meskipun ada gunanya tetapi tersedia dalam jumlah yang relatif besar dibanding dengan permintaan, juga bukan ialah sumber daya. Sumber daya alam ialah segala sesuatu yang terdapat di alam sekitar yang ialah hasil bentukan alam yang sanggup dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

2. Penggolongan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam sanggup dibagi menjadi dua berdasarkan kelestarian memanfaatkannya sebagai diberikut.
a. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
Sumber daya alam yang sanggup diperbarui ialah sumber daya alam yang kalau dipakai secara terus-menerus maka dalam jangka waktu tertentu akan kembali menyerupai sediakala dan sanggup dipakai lagi untuk diambil manfaatnya. misal sumber daya alam yang sanggup diperbarui ialah air, tanah, tumbuh-tumbuhan, dan hewan.

 Sumber daya ialah segala sesuatu yang mempunyai kegunaan dan mempunyai nilai di dalam kondisi di ma Pengertian  dan Penggolongan Sumber Daya Alam
Air salah satu sumber daya alam yang sanggup diperbarui.


b. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaruhi ialah sumber daya alam kalau dipakai secara terus-menerus, maka lama-kelabuaan akan habis dan tidak sanggup dihasilkan sendiri oleh manusia. misal sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui ialah banyak sekali barang tambang, mineral logam, mineral bukan logam dan mineral penghasil energi.

Menurut proses terbentuknya sumber daya alam sanggup digolongkan menjadi tiga, sebagai diberikut.
  1. Sumber Daya Biotik
    Sumber daya biotik ialah sumber daya yang terbentuk sebab adanya proses kehidupan menyerupai tumbuh dan berkembang biak, contohnya tumbuh- tumbuhan dan hewan.
  2. Sumber Daya Fisik
    Sumber daya fisik ialah sumber daya yang terbentuk sebab adanya proses fisik dan kekuatan alam, contohnya tanah, air, udara dan barang-barang tambang.
  3. Sumber Daya Alam Lingkungan
    Sumber daya lingkungan ialah perpaduan antara sumber daya fisik dan sumber daya biotik yang sanggup membentuk suatu lingkungan tertentu, contohnya lingkungan pepegununganan, lembah, pantai, pegunungan api, dan panorama alam yang lain.

Sumber daya alam berdasarkan nilai kegunaannya atau sumber daya irit sanggup dibedakan menjadi tiga, sebagai diberikut.
  1. Sumber daya alam irit tinggi ialah sumber daya alam yang cara mendapatkannya dibutuhkan biaya yang besar. contohnya ialah mineral- mineral logam mulia menyerupai emas, perak, dan intan.
  2. Sumber daya alam irit rendah ialah sumber daya alam yang cara mendapatkannya dengan biaya yang cukup murah dan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. contohnya ialah bahan-bahan bangunan menyerupai pasir, batu, dan gamping.
  3. Sumber daya alam nonekonomis ialah sumber daya alam yang cara mendapatkannya tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali atau dengan kata lain tanpa pengorbanan serta tersedia dalam jumlah tidak terbatas. contohnya ialah udara, suhu, sinar matahari, dan angin.

Demikianlah materi perihal Sumber Daya Alam ini saya sampaikan biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Penggolongan Sumber Daya Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel