Jalur Yang Dipakai Dalam Penerapan Nilai Pancasila

Jalur-Jalur Yang Digunakan Dalam Penerapan Nilai Pancasila



Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila, perlu dipertahankan secara kasatmata dan terus-menerus. Hal ini sebagai upaya semoga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sanggup melakukan oleh setiap masyarakat negara Indonesia, penyelenggara negara, lembaga kenegaraan. dan kemasyarakatan, mulai dan pimpinan nasional hingga dengan rakyat biasa.

Penerapan nilai-nilai Pancasila diarahkan berjalan secara manusiawi dan alamiah, serta tidak melalui proses indoktrinasi. Penerapan nilai-nilai Pancasila didasarkan pada nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi abad globalisasi dan permasalahan bangsa. sehingga muncul kesadaran untuk merealisasikan nilai-nilai Pancasla dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai Pancasila sanggup dipertahankan mealul banyak sekali jalur dan penciptaan suasana yang menunjang.



Jalur yang Digunakan


  • Melalui Pendidikan
Peranan pendidikan sangat diharapkan dalam mempertahankan nilai-nilai Pancasila, baik pendidikan formal (sekolah) maupun pendidikan nonformal di lingkungan keluarga. dan lingkungan masyarakat.

Pendidikan secara luas. ialah dasar pembentukan kepribadian, kemajuan ilmu pengetahuan. dan teknologi serta kemajuan kehidupan sosial pada umumnya. Kemajuan ilmu sudah mengubah cara berpikir insan ketika in ilmu menjadi dasar perlembangan teknologi. Sedangkan teknologi sudah menjadi tulang punggung pembangunan dan kehidupan modern. Kehidupan modern yang tetap mempertahankan nilai-nilai Pancasila sanggup meningkatkan kesejahteraan hidup umat insan secara lahir maupun batin.
  • Di lingkungan keluarga
Dalam keadaan normal lingkungan pertama yang bekerjasama dengan anak ialah orang tua. saudara, serta kerabat dekatnya yan tinggal serumah. Melalui lingkungan tersebut anak mengalami proses pertumbuhan fisik maupun  kepribadian. Penanaman nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga sebaiknya didiberikan kepada anak sedini mungkin, cara-cara orang bau tanah bersikap, berperilaku, dan dalam mendidik anak, ialah masukana yang sanggup membangun dan menumbuhkembangkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, misalnya; saling menghormati dan menghargai, gotong royong, cara-cara memberikan harapan atau pendapat, kehidupan keluarga yang diwarnai dengan nilai-nilai agama, dan nilai positif yang lainnya.
  • Di lingkungan sekolah
Pada sekolah yang menyelenggarakan pendidikan pada tingkat pendidikan dasar, kiprah guru sangat besar dan dominan. Nilai-nilai Pancasila sanggup dibangun dan ditumbuhkembangkan lewat proses pembelajaran sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, ibarat memotivasi siswa semoga memberikan pendapat dengan cara-cara yang benar, menghargai perbedaan, membuatkan kreativitas, memupuk rasa kesetiakawanan sosial dan lain-lain. Demkian pula melalui banyak sekali aktivitas ekstrakurikuler, ibarat pramuka, PMR, karya ilmiah, kesenian, pecinta alam, dan lain-lain.
  • Di lingkungan masyarakat
Nilai Pancasila sanggup dibangun, ditumbuhkembangkan, dan dipertahankan melalui banyak sekali organisasi di lingkungan masyarakat ibarat AT, RW. Karang Taruna, perkumpulan remaja, dan lain-lain. Di bawah mi ialah contoh-contoh penanaman nilai-nilai Pancasila di lingkungan masyarakat.
  1. Mengedepankan musyawarah dalam mengambil setiap keputusan yang mmenyangkut kepentingan umum atau masyarakat.
  2. Dalam musyawarah, tokoh masyarakat sanggup mempersembahkan teladan sikap demokratis, antara lain menghargai perbedaan, penyampaian pendapat dengan cara-cara yang benar, serta menghargai keputusan musyawarah.
  3. Mendorong sikap kekeluargaan melalui banyak sekali kegiatan. Seperti pelaksanaan gotong royong.
  4. Mendorong dan meningkatkan rasa cinta tanah air dengan kepedulian terhadap lingkungan.
  • Jalur Media Massa
Media massa yang terdiri atas media cetak maupun elektronik ialah alat komunikasi yang sanggup menjangkau masyarakat luas. Di abad warta kini mi, media massa mempunyai peranan penting dalam mewujudkan tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Media massa mempunyai donasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Lewat penyajian banyak sekali jadwal yang setiap ketika akan diterima oleh masyarakat. Oleh lantaran itu, media massa harus mempunyai dasar dan prinsip yang terang semoga nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila tetap sanggup dipertahankan.
  • Jalur Organisasi Politik
Salah satu fungsi dan partai politik ialah sebagai masukana pendidikan politik baik bagi anggotanya maupun masyarakat luas. Hal tersebut sebagai upaya mewujudkan masyarakat negara yang sadar akan hak  dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta membuatkan kehidupan demokrasi menurut Pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penciptaan Suasana yang Menunjang


  • Peraturan Perundang-undangan
Peraturan perundang-undangan yang antara lain berfungsi untuk melindungi hak-hak dan kewajiban masyarakat negara, haruslah mencerminkan jiwa dan nilai-nilai Pancasila. Peraturan perundang-undangan yang lebih lanjut dijabarkan lewat berbagal kebijakan pemerintah harus tetap memperhatikan hak asasi manusia, harkat dan martabat kemanusiaan, persatuan dan kesatuan bangsa, serta berorientasi kepada kesejahteraan rakyat.
  • Aparatur Pemerintah
Untuk mewb.dkan tujuan nasional, visi yang dicanangkan dan harus dilaksanakan oleh pemerintah sebagaimana tercantum dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara ialah perwujudan aparatur negara yang berfungsi melayani masyarakat. profesional. berdaya guna, produktif, transparan, bebas dan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Untuk sanggup melakukan fungsi tersebut, aparatur  negara harus meiliki pemahaman tentang kiprah dan tanggung jawabannya, sehingga tumbuh kesadaran untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan, meningkatkan pengetahuan, membuatkan wawasan tentang bangsa dan tanah air Indonesia.
Sumber Pustaka: Aneka Ilmu

Belum ada Komentar untuk "Jalur Yang Dipakai Dalam Penerapan Nilai Pancasila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel