Cara Memasang Cincin/ Ring Kaki Lovebird Yang Benar

Kicau-burung.com -Anda mungkin sering melihat burung lovebird baik itu lovebird lomba atau lovebird rumahan menggunakan ring atau cincin pada salah satu kakinya. Tapi apakah anda sudah tahu manfaat dari pemasangan cincin pada kaki burung lovebird tersebut, Kenapa harus dipasangi cincin? Lalu bagaimana cara memasang cincin kaki lovebird? Apa burung lovebird yang dipasangi ring tidak kesakitan? Pertanyaan tersebut barangkali pernah muncul dibenak anda dikala melihat lovebird yang menggunakan cincin.
Anda mungkin sering melihat burung lovebird baik itu lovebird lomba atau lovebird rumahan  Cara Memasang Cincin/ Ring Kaki Lovebird Yang Benar
Cincin lovebird
Pemasangan cincin kaki burung sebetulnya bukan hanya terdapat pada lovebird saja, tetapi hampir semua jenis burung yang mempunyai harga jual dan peminat yang tinggi sering dipasangi ring atau cincin, contohnya ibarat burung kacer, cendet, perkutut, kenari, jalak, dan lain sebagainya. Tujuannya dari pemasangan cincin burung yakni sebagai alat identifikasi atau sebagai identitas dari si burung itu sendiri. Sehingga lovebird yang menggunakan cincin akan gampang dikenali, dari mana asal lovebird tersebut dan siapa pemilik lovebird tersebut.

Pemasangan ring kaki lovebird biasanya dilakukan oleh para peternak atau breeder untuk menandai bahwa burung tersebut yakni hasil dari ternak mereka. Selain itu pemasangan ring kaki lovebird juga sekaligus sebagai ajang promosi bagi si peternak/ breeder dikala burung lovebird yang menggunakan cincin yang dia pasang ternyata moncer dan juara dilapangan, tentu akan banyak lovebird mania yang mengejar burung hasil ternaknya.

Cara memasang cincin/ ring kaki lovebird


Pemasangan cincin lovebird yang benar yakni dilakukan dikala lovebird gres menetas/ masih kecil, tujuannya yakni supaya pemasangan cincin sanggup dilakukan dengan gampang dan tidak melukai kaki lovebird. Sebab dikala masih kecil tekstur tulang kaki lovebird masih elastis dan ukuran jari kakinya masih kecil.
Anda mungkin sering melihat burung lovebird baik itu lovebird lomba atau lovebird rumahan  Cara Memasang Cincin/ Ring Kaki Lovebird Yang Benar

Adapun langkah cara memasangan cincin/ ring kaki lovebird lebih lengkapnya yakni sebagai berikut:

1. Sebelum memasang cincin kaki, sebaiknya lakukan pemijatan ringan terhadap kaki lovebird terlebih dahulu. Ini bertujuan supaya anakan lovebird merasa nyaman engan pijatan lembut tersebut, sehingga ketika dilakukan pemasangan cincin, lovebird tidak akan berontak. Sekali lagi yang harus anda perhatikan yakni dalam memijat kaki tersebut harus dilakukan secara lembut dan perlahan supaya tidak melukai atau menciptakan cidera pada kaki lovebird anda.

2. Oleskan minyak pelumas pada kaki lovebird sebelum memasukkan cincin. Tujuannya yakni supaya pemasangan cincin sanggup dilakukan dengan gampang alasannya yakni kaki lovebird menjadi lebih licin oleh minyak pelumas tersebut. Minyak pelumas yang baik yakni dengan menggunakan minyak baby oil, minyak zaitun, atau minyak goreng yang masih bersih.

3. Selanjutnya masukkan cincin atau ring tersebut pada kaki lovebird secara perlahan, caranya dengan memasukkan tiga jari depan lovebird secara bersamaan terlebih dahulu. Setelah ketiga jari depan masuk kedalam cincin, barulah anda mencoba memasukkan satu jari penggalan belakang secara perlahan.

4. Setelah semua jari berhasil masuk kedalam cincin, dorong cincin keatas hingga pada tengkuk jari dan usahakan supaya cincin terpasang secara benar pada posisi yang nyaman dan tidak menyakiti atau mengganggu kegiatan burung anda.
Anda mungkin sering melihat burung lovebird baik itu lovebird lomba atau lovebird rumahan  Cara Memasang Cincin/ Ring Kaki Lovebird Yang Benar

CATATAN:

Dalam pemasangan cincin lovebird harus dilakukan dengan tenang, lembut dan hati-hati, supaya tidak menyakiti dan melukai atau menciptakan lovebird menjadi stress.

Itulah teknik cara pemasangan cincin/ ring kaki lovebird yang benar yang sanggup saya bagikan kepada sobat lovebird mania yang selalu setia embaca dan mengikuti setiap postingan dalam blog ini. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasang Cincin/ Ring Kaki Lovebird Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel