Prinsip-Prinsip Bekerja Dalam Satu Tim

Di dalam sebuah tim, kawasan adanya sekelompok orang yang bekerja, tentunya memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut masuk akal saja, sebab insan memang tidak sama antara yang satu dengan yang lain. Namun, perbedaan tersebut tidakboleh hingga menghalangi upaya untuk mengembangkan kelompok/tim. 

melaluiataubersamaini menerapkan prinsip-prinsip bekerja dalam satu tim, setidaknya perbedaan yang ada tidak bermetamorfosis suatu konflik. Namun, diharapkan menjadi kelebihan yang sanggup memmenolong suatu kelompok atau tim dalam melaksanakan kegiatannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Adapun prinsip-prinsip bekerja dalam satu tim yang sanggup dikembangkan antara lain sebagai diberikut:

1. Saling Menghargai

Sikap saling menghargai antarsesama anggota tint membuat tiap anggota tim sanggup memahami setiap perbedaan yang ada. Sikap iri hati dan prasangka jelek sanggup dihindari, sehingga memungkinkan seluruh anggota tim mengeluarkan tiruana kemampuannya. Ini sebab anggota tim yakin setiap anggota niscaya akan mempersembahkan respon yang baik, kalau pun tidak oke pastinya tidak akan menjatuhkan satu dengan yang lain. 

Namun demikian, jikalau prinsip ini tidak diterapkan atau bahkan sudah berkurang, bersiaplah untuk suatu kemunduran baik perlahan-lahan maupun sekaligus. Pemimpin yang berakal untuk menggerakkan anggota tim dibutuhkan supaya perilaku menghargai selalu timbul. 

2. Mempunyai Komitmen dan Kepentingan yang Sama

Sebelum suatu tim bergerak tentunya sudah harus ada komitmen yang sungguh-sungguh dari seluruh anggota. Komitmen ini haruslah menurut kepentingan yang sama, sehingga terang bagi seluruh anggota bahwa pekerjaan dilakukan sesuai komitmen yang sudah disahkan. 

3. Mengembangkan Peraturan yang terang dan Transparan

Peraturan yang terang harus ada dalam suatu tim. Peraturan yang kurang terang akan menyulitkan anggota tim. Konflik akan praktis muncul dan tindakan-tindakan yang kurang terpuji akan makin sering dilakukan oleh anggota tim apabila tidak ada peraturan yang terang dan transparan. 

4. Mampu Mengendalikan Diri dan Menjaga

Keseimbangan Antara Emosi dan Pikiran Setiap anggota tim pastinya tidak sama dalam mengendalikan emosi dan pikiran. Mungkin ada yang emosinya spesialuntuk datar-datar saja, tetapi ada juga yang emosinya meledak-ledak. Setiap anggota tim harus bisa mengendalikan emosi dan pikirannya. 

5. Harus Saling Mendukung

Saling mendukung antaranggota tim adalah salah satu modal penting dalam mengembangkan suatu tim. Karena hal ini akan membuat anggota tim menjadi lebih bersemangat dalam bekerja. Keberhasilan satu anggota tim adalah keberhasilan bersama, sebaliknya belum sempurnanya satu anggota tim juga adalah belum sempurnanya bersama. 

 kawasan adanya sekelompok orang yang bekerja Prinsip-Prinsip Bekerja Dalam Satu Tim


6. Bersikap Terbuka dan Saling Percaya

Bersikap terbuka memungkinkan seluruh anggota tim mengetahui apa yang dilakukan oleh anggota lain. Sehingga sesama anggota sanggup mempersembahkan masukan yang kasatmata dan memmenolong memecahkan masalah-masalah dalam tim. Tanpa adanya keterbukaan dan saling percaya, akan susah bekerja dalam satu tim. Rasa saling percaya antarsesama anggota tim adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap anggota tim supaya tim bisa bekerja secara efektif. 

7. Produktivitas

Tim seyogyanya sanggup menuntaskan kiprah yang mustahil dilaksanakan perorangan. Melalui saling membuatkan sumber daya, keterampilan, pengetahuan, dan kepemimpinan, maka bekerja dalam tim akan lebih efektif daripada perorangan. 

8. Selalu Berkonsultasi

Sebelum Memutuskan Hal ini harus dilakukan supaya keputusan yang diambil memang menurut akad bersama, bukan semata-mata keputusan pribadi. Juga supaya keputusan yang diambil sudah menurut pertimbangan dari anggota tim yang lebih tahu atau andal dalam hal-hal tertentu. Pengambilan keputusan tentu saja menurut kiprah dan tanggung tanggapan tiap anggota. Namun penting untuk selalu berkonsultasi dengan sesama anggota tim. 

9. Evaluasi

Tidak ada sesuatu yang tepat di dunia. Kekurangan dan kelebihan niscaya selalu menempel pada setiap individu maupun tim. Penilaian atau penilaian sangat perlu dilakukan untuk mengetahui hingga sejauh mana pencapaian yang sudah dilakukan. Sehingga dengan adanya penilaian akan sanggup diambil langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan pengkajian dalam penilaian tersebut.


Daftar Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Bekerja Dalam Satu Tim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel