Penjelasan Perihal Persebaran Binatang (Fauna) Di Muka Bumi

1. Fauna di Padang Rumput

Padang rumput ialah habitat dari banyak sekali jenis binatang, alasannya yaitu padang rumput menyediakan segala yang diperlukan oleh hewan-hewan pemakan rumput (herbivora). Jenis binatang yang hidup di padang rumput antara lain kuda, zebra, bison, dan kanguru (yang hidup di padang rumput Australia). Selain binatang herbivora, di kawasan ini juga terdapat binatang predator menyerupai singa, harimau, serigala, dan binatang karnivora lainnya.
 Padang rumput ialah habitat dari banyak sekali jenis binatang Penjelasan wacana Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi
misal Fauna dipadang rumput

2. Fauna di Daerah Gurun

Gurun identik dengan kawasan kering, sehingga binatang yang berada di kawasan ini biasanya bisa menyesuaikan diri dan bertahan hidup dalam kondisi cuaca yang gerah dan kering. Binatang yang hidup di kawasan kering dicirikan dengan pencarian mangsa pada pagi hari atau malam hari dan hidupnya di lubang-lubang untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari pada siang hari, dan cuaca cuek pada malam hari. Binatang yang hidup di gurun biasanya berukuran kecil, menyerupai kadal, ular, dan tikus. Binatang yang berukuran besar biasanya jarang dijumpai di kawasan ini, alasannya yaitu adaptasinya yang susah. misal, binatang besar yang bisa menyesuaikan diri dan bertahan hidup di kawasan gurun yaitu unta dan kuda.

3. Fauna di Daerah Tundra

Tundra ialah kawasan yang mempunyai iklim kutub, oleh alasannya yaitu itu kawasan ini ialah kawasan cuek (beku). Fauna di kawasan tundra dicirikan mempunyai bulu-bulu yang tebal, yang berfungsi sebagai pelindung dari cuaca cuek di kawasan tersebut. Fauna yang hidup di kawasan tundra antara lain pendeer dan muskox ialah jenis binatang herbivora (pemakan jenis lumut). Jenis binatang mamalia yang bisa bertahan di kawasan tundra antara lain beruang kutub, serigala kutub, dan kelinci kutub. Daerah tundra yang diberiklim kutub yang cuek mempunyai jenis fauna lebih sedikit dibandingkan kawasan gurun.

4. Fauna di Hutan Tropik

Fauna yang hidup di hutan tropik jenisnya sangat bermacam-macam antara lain kera, banyak sekali jenis burung, hariamau, gajah, serangga, binatang melata, dan banyak sekali jenis binatang vertebrata dan invertebrata lainnya.

5. Fauna di Daerah Taiga

Jenis fauna yang ada di kawasan taiga didominasi oleh bermacam-macam burung yang bermigrasi ke arah selatan pada waktu ekspresi dominan gugur. Jenis fauna yang khas di kawasan ini yaitu moose, serigala, dan beruang hitam.

6. Fauna di Daerah Kutub

Fauna yang bisa hidup di kawasan kutub pada umumnya mempunyai bulu- bulu yang tebal, menyerupai jenis binatang yang hidup di kawasan tundra. Fauna yang hidup di kawasan kutub antara lain beruang kutub serta mamalia air menyerupai singa laut, yang dijadikan sebagai makanan utama beruang kutub, dan sejenis burung yaitu penguin.

 Padang rumput ialah habitat dari banyak sekali jenis binatang Penjelasan wacana Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi
Beruang kutub di Antartika

Demikianlah bahan perihal Persebaran Hewan (Fauna) di Muka Bumi ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Perihal Persebaran Binatang (Fauna) Di Muka Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel