Materi Sosiologi Kelas X Kepingan 5.2 Pengumpulan Data Dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
c) Observasi
Observasi yaitu acara pencatatan fenomena yang dilakukan secara sistematis. Observasi bertujuan memperoleh data secara pribadi dari lapangan. Observasi sanggup dilakukan melalui penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan pengecap.
Cara observasi yang paling efektif yaitu dengan memakai pedoman observasi. Pedoman tersebut berisi poin-poin insiden atau tingkah laris yang digambarkan akan terjadi. Selanjutnya, peneliti sebagai seorang pengamat tinggal memperlihatkan tanda centang (V) pada kolom yang dikehendaki pada pedoman tersebut.
Instrumen observasi
Observasi sanggup dilaksanakan dengan beberapa instrumen berikut
1) Daftar riwayat kelakuan (anecdotal record), yaitu catatan acak yang dibentuk peneliti setiap kali mengamati kelakuan-kelakuan luar biasa yang ditampilkan responden.
2) Skala evaluasi (rating scale), dipakai untuk menetapkan evaluasi secara bertingkat serta untuk mengamati kondisi dan situasi secara kualitatif.
3) Daftar cek (check list), yaitu format yang berisi catatan setiap faktor atau aspek yang akan diamati dan dipakai sewaktu pengamatan berlangsung. Peneliti akan memperlihatkan tanda centang pada kolom-kolom yang telah disediakan dalam format pengamatan.
4) Peralatan mekanik (mechanical device), merupakan sarana pendokumentasian peristiwa-peristiwa tertentu yang ditampilkan oleh subjek penelitian dengan memakai alat-alat menyerupai tape recorder, video recorder, dan kamera.
5) Human instrument, yaitu istilah dalam penelitian kualitatif untuk menyebut peneliti yang bertindak selaku instrumen penelitian. Pada posisi ini, kemampuan peneliti dalam mengambil data sangat diperlukan. Karena pada penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan peneliti bukan hanya terbatas kata-kata, tetapi juga meliputi segala sesuatu yang diperoleh dari apa yang dilihat, didengar, dan diamati peneliti.
Jenis observasi
1) Observasi partisipasi, peneliti ikut terlibat dalam kegiatan yang sedang diamatinya sehingga memperoleh data yang sebenarnya.
2) Observasi simulasi, dalam melaksanakan observasi simulasi, peneliti diharapkan sanggup mensimulasikan keinginannya kepada responden. Dengan ini, responden sanggup memperlihatkan informasi yang sesuai dengan impian peneliti.
Kelebihan dan kelemahan observasi
Kelebihan observasi yaitu sebagai berikut
1) Dapat mencatat hal-hal, perilaku, dan pertumbuhan pada waktu insiden tertentu berlangsung atau pada ketika suatu sikap terjadi.
2) Dapat memperoleh data secara langsung, baik melalui komunikasi secara lisan ataupun nonverbal.
Kelemahan observasi yaitu sebagai berikut
1) Diperlukan waktu yang usang untuk memperoleh hasil dari suatu kejadian.
2) Pengamatan terhadap suatu fenomena/peristiwa yang telah terjadi tidak sanggup dilakukan secara langsung.
d) Diskusi Kelompok Terfokus
Diskusi kelompok terfokus (focus group discussion) yaitu cara pengumpulan data dengan memakai sebuah lembaga diskusi dengan tema-tema yang sudah dipersiapkan oleh peneliti semenjak awal. Tujuan utama teknik pengumpulan data ini yaitu untuk mendapat informasi sebanyak-banyaknya wacana tema yang menjadi fokus penelitian.
C. Pengumpulan Data Sekunder
Data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tindak pribadi dari lapangan. Data ini dikumpulkan oleh orang lain untuk dipakai kembali oleh peneliti. Data sekunder biasanya dipakai sebagai pendukung data primer. Pengumpulan data sekunder sanggup dilakukan antara lain dengan teknik studi kepustakaan.
Studi kepustakaan
Studi kepustakaan merupakan kegiatan pengumpulan data dan informasi yang memuat banyak sekali ragam kajian teori yang sangat dibutuhkan peneliti. Studi kepustakaan sanggup dilakukan dari banyak sekali sumber, menyerupai buku, koran, majalah, naskah, catatan sejarah, arsip, laporan penelitian terdahulu. Termasuk di dalamnya yaitu rekaman gosip dari radio, televisi, dan media elektronik lainnya.
Sumber
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2016. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas X. Esis Erlangga. Jakarta
Download
Soal-Soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 2
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 2
Tambahan
1. Glosarium Materi Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi 2016)
2. Silabus Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
3. Program Tahunan Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
4. Program Semester Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
5. RPP Sosiologi Kelas X. Metode Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi)
Media
1. Power Point
2. Video Penunjang
3. Materi Pengayaan Sosiologi. Penelitian Sosial
Perangkat Pembelajaran (Kur Revisi) New
1. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Silabus (Kur Revisi)
2. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi (Kur Revisi)
3. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran (Kur Revisi)
4. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) (Kur Revisi)
5. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian (Kur Revisi)
6. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Format Penentuan Kriteria Ketuntasan (Kur Revisi) Semester 1 dan Semester 2
7. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Jurnal Guru Mengajar (Kur Revisi)
8. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Kalender Pendidikan (Kur Revisi)
9. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Alokasi Waktu (Kur Revisi)
10. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Kompetensi (Kur Revisi)
11. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Tahunan (Kur Revisi)
12. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Semester (Kur Revisi)
13. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 1 (Kur Revisi)
14. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 2 (Kur Revisi)
15. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 3 (Kur Revisi)
16. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 4 (Kur Revisi)
Lembar Penilaian Pembelajaran New
1. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Lampiran Teknik dan Instrumen Penilaian
2. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis PG
3. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis Uraian
4. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
5. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Penugasan
6. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Unjuk Kerja
7. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Proyek
8. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Produk
9. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Portofolio
10. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Rekapitulasi Lembar Penilaian
Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengumpulan Data Penelitian
3. Pengertian Penelitian Sosial Menurut Ahli
4. Pengertian Populasi dan Sampel Menurut Ahli
Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern
Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies
Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi
Observasi yaitu acara pencatatan fenomena yang dilakukan secara sistematis. Observasi bertujuan memperoleh data secara pribadi dari lapangan. Observasi sanggup dilakukan melalui penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan pengecap.
Cara observasi yang paling efektif yaitu dengan memakai pedoman observasi. Pedoman tersebut berisi poin-poin insiden atau tingkah laris yang digambarkan akan terjadi. Selanjutnya, peneliti sebagai seorang pengamat tinggal memperlihatkan tanda centang (V) pada kolom yang dikehendaki pada pedoman tersebut.
Instrumen observasi
Observasi sanggup dilaksanakan dengan beberapa instrumen berikut
1) Daftar riwayat kelakuan (anecdotal record), yaitu catatan acak yang dibentuk peneliti setiap kali mengamati kelakuan-kelakuan luar biasa yang ditampilkan responden.
2) Skala evaluasi (rating scale), dipakai untuk menetapkan evaluasi secara bertingkat serta untuk mengamati kondisi dan situasi secara kualitatif.
3) Daftar cek (check list), yaitu format yang berisi catatan setiap faktor atau aspek yang akan diamati dan dipakai sewaktu pengamatan berlangsung. Peneliti akan memperlihatkan tanda centang pada kolom-kolom yang telah disediakan dalam format pengamatan.
4) Peralatan mekanik (mechanical device), merupakan sarana pendokumentasian peristiwa-peristiwa tertentu yang ditampilkan oleh subjek penelitian dengan memakai alat-alat menyerupai tape recorder, video recorder, dan kamera.
5) Human instrument, yaitu istilah dalam penelitian kualitatif untuk menyebut peneliti yang bertindak selaku instrumen penelitian. Pada posisi ini, kemampuan peneliti dalam mengambil data sangat diperlukan. Karena pada penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan peneliti bukan hanya terbatas kata-kata, tetapi juga meliputi segala sesuatu yang diperoleh dari apa yang dilihat, didengar, dan diamati peneliti.
Jenis observasi
1) Observasi partisipasi, peneliti ikut terlibat dalam kegiatan yang sedang diamatinya sehingga memperoleh data yang sebenarnya.
2) Observasi simulasi, dalam melaksanakan observasi simulasi, peneliti diharapkan sanggup mensimulasikan keinginannya kepada responden. Dengan ini, responden sanggup memperlihatkan informasi yang sesuai dengan impian peneliti.
Kelebihan dan kelemahan observasi
Kelebihan observasi yaitu sebagai berikut
1) Dapat mencatat hal-hal, perilaku, dan pertumbuhan pada waktu insiden tertentu berlangsung atau pada ketika suatu sikap terjadi.
2) Dapat memperoleh data secara langsung, baik melalui komunikasi secara lisan ataupun nonverbal.
Kelemahan observasi yaitu sebagai berikut
1) Diperlukan waktu yang usang untuk memperoleh hasil dari suatu kejadian.
2) Pengamatan terhadap suatu fenomena/peristiwa yang telah terjadi tidak sanggup dilakukan secara langsung.
d) Diskusi Kelompok Terfokus
Diskusi kelompok terfokus (focus group discussion) yaitu cara pengumpulan data dengan memakai sebuah lembaga diskusi dengan tema-tema yang sudah dipersiapkan oleh peneliti semenjak awal. Tujuan utama teknik pengumpulan data ini yaitu untuk mendapat informasi sebanyak-banyaknya wacana tema yang menjadi fokus penelitian.
C. Pengumpulan Data Sekunder
Data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tindak pribadi dari lapangan. Data ini dikumpulkan oleh orang lain untuk dipakai kembali oleh peneliti. Data sekunder biasanya dipakai sebagai pendukung data primer. Pengumpulan data sekunder sanggup dilakukan antara lain dengan teknik studi kepustakaan.
Studi kepustakaan
Studi kepustakaan merupakan kegiatan pengumpulan data dan informasi yang memuat banyak sekali ragam kajian teori yang sangat dibutuhkan peneliti. Studi kepustakaan sanggup dilakukan dari banyak sekali sumber, menyerupai buku, koran, majalah, naskah, catatan sejarah, arsip, laporan penelitian terdahulu. Termasuk di dalamnya yaitu rekaman gosip dari radio, televisi, dan media elektronik lainnya.
Sumber
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2016. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas X. Esis Erlangga. Jakarta
Download
Soal-Soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 2
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 2
Tambahan
1. Glosarium Materi Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi 2016)
2. Silabus Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
3. Program Tahunan Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
4. Program Semester Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi)
5. RPP Sosiologi Kelas X. Metode Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi)
Media
1. Power Point
2. Video Penunjang
3. Materi Pengayaan Sosiologi. Penelitian Sosial
Perangkat Pembelajaran (Kur Revisi) New
1. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Silabus (Kur Revisi)
2. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi (Kur Revisi)
3. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran (Kur Revisi)
4. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Standar Kompetensi Lulusan (SKL) (Kur Revisi)
5. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian (Kur Revisi)
6. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Format Penentuan Kriteria Ketuntasan (Kur Revisi) Semester 1 dan Semester 2
7. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Jurnal Guru Mengajar (Kur Revisi)
8. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Kalender Pendidikan (Kur Revisi)
9. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Alokasi Waktu (Kur Revisi)
10. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Analisis Kompetensi (Kur Revisi)
11. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Tahunan (Kur Revisi)
12. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. Program Semester (Kur Revisi)
13. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 1 (Kur Revisi)
14. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 2 (Kur Revisi)
15. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 3 (Kur Revisi)
16. Perangkat Pembelajaran Sosiologi Kelas X. RPP 4 (Kur Revisi)
Lembar Penilaian Pembelajaran New
1. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Lampiran Teknik dan Instrumen Penilaian
2. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis PG
3. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Tes Tertulis Uraian
4. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
5. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPP Penugasan
6. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Unjuk Kerja
7. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Proyek
8. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Produk
9. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. LPK Portofolio
10. Lembar Penilaian Pembelajaran Sosiologi. Rekapitulasi Lembar Penilaian
Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengumpulan Data Penelitian
3. Pengertian Penelitian Sosial Menurut Ahli
4. Pengertian Populasi dan Sampel Menurut Ahli
Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern
Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies
Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi
Belum ada Komentar untuk "Materi Sosiologi Kelas X Kepingan 5.2 Pengumpulan Data Dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)"
Posting Komentar