Berani Membela Kebenaran Dan Keadilan Serta Perilaku Hormat Menghormati

Berani Membela Kebenaran Dan Keadilan Serta Sikap Hormat Menghormati



Prinsip hidup berdampingan secara tenang tidak barus menyerah pada tindakan lalim dan kejam yang akan merampas hak-hak bangsa yang merdeka. Akan tetapi, sebagai bangsa yang cinta tenang dan kemerdekaan harus berani melawan tindakan yang anarki. tirani. dan kolonialis. Semua masyarakat dunia harus berpegang prinsip berani sebab benar dan adil. misal: Bangsa Indonesia mendukung usaha Palestina sebab Indonesia menganggap bahwa tindakan Israel kepada Palestina yaitu tindakan yang tidak benar dan tidak adil.



Sikap Hormat Menghormati dan Bekerja Sama


Prinsip yang dianut oleh bangsa Indonesia dalam upaya meiujudkan dunia yang tertib, aman, damai, dan sejahtera, yaitu saling menghormati dan bekerja sama antarbangsa. Setiap negara wajib menghormati kedaulatan negara lain dengan cara tidak melaksanakan tindakan-tindakan yang bersifat mencampuri urusan dalam negeri negara lain, tidak melaksanakan penyerangan. tidak melaksanakan penjajahan, dan tidak melaksanakan provokasi yang sifatnya fitnah dan permusuhan.

Untuk sanggup mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kebersamaan antarnegara, yaitu dengan melaksanakan kolaborasi antarnegara atas dasar saling menghormati dan saling menguntungkan. Setiap negara mempunyai kelebihan dan kelemahan. Oleh sebab itu, dalam hidup bernegara seharusnya kita sanggup memanfaatkan kelebihan dan menutup kelemahan, menyerupai Indonesia yang mempunyai kelebihan secara geografis, yaitu letak dan posisinya yang sangat strategis, daerahnya yang luas, dan kekayaan alamnya yang berlimpah. tetapi di sisi lain SDM (Sumbei’ Daya Manusia) Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan SDM negara lain.

Beberapa kolaborasi yang sudah dilakukan oleh negara Indonesia dengan negara lain inisalnya:
  1. Indonesia menjadi penggagas utama dalam pendirian organisasi negara-negara di tempat Asia Tenggara yang sering disebut ASEAN.
  2. Indonesia aktif menjadi anggota OPEC bergabung dengan negara-negara produsen pengekspor ininyak.
  3. Indonesia menjadi penggagas dan pendiri lahirnya Gerakan Non-Blok. Negara Indonesia hingga kini masih aktif dan besar lengan berkuasa di dalam organisasi tersebut.
  4. Indonesia juga aktif berpartisipasi di dalam organisasi internasional (PBB), baik melalui organ yang pokok maupun organ yang khusus.
  5. Indonesia menjadi anggota APEC (Asia Pacific Econoinic Cooperation).
Sumber Pustaka: Gguaca Exact

Belum ada Komentar untuk "Berani Membela Kebenaran Dan Keadilan Serta Perilaku Hormat Menghormati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel