Penjelasan Mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam

1. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Biotik

Sumber daya alam terdiri atas unsur-unsur binatang dan tumbuhan. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan disebut dengan sumber daya alam nabati dan yang berasal dari binatang disebut sumber daya alam hewani.

a. Sumber Daya Alam Nabati
Pemanfaatan sumber daya alam nabati antara lain sebagai diberikut.
  1. Sumber materi pangan, contohnya padi, jagung, sagu, ubi, dan tumbuhan lainnya yang mendukung keperluan pangan tidak terkecuali sayuran dan buah-buahan.
  2. Sumber materi sandang, contohnya penerapan kapas serta tumbuhan yang berserat yang dipakai sebagai materi pembuatan pakaian.
  3. Bahan dasar obat-obatan, contohnya jahe, kencur, temu lawak, dan banyak sekali jenis tumbuhan obat lainnya, yang mempunyai kegunaan sebagai ramuan obat tradisional.
  4. Keperluan industri, contohnya perkebunan tembakau, teh, perkebunan kopi, tebu, dan sebagainya.

b. Sumber Daya Alam Hewani
Sumber daya alam hewani sanggup dimanfaatkan antara lain sebagai diberikut.
  1. Sumber materi sandang, contohnya penerapan kulit binatang menyerupai bulu domba yang dipakai sebagai materi pakaian, terutama di kawasan dingin. Ulat sutra yang sanggup menghasilkan kain wol.
  2. Kulit dan tulang binatang sanggup dimanfaatkan untuk pembuatan hiasan.
  3. Sumber materi industri, sebagai materi industri, ternak mempunyai peranan penting contohnya sepatu, tas, dan alat musik membutuhkan bahan-bahan dari kulit ternak, dagingnya dimanfaatkan untuk masakan dalam kaleng, dan tulangnya dipakai untuk perekat atau lem dan untuk tepung tulang.
  4. Sumber penelitian, dilihat dari segi keilmuan, ternak mempersembahkan pemberian terhadap kemajuan ilmu, khususnya ilmu kedokteran, dan biologi banyak memakai binatang sebagai objek eksperimennya.
  5. Sumber lapangan pekerjaan, baik secara eksklusif maupun tidak langsung, ternak mempersembahkan peluang kerja bagi manusia. Tempat-tempat menyerupai perusahaan ternak ayam ras, sapi perah, perusahaan sepatu kulit, dan tas kulit tiruananya membutuhkan banyak tenaga kerja manusia.
  6. Sumber gizi, ditinjau dari segi kesehatan, ternak ialah salah satu sumber masakan yang berkarakter tinggi, banyak mengandung protein, simpel dicerna. Di negara-negara miskin spesialuntuk sebagian kecil saja dari masyarakat yang sanggup membeli daging, bahkan barang ini masih ialah barang mewah, lain halnya dengan negara maju.
  7. Sumber tenaga, dilihat dari segi ekonomi, ternak ialah sumber tenaga, sumber pupuk, sumber penghasilan, sumber objek usaha, dan tabungan. Ternak besar menyerupai sapi atau kerbau dipakai untuk membajak tanah dan ada juga yang dipakai untuk angkutan.
  8. Sumber pupuk, ternak ialah penghasil pupuk sangkar yang sangat penting artinya bagi para petani. Daerah-daerah peternakan di Jawa menyerupai Boyolali, Pengalengan, Garut, dan Wonosobo sangat memanfaatkan kotoran binatang ternaknya untuk dipakai sebagai pupuk sangkar alasannya di kawasan tersebut selain peternakan, pertaniannya juga maju.

2. Pemanfaatan Sumber Daya Alam Abiotik

Sumber daya alam abiotik terdiri atas unsur-unsur yang tidak hidup, menyerupai hutan, udara, air, tanah, sinar matahari, dan bahan-bahan tambang.
a. Hutan
Hutan ialah kekayaan alam yang mempersembahkan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, antara lain:
  1. sebagai cagar alam yang melestarikan kehidupan tumbuhan dan binatang langka dan mempertahankan keguakaragaman hayati (biodiversity);
  2. sebagai hutan produksi;
  3. sebagai hutan pelindung yang menjaga kelestarian tanah (fungsi geohidrologis) dan tata air yang sangat baik untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah;
  4. pengatur cuaca dan iklim (fungsi meteorologis), antara lain:
    a). menyejukkan udara,
    b). mencegah terjadinya badai,
    c). memmembersihkankan udara, dan
    d). mendaur ulang CO2 menjadi O2 .
  5. sebagai kawasan tangkapan hujan.

b. Udara
Dalam udara banyak terkandung unsur-unsur yang bermanfaa bagi insan antara lain sebagai diberikut.
  1. Nitrogen untuk pembuatan pupuk.
  2. Oksigen sangat penting bagi kehidupan insan untuk proses pernapasan.
  3. Argon sangat penting dalam bidang industri khususnya pembuatan lampu (neon).
  4. Karbon dioksida sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman.

c. Sumber Daya Air
Keberadaan sungai mempunyai manfaat bagi kehidupan insan antara lain:
  1. masukana transportasi contohnya Sungai Musi, Sungai Kapuas, dan Sungai Mahakam,
  2. masukana irigasi untuk pertanian,
  3. tempat kebijaksanaan daya perikanan air tawar,
  4. sumber tenaga untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA),
  5. kebutuhan hidup sehari-hari khususnya bagi penduduk yang tinggal di tepi sungai menyerupai mencuci, mandi, dan memmembersihkankan perabot rumah tangga, dan
  6. tempat berolahraga, menyerupai arung air terjun dan dayung.

Danau termasuk sumber daya air yang bermanfaa bagi kehidupan manusia, antara lain untuk pengairan lahan pertanian (irigasi), pembangkit tenaga listrik, perikanan, rekreasi, olahraga, dan pelayaran.

Rawa termasuk sumber daya air yang bermanfaa bagi kehidupan insan antara lain sebagai diberikut.
  1. Rawa yang dikeringkan sanggup dipakai sebagai lahan pertanian.
  2. Rawa dengan hutan mangrove (bakau, api-api, dan sebagainya) sanggup menghasilkan kayu untuk banyak sekali keperluan insan dan sanggup mencegah terjadinya erosi.
  3. Rawa pantai dengan nipah dan rumbia yang tumbuh di dalamnya sanggup dimanfaatkan sebagai materi pembuatan atap rumah.
  4. Beberapa jenis rawa sanggup menghasilkan ikan.

Laut ialah salah satu sumber daya air yang banyak keuntungannya bagi kehidupan insan di antaranya:
  1. penghasil ikan,
  2. sumber mineral,
  3. sumber materi tambang,
  4. lahan pertanian untuk kebijaksanaan daya rumput laut, dan
  5. penghasil garam-garaman.

d. Tanah
Tanah ialah salah satu unsur utama dalam ekosistem.Tanah ialah tempat berpijak dari makhluk hidup yang ada di daratan, termasuk insan di dalamnya. Banyak potensi terkandung di dalam tanah, contohnya banyak sekali materi tambang dan sumber air. Tanah yaitu lapisan kulit bumi paling luar. Tanah ialah hasil pelapukan dan pengendapan batuan yang dalam proses terjadinya sudah bercampur dengan majemuk materi organis. Tanah mempunyai manfaat besar bagi kehidupan, baik sebagai tempat hidup manusia, tempat tumbuhnya tanaman, maupun sebagai tempat berdirinya suatu bangunan.

Di Indonesia banyak sekali terdapat jenis tanah yang tersebar di seluruh wilayah. Banyak cara untuk menjaga kelestarian tanah menyerupai perputaran jenis tanaman, pengombinasian jenis tanaman, dan pembajakan tanah searah garis kontur.

e. Sinar Matahari
Sinar matahari berfungsi sebagai sumber tenaga dan berfungsi dalam proses fotosintesis dari tumbuh-tumbuhan. Sinar matahari ialah sumber daya yang jumlahnya tak terbatas. Sinar matahari sangat berperan bagi makhluk hidup di bumi, contohnya untuk proses fotosintesis bagi tumbuhan, sumber energi bagi teknologi dan mendukung acara insan di siang hari menyerupai untuk proses pengeenteng. melaluiataubersamaini kemajuan teknologi, memanfaatkan sinar matahari sangat penting dilakukan alasannya sanggup mengurangi pencemaran udara sehingga insiden lubang ozon sanggup dikurangi.

f. Bahan-Bahan Tambang
Indonesia ialah negara yang kaya akan bahan-bahan tambang, baik yang terdapat di dalam tanah maupun yang ada di dasar laut. Berbagai jenis materi tambang tersebut sangat bermanfaa bagi kehidupan insan apabila sanggup dimanfaatkan dengan efektif dan efisien tanpa merusak lingkungan di sekitarnya.


Bahan tambang ialah sumber daya yang diharapkan untuk kehidupan manusia, antara lain sebagai pendukung pembangunan dan sebagai materi dasar industri dalam pembangunan. Di Indonesia banyak sekali ditemukan barang tambang yang persebarannya tidak merata. Barang tambang tersebut terbentuk oleh proses dan kekuatan alam. Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbarui harus dimanfaatkan seefisien mungkin dan dicari sumber daya alternatif sebagai penggantinya. Barang tambang sangat berperan dalam mempercepat pembangunan Indonesia sehingga barang tambang yang tersedia harus dimanfaatkan dengan prinsip ramah lingkungan.

Untuk materi Geografi lainnya silahkan klik Gambar diberikut!

 yang berasal dari tumbuhan disebut dengan  Penjelasan terkena Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Demikianlah materi tantang Pemanfaatan Sumber Daya Alam ini saya sampaikan, semoga bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel