Faktor Yang Menimbulkan Perubahan Sosial Dan Dinamika Sosial Budaya

Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sosial Dan Dinamika Sosial Budaya


Pada umumnya sebab-sebab perubahan dan dinamika sosial budaya sanggup bersumber dan dalam masyarakat itu sendiri atau dan luar masyarakat.

Faktor-faktor yang berasal dan dalam masyarakat ialah sebagai diberikut.



  1. Bertambah atau berkurangnya penduduk. melaluiataubersamaini bertambahnya penduduk, masyarakat pun mulai mengenal hak milik seseorang atas tanah, sewa tanah, gadai tanah, atau sistem bagi hash. Hal mi ialah akhir terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat, terutama forum kemasyarakatan. Berku rangnya penduduk lantaran perpindahan penduduk ke tempat lain mengakibatkan kekosongan, contohnya dalam bidang derma kerja yang mempengaruhi lembaga-lembaga kemasyarakatan.
  2. Perperihalan dalam masyarakat yang terjadi antara individu dan kelompok, antara kelompok dan kelompok, atau antara individu dan individu, sanggup mengakibatkan perubahan dan dinamika sosial budaya. Perperihalan antara kelompok dan kelompok, contohnya terjadi antara generasi bau tanah dan generasi muda. Generasi muda lebih praktis menenima unsurunsur kebudayaan baru, terlepas apakah unsur kebudayaan tersebut sesuai dengan nilal yang berlaku di masyarakat. Penenimaan unsurunsur kebudayaan yang gres itu pun sanggup terlihat dalam perubahanperubahan yang terjadi dalam masyarakat, contohnya dalam hal pergaulan. Sebaliknya, generash bau tanah tidak begitu saja mendapatkan unsur-unsur kebudayaan gres tersebut, mereka lebih terikat pada tradisi.
  3. Terjadinya pemberontakan atau revolusi. Revolusi atau pemberontakan yang terjadi pada suatu negara sanggup mendorong terjadinya perubahan besar, mulai dan bentuk negara, forum kemasyarakatan, hingga pada keluarga-keluarga yang mendiami negara tersebut.
  4. Penemuan baru. Penemuan gres sebagai lantaran terjadinya perubahan sanggup terwujud dalm bentuk inovasi unsur kebudayaan yang baru, balk alat maupun gagasan yang diciptakan seseorang. Hal mi sering disebut dengan discovery. Discovery pun gres menjadi invention kalau masyarakat sudah mengakui, mendapatkan dan menerapkan inovasi gres tersebut. Proses dan discovery menjadi invention pun membutuhkan rangkaian pencipta-pencipta. j’1isalnya, ditemukannya kendaraan beroda empat oleh S. Marcus yang berasal dari Austria pada tahun 1875. Marcuslah yang membuat motor gas untuk pertama kalinya. Ia pun membulatkan penemuannya dengan menghubungkan motor gas itu ternyata sanggup menarikdanunik kereta tersebut tanpa menolongan alat lain.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Faktor Yang Menimbulkan Perubahan Sosial Dan Dinamika Sosial Budaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel