Pengertian Dan Klarifikasi Gletser

1. Terjadinya Gletser

Gletser ialah massa besar es yang terbentuk dari penimbunan salju dan bergerak menuju ke bawah jawaban gravitasi bumi, sambil menguap ataupun meleleh. Timbunan salju usang kelabuaan menjadi sangat tebal, sehingga akan terbentuk lapisan es di atas permukaan bumi.

Lapisan es yang tebal menjadi bahan yang plastis dan memiliki gaya gravitasi yang sangat besar, sehingga es tersebut secara perlahan-lahan bergerak menyebar ke tempat yang lebih luas atau turun melalui lereng pepegununganan. Massa es yang bergerak itulah yang disebut gletser.

Gletser ialah massa besar es yang terbentuk dari penimbunan salju dan bergerak menuju ke  Pengertian dan Penjelasan Gletser
Gletser


2. Manfaat Gletser

  1. Adanya gletser menjadikan terbentuknya danau-danau glasial ibarat di lereng pepegununganan Alpen dan di Amerika Utara.
  2. Adanya gletser menjadikan terbentuknya pantai fyord sebagai hasil pengikisan glasial. Seperti di Norwegia pantai fyord dipakai untuk tempat berlindung bahtera dan kapal pada waktu angin puting-beliung dan ialah tempat penangkapan ikan yang aman.
  3. Sebagai tempat penelitian andal glasiologi.
  4. Daerah padang salju ialah tempat berolah raga demam isu cuek (ski).
  5. Sebagai sumber air bagi sungai di bawahnya.
  6. Daerah yang tertutup es daratan sanggup menjadikan lahirnya kebudayaan yang khas, contohnya budaya Eskimo dengan rumah iglo, dan alat transportasi slide yang ditarik anjing.
Untuk bahan Geografi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!

Gletser ialah massa besar es yang terbentuk dari penimbunan salju dan bergerak menuju ke  Pengertian dan Penjelasan Gletser

Demikianlah bahan tantang Gletser ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Klarifikasi Gletser"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel