Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi



Keputusan seseorang untuk melaksanakan migrasi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut mencakup faktor-faktor yang terdapat di kawasan asal, faktor-faktor yang terdapat di kawasan tujuan, faktor-faktor yang terdapat di perjalanan, dan faktor-faktor pribadi.

Faktor-faktor yang terdapat di kawasan asal


Faktor-faktor yang terdapat di kawasan asal sanggup menghipnotis keputusari seseorang untuk pindah ke kawasan lain. Faktor-faktor tersebut dijadikan materi pertimbangan apakah seseorang harus meninggalkan wilayahnya atau tidak. Misalnya, dikala engkau akan melanjutkan sekolah ke SMU. Di kawasan asalmu belum terdapat sekolah setingkat SMU. melaluiataubersamaini pertimbangan untuk melanjutkan sekolah, engkau akan meninggalkan daerahmu untuk pindah ke kawasan lain di mana SMU itu berada. misal lain, di kawasan yang terkena tragedi longsor. Bencana tersebut menjadikan kerusakan yang hebat. Akibatnya, penduduk di kawasan tersebut harus dipindahkan.



Beberapa hal yang menjadi materi pertimbangan untuk meninggalkan kawasan asal antara lain sebagai diberikut. Terjadi tragedi di kawasan asal. Misalnya banjir, kelaparan, longsor, dan gagal pguan.
  • Berkurangnya lahan pekerjaan di kawasan asal. Akibatnya banyak penduduk yang pergi mencari pekerjaan di kawasan lain.
  • Terbatasnya kemudahan sosial menyerupai kemudahan pendidikan, rekreasi, dan kesehatari di kawasan asal.
  • Pelanggaran terhadap ketentuan tabiat istiadat kawasan asal atau secara politis diusir. Akibatnya, masyarakat yang bersangkutan harus meninggalkan kawasan asal.

Faktor-faktor yang terdapat di kawasan tujuan


Keputusan seseorang untuk melaksanakan migrasi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terdapat di kawasan tujuan. Misalnya, ayahmu mendapat promosi jabatan yang lebih baik di tempat lain. Keluargamu akan mempertimbangkan untuk melaksanakan migrasi ke kawasan lain di mana jabatan itu didiberikan. misal lain, kakakmu akan melanjutkan sekolah ke sekolah tinggi tinggi kesukaan yang ada di kawasan tujuan. Kakakmu akan mempertimbangkan untuk melaksanakan migrasi menuju kawasan tujuan tersebut.

melaluiataubersamaini demikian, beberapa hal yang terdapat di kawasan tujuan yang sanggup menghipnotis keputusan seseorang untuk melaksanakan migrasi ke kawasan tujuan antara lain adalah:
  1. memiliki kemudahan yang lebih baik daripada kawasan asal;
  2. memiliki keinginan untuk hidup lebih baik daripada di kawasan asal;
  3. lebih terjamin keamananannya dibandingkan dengan kawasan asal;
  4. memiliki pilihan pekerjaan yang lebih banyak dan lebih menjanjikan dibandingkan dengan kawasan asal.

Faktor-faktor yang terdapat di perjalanan


Faktor-faktor yang terdapat di perjalanan juga menjadi materi pertimbangan untuk melaksanakan migrasi. Jika untuk mencapai kawasan tujuan terdapat rintangan yang cukup susah, maka seseorang akan mempertimbangkan kepindahannya ke kawasan tujuan. Beberapa faktor yang terdapat di perjalanan yang sanggup menghipnotis keputusan untuk melaksanakan migrasi antara lain sebagai diberikut.
  1. Rintangan alam yang cukup susah untuk dilalui. Misalnya laut, sungai besar, hutan lebat, pepegununganan tinggi, dan tebing jurang.
  2. Faktor keamanan. Semakin terjamin keamanan di perjalanan, maka semakin tinggi pertimbangan untuk pindah ke tempat tujuan. Sebaliknya, jikalau di peijalanan tidak aman, maka seseorang akan mempertimbangkan untuk tetap tinggal di daerahnya.
  3. Sarana dan pramasukana transportasi. Jika masukana transportasi memadai maka akan simpel bagi seseorang memutuskan untuk melaksanakan migrasi.
  4. Faktor politik yang menghambat seseorang menuju ke kawasan tujuan. Misalnya, ada larangan bagi penduduk suatu negara untuk mengunjungi negara tertentu. Selain itu, ada pembatasan yang ketat untuk memasuki negara tujuan bagi para penhadir.
  5. Jarak yang ditempuh menuju kawasan tujuan. Jika kawasan tujuan itu akrab maka pertimbangan untuk pindah akan lebih simpel dibandingkan dengan jikalau kawasan tujuan tersebut jauh.

Faktor-faktor pribadi


Faktor-faktor langsung ialah salah satu faktor yang sanggup menghipnotis keputusan seseorang untuk melaksanakan migrasi. Faktor langsung yang menghipnotis antara lain hal-hal yang bekerjasama dengan kepribadian seseorang, ikatan keluarga, dan kenangan akan kawasan asal. Seseorang yang memutuskan untuk pindah ke tempat lain,tentu saja akan mempertimbangkan untuk membawa seluruh keluarganya atau tidak. misal lain, seseorang yang terikat dengan perkawinan dengan orang yang berasal dan kawasan lain. Ta akan mempertimbangkan untuk melaksanakan migrasi ke tempat pasangannya. Beberapa faktor langsung yang sanggup menghipnotis pengambilan keputusan untuk melaksanakan migrasi, antara lain sebagai diberikut.
  1. Pengetahuan dan kesadaran seseorang ihwal keadaan kawasan tujuan.
  2. Ikatan batin terhadap kawasan asal. Ikatan tersebut akan menghipnotis pertimbangan seseorang untuk pindah ke tempat lain.
  3. Jumlah keluarga. Semakin kecil jumlah anggota keluarga, semakin simpel seseorang untuk memutuskan melaksanakan migrasi dibandingkan dengan jumlah anggota yang lebih besar.
  4. Perasaan tidak adil. terkucilkan, atau korban kejahatan di kawasan asal akan termotivasi bermigrasi ke kawasan lain.
Sumber Pustaka: ESIS

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel