Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Di Bumi

Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Di Bumi


Tanpa atmosfer tidak akan ada kehidupan di muka bumi. Mengapa? Atmosfer yakni salah satu pendukung utama kehidupan. Ada beberapa fungsi atmosfer, yaitu sebagai benikut.


  1. Menjaga biar suhu di bumi tetap hangat. Pada siang hari, atmosfer menyerap dan memantulkan sebagian besar sinar matahari sehingga suhu di bumi tidak terlalu gerah. Sebaliknya, pada malam han atmosfer berfungsi sebagai selimut, yaitu menghalangi pelepasan gerah yang diterima bumi dan matahari. Oleh sebab itu, amplitudo suhu di bumi antara siang dan malam han tidak terlalu besar.
  2. Melindungi bumi terhadap benda-benda dan luar angkasa (meteor) yang jatuh ke bumi. Meteor akan hancur di atmosfer sebelum hingga ke permukaan bumi sebab bergesekari dengan udara.
  3. Atmosfer berfungsi sebagai filter terhadap pancaran sinar matahari yang bergelombang pendek. Seperti sinar alpha, sinar gamma, sinar beta, dan sinar ultraviolet. Sinar-sinar tersebut merIpunvai daya tembus sangat besar sehingga sangat berbahava bagi kehidupan di bumi.
  4. Menyediakan gas-gas yang penting bagi kehidupan di bumi, menyerupai gas oksigen dan karbondioksida.
  5. Atmosfer membawa perubahan di permukaan bumi, menyerupai terjadinya angin, awan, curah hujan, siklus air, dan aneka macam unsur fisik lain di bumi.
  6. Ionoser yakni salah satu lapisan atmosfer yang berfungsi memabtulkan gelombang radio. melaluiataubersamaini adanya lapisan ini, imasukan radio dari sebuah stasiun pemancar sanggup diterima oleh radio dari sebuah stasiun pemancar sanggup diterima radio pemerima, walupun jeraknya sangat jauh.
Sumber Pustaka: Gguaca Exact

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel