Teori Korelasi Rank Spearman Lengkap Dengan Rumus Perhitungan

Pengertian Teori Korelasi Rank Spearman ialah suatu teori yang dipakai untuk memilih kolerasi peringkat spearman antara dua faktor, atau dalam hal ini lebih sempurna disebut variabel, maka peringkat harus nampak terang dalam data. Sebagaimana kata peringkat menunjukkan, maka terhadap harga-harga data diberikan peringkat 1untuk data dengan nilai terbesar, sedangkan 2 untuk data dengan nilai terbesar berikutnya, dan begitu seterusnya hingga peringkat N utuk data dengan nilai paling kecil. Dalam bentuk data menyerupai ini, hubungan peringkat Spearman tetap berlaku.


Pendapat Ahli

Menurut. Djarwanto (2009), metode hubungan jenjang ini dikemukakan oleh Carl Speraman pada tahun 1904. Metode ini dibutuhkan untuk mengukur keeratan hubungan antara dua variabel di mana dua variabel itu tidak memiliki joint normal distribution dan conditional variance tidak diketahui sama. Korelasi rank dipergunakan apabila pengukuran kuantitatif secara eksak tidak mungkin/sulit dilakukan. Misalnya: mengukur tingkat moral, tingkat kesenangan, tingkat motivasi. 

Korelasi ini mengatur derajad asosiasi antara dua faktor, unsur atau variabel tentu saja derma peringkat dilakukan terhadap kedua buah variabel, tersendiri-sendiri berdasarkan data variabel yang bersangkutan. Kaprikornus peringkat terhadap kedua variabel telah diberikan, maka langkah selanjutnya ialah menghitung selisih atau beda peringkat yang berpasangan.

Untuk menghitung rank correlation coefficient yang dinotasikan dengan rs, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

#1. Nilai pengamatan dua variabel yang akan diukur hubungannya diberi jenjang. Bila ada nilai pengamatan yang sama dihitung jenjang rata-ratanya.
#2. Setiap pasang jenjang dihitung perbedaannya.
#3. Perbedaan setiap pasang jenjang tersebut dikuadratkan dan dihitung jumlahnya.
#4. Nilai rs (koefsien hubungan Spearman)

Rumus Korelasi Rank Spearman


Keterangan :
di : mengatakan perbedaan setiap pasang rank
n  : mengatakan jumlah pasangan rank

Dengan n menyatakan banyak pasang data, harga-harga rs bergerak mulai dari paling kecil – 1 hingga dengan paling besar + 1, ≤  rs ≤ + 1. Harga + dicapai jikalau peringkat pasangan kedua variabel identik, sedangkan ­– 1 dicapai jikalau peringkat pasangan variabel bertentangan, yakni peringkat terbesar variabel yang satu berpasangan dengan peringkat terkecil variabel lain, peringkat terbesar keua variabel yang satu berpasangan dengan peringkat terkecil berikutnya variabel lain begitupun seterusnya. Jika terjadi pasangan peringkat menyerupai tersebut yang pertama, dikatakan bahwa kedua variabel berasosiasi positif , sedangkan dalam hal pasangan peringkat bentuk kedua, dikatakan bahwa kedua variabel berasosiasi negatif.

Demikian ulasan artikel kami tentang Teori Korelasi Rank Spearman Lengkap dengan Rumus Perhitungan yang kami kutip dari salah satu laporan praktikum metodologi penelitian di kegiatan study agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih. 


Daftar Pustaka

Djarwanto, PS. 2009. Statistic Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE.

Belum ada Komentar untuk "Teori Korelasi Rank Spearman Lengkap Dengan Rumus Perhitungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel