Proses Daur Nitrogen Secara Singkat Dan Berurutan

Proses Daur Nitrogen Secara Singkat Dan Berurutan


Nitrogen, atau zat lemas, ialah unsur yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Nitrogen tidak
dibutuhkan dalam bentuk unsur, melainkan dalam bentuk persenyawaan. Atmosfer buini mengandung 79% nitrogen. Gas ini susah bereaksi dan jadinya tidak sanggup dimanfaatkan secara pribadi oleh makhluk hidup.

Apa fungsi nitrogen bagi badan organisme? Nitrogen ialah salah satu unsur pembentuk asam ainino. Asamainino ialah persenyawaan pembentuk molekul protein. Protein ialah senyawa yang berkhasiat sebagai penyusun tubuh, inisalnya otot, daging, dan sebagai penggiat reaksi-reaksi metabolisme tubuh, inisalnya enzim pencernaan untuk mencerna makanan.


Karena petir, nitrogen di atmosfer bersenyawa dengan oksigen membentuk nitrat (NO3). Tumbuhan menyerap nitrat dan tanah untuk dijadikan protein. Ketika flora dimakan konsumer, nitrogen berpindah ke badan hewan. Urin, bangkai hewan, dan flora yang mati akan diuraikan oleh pengurai menjadi amonium dan amoniak.

Bakteri nitrit Nitrosomonas mengubah amonium menjadi nitrit. Selanjutnya basil nitrat Nitrobacter akan mengubah nitrit menjadi nitrat. Peristiwa pengubahan amomum menjadi nitrit dan nitrat disebut sebagai nitrifikasi. Nitrat akan diserap lagi oleh tumbuhan.

Ada pula basil yang bisa mengubah nitrat atau nitrit menjadi nitrogen bebas di udara. Prosesnya disebut sebagai denitrifikasi.

Pada umumnya makhluk hidup tidak bisa memanfaatkan nitrogen secara pribadi dan udara. Akantetapi ada pula yang sanggup memanfaatkannya. misalnya, basil Rhizobium yang bersimbiosis dengan kacang-kacangan (kelompok leguininosae) membentuk bintil akar dan bisa mengikat nitrogen dan udara. Bakteri tersebut sangat menguntungkan para petani, alasannya ialah sanggup menyediakari nitrogen bagi flora inangnya dan juga sanggup menyuburkan tanah. Tanah yang belum sempurnanya basil Rhizobium sanggup ditaburi dengan legin, yaitu biakan basil pengikat nitrogen yang ketika ini sudah banyak dijualbelikan.

Bakteri yang berperan dalam daur nitrogen:
  1. Nitrosomonas mengubah amonia — nitrit
  2. Nitrobacter mengubah nitrit — nitrat
  3. Rhizobium menambat nitrogen dan udara
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Proses Daur Nitrogen Secara Singkat Dan Berurutan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel