Penjelasan Mengenai Persebaran Tanaman (Flora) Di Muka Bumi

Lapisan kehidupan di darat sanggup diketahui menurut ketampakan yang disebut biom (biome) atau gugusan biota. Sebuah biom ialah sekelompok ekosistem daratan pada sebuah benua (pulau) yang memiliki struktur dan ketampakan vegetasi yang sama, sifat-sifat lingkungan yang sama, dan memiliki karakteristik komunitas yang sama pula.

Faktor utama pembentuk biom ialah pola-pola (tipe) iklim di bumi yang tidak sama, yang disebabkan oleh bentuk bumi yang bulat, sehingga menimbulkan intensitas penyinaran matahari dan curah hujan yang diterima tidak sama. Setiap tipe iklim dengan karakteristik komunitas tumbuhan dan binatang yang bisa menyesuaikan diri dengan faktor-faktor lingkungannya akan membentuk sebuah biom. Berikut ini diuraikan tipe-tipe biom yang dikenal di bumi.

1. Hutan Hujan Tropika (Tropical Rains Forests)

Hutan jenis ini terdapat di tempat tropika yang berair dengan curah hujan yang tinggi dan tersebar merata sepanjang tahun. Biom ini terdapat di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), dan Australia Timur Laut. Ciri yang sanggup dilihat pada hutan jenis ini di antaranya pohon-pohonnya tinggi, berdaun lebar dan selalu hijau, serta jenis pohon yang bermacam-macam (heterogen). Sering terdapat tumbuhan merambat berkayu yang sanggup mencapai puncak-puncak pohon yang tinggi (rotan), dan epifit yang melekat pada batang pohon (paku-pakuan, anggrek). Hutan ini kaya akan jenis-jenis binatang vertebrata dan invertebrata.

 Lapisan kehidupan di darat sanggup diketahui menurut ketampakan yang disebut biom  Penjelasan terkena Persebaran Tumbuhan (Flora) di Muka Bumi
Hutan hujan tropika di Kalimantan

2. Hutan Musim Tropika (Tropical Seasonal Forest)

Hutan jenis ini terdapat di tempat tropika yang diberiklim berair tetapi memiliki ekspresi dominan kemarau yang panjang. Selama ekspresi dominan kemarau umumnya pohon-pohon merontokkan daunnya (meranggas) untuk mengurangi penguapan. Hutan ekspresi dominan tropika tersebar di India, Asia Tenggara dan tempat tropika lainnya.

3. Hutan Hujan Iklim Sedang

(Temperate Rainforests) Hutan jenis ini tersebar di sepanjang Pantai Pasifik di Amerika Utara, yang terbentang dari negara belahan California hingga ke negara belahan Washington. Di negara belahan California dan Oregon disebut dengan redwood forests, sedangkan di negara belahan Washingotn berupa hutan adonan (mixed coneferous rainforests), di Australia disebut dengan hutan eucalyptus. Hutan hujan iklim sedang ialah hutan dengan pepohonan yang tertinggi di dunia, tetapi jenisnya lebih sedikit dibandingkan hutan hujan tropika.


4. Hutan Gugur (Temperate Deciduous Forests)

Hutan gugur terdapat di tempat yang diberiklim kontinen sedang tetapi agak basah. Pohon-pohon yang mayoritas ialah pohon-pohon berdaun lebar dan tingginya mencapai 30-40 meter. Terdapat hewan-hewan yang beragam, namun dengan acara musiman, terutama rusa yang ialah herbivora utama. Hutan ini tersebar luas di Amerika Serikat, Eropa, Asia Timur, dan Cile, serta di Pepegununganan Amerika Tengah.

5. Taiga (Leaved Forests)

Taiga ialah hutan pohon pinus dengan daun-daun menyerupai jarum. Pohon- pohon yang terdapat di hutan taiga antara lain konifer (pohon spruce, alder, dan birch) yang tumbuh di tempat-tempat dingin. Taiga tersebar di belahan bumi utara (Kanada utara dan tengah, Rusia, dan Sidiberia Utara).

6. Stepa

Stepa ialah padang rumput yang kering dan tidak ditumbuhi semak-semak.

7. Sabana

Sabana, yaitu padang rumput yang kering dan ditumbuhi semak- semak belukar dan juga ditumbuhi pepohonan. Sabana banyak terdapat di Afrika yang menjadi habitat binatang yang merumput (grazing animal). Sabana terdapat pula di Australia, Amerika Selatan, dan Asia Selatan. Di Indonesia, sabana terdapat di Nusa Tenggara Timur dan Papua belahan tenggara. Sabana biasanya ialah tempat peralihan antara hutan dan padang rumput. Sabana terjadi lantaran keadaan tanah, kebakaran yang berulang, dan bukan disebabkan oleh keadaan iklim.

 Lapisan kehidupan di darat sanggup diketahui menurut ketampakan yang disebut biom  Penjelasan terkena Persebaran Tumbuhan (Flora) di Muka Bumi
Sabana banyak ditemukan di Benua Afrika

8. Tundra

Tundra ialah tempat beku dan tandus di wilayah kutub utara. Di wilayah ini tumbuhan jarang atau bahkan tidak sanggup hidup. Biasanya vegetasi yang ada spesialuntuk padang lumut.

9. Gurun (Desert)

Gurun ialah hamparan padang pasir yang terdapat di tiruana benua dan mencakup beberapa aspek bermacam-macam komunitas. Pada umumnya tumbuhan yang hidup di gurun berdaun kecil atau tidak berdaun, serta sanggup menyesuaikan diri terhadap penguapan yang cepat dan air yang sedikit, misal tumbuhan kaktus, perdu kreosot, dan semak-semak gurun. misal gurun antara lain Gurun Sahara dan Kalahari di Afrika, dan Gurun Gobi di Asia.

Faktor-faktor yang kuat terhadap pola persebaran tumbuhan di dunia antara lain:
  1. referensi iklim, yang berkaitan dengan letak lintang dan curah hujan,
  2. tipe-tipe tanah,
  3. keadaan geologi masa lampau dan evolusi, dan
  4. relief atau topografi.


Demikianlah bahan perihal Persebaran Tumbuhan (Flora) di Muka Bumi ini saya sampaikan, biar bermanfaa ...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Persebaran Tanaman (Flora) Di Muka Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel