Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Jago Dan Definisinya

Pengertian Sosiologi



Pada hakekatnya, sosiologi dan antropologi memiliki dua pengertian dasar, yaitu sosiologi dan antropologi sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai metode. Sosiologi dan antropologi sebagai ilmu artinya bahwa sosiologi dan antropologi ialah kumpulan pengetahuan wacana kajian masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis atas dasar anutan yang logis. Pada konteks mi sosiologi dan antropologi ialah sumber pemecahan aneka macam permasalahan dengan pendekatan kemasyarakatan melalui disiplin ilmu dalam sosiologi dan antropologi.



Definisi Sosiologi



Adapun sosiologi dan antropologi sebagai metode artinya bahwa sosiologi dan antropologi yaitu cara-cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial dan budaya yang ada dalam masyarakat dengan mekanisme dan teori yang sanggup dipertanggungjawabankan kebenarannya secara ilmiah.

Beberapa tokoh sosiologi mempersembahkan definisi terkena sosiologi, antara lain sebagai diberikut.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

  • Pitirim A. Soro kin, mengemukakan sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari perihal:
  1. Hubungan dan dampak timbal-balik antara guaka ragam gejala-gejala sosial, contohnya tanda-tanda ekonomi dengan agama, dan keluarga dengan moral.
  2. Hubungan dan dampak timbal-balik antara tanda-tanda sosial dengan tanda-tanda nonsosial.
  3. Ciri-cii umum tiruana jenis tanda-tanda sosial.
  • Roucek dan Warren, mengemukakan bahwa sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari korelasi antarmanusia dalam kelompok-kelompok.
  • William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff, mengemukakan bahwa sosiologi yaitu penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan balasannya yaitu organisasi sosial.
  • J.A.A. van Doom dan C.J. Lanimers, mengemukakan bahwa sosiologi yaitu ilmu pengetahuan wacana struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
  • Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, menyatakan bahwa sosiologi atau ilmu masyarakat yaitu ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan sosial.
  • Auguste Comte, mengemukakan bahwa sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari insan sebagai makhluk yang memiliki naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya. Artinya, sosiologi mempelajari segala aspek kehidupan bersama yang terwujud dalam asosiasi-asosiasi, lembaga-lembaga, maupun peradaban.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Jago Dan Definisinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel