Teori Administrasi Taktik Lengkap Dengan Pengertian Dan Tahapnya

Pengertian Strategi yaitu alat yang dipakai untuk mencapai tujuan. Strategi menunjukkan kesatuan arah bagi semua anggota organisasi. Konsep taktik yang tidak terang akan mengakibatkan keputusan yang diambil akan bersifat subjektif atau menurut intuisi belaka dan mengabaikan keputusan lain. Manajemen taktik yaitu kumpulan keputusan dan tindakan yang merupakan hasil dari rencana, formulasi dan implementasi yang didesain untuk mencapai tujuan suatu perusahaan (Pearce II dan Robinson, Jr.). Manajemen taktik mencakup perencanaan, pegarahan, pengorganisasian, dan pengendalian keputusan dan tindakan-tindakan yang bekerjasama dengan taktik perusahaan (Suroso, 2011).

Pengertian Strategi yaitu alat yang dipakai untuk mencapai tujuan Teori Manajemen Strategi Lengkap dengan Pengertian dan Tahapnya


Menurut Hutabarat dan Martani (2006), kedalaman dalam mengelola taktik tidak hanya terbatas pada proses, tetapi juga dipengruhi oleh tingkat pengelolaannya yang juga memerlukan suatu tingkat pedoman yang berbeda serta meningkat dari waktu kewaktu sesuai dengan kondisi yang dialami oleh perusahaan. Semakin strategik pekerjaan yang dilakukan, dibutuhkan tingkat pedoman yang semakin kompleks yang berada di atas taraf evaluasi. Tuntutan berkembang kepada analisis atau bahkan sintesis untuk menunjukkan suatu solusi yang optimal dalam taktik yang digambarkan ibarat di bawah ini.

Pengertian Strategi yaitu alat yang dipakai untuk mencapai tujuan Teori Manajemen Strategi Lengkap dengan Pengertian dan Tahapnya

Manajemen strategis yaitu suatu perspektif gres yang menyoroti wacana pentingnya organisasi untuk menunjukkan lebih banyak perhatian pada perumusan taktik dan perubahan lingkungan. Strategi organisasi yang sempurna untuk melaksanakan penyesuaian dengan lingkungan yang berubah sangat penting bagi keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Menurut Ibrahim dalam Ahdiyana (2011), administrasi strategis pada prinsipnya yaitu kemampuan administrasi organisasi untuk mengadaptasi masa depan yang umumnya bersifat jangka pendek serta menengah. 


Strategi penting alasannya merupakan proses untuk memilih arah yang harus dijalani biar visi dan misi organisasi sanggup tercapai. Strategi juga sanggup menunjukkan dasar yang masuk nalar untuk keputusan – keputusan yang akan menuntun ke arah pencapaian tujuan organisasi. Keputusan strategis akan meningkatkan kemampuan pemimpin dalam menghadapi perubahan. 

Menurut Johnson dan Scholes dalam Ahdiyana (2011), keputusan strategis menaruh perhatian pada ruang lingkup kegiatan organisasi, penyesuaian kegiatan organisasi dan lingkungannya, alokasi dan realokasi sumber daya utama dalam organisasi, nilai, cita-cita dan tujuan dari taktik yang berpengaruh, serta implikasi perubahan operasional pada seluruh organisasi. Sehingga sanggup dikatakan bahwa administrasi strategis yaitu suatu proses yang dalam setiap tahapnya Memerlukan partisipasi dari semua pihak, dan pertanggungjawaban dari pemimpin. Dengan demikian administrasi strategis mencakup penetapan kerangka kerja untuk melaksanakan banyak sekali proses tersebut.

Setiap organisasi membutuhkan taktik manakala menghadapi situasi berikut (Jain dalam Purwanto, 2012)

1. Sumberdaya yang dimiliki terbatas
2. Ada ketidakpastian mengenai kekuatan  bersaing organisasi
3. Komitmen terhadap sumberdaya tidak sanggup diubah lagi
4. Keputusan-keputusan harus dikoordinasikan antar bab sepanjang waktu
5. Ada ketidakpastian mengenai pengendalian inisiatif

Tahap penyususan strategis sedikitnya ada enam tahap yang perlu diperhatikan yaitu (Purwanto, 2012)

1. Seleksi yang fundamental dan kritis terhadap permasalahan
2. Menetapkan tujuan dasar dan target strategis
3. Menyusun planning penyumberdayaan
4. Mempertimbangkan keunggulan
5. Mempertimbangkan keberlanjutan

Menurut Steiner dan Miner dalam Ahdiyana, 2011, proses administrasi strategis mencakup beberapa hal sebagai berikut:

1. Pengawasan perubahan lingkungan
2. Identifikasi lingkungan peluang dan bahaya untuk dihindarkan
3. Evaulasi kekuatan dan kelemahan organisasi
4. Perumusan misi dan sasaran
5. Identifikasi taktik untuk untuk pencapaian tujuan organisasi
6. Evaulasi taktik dan pilihan taktik yang akan diimplementasikan
7. Pemantauan proses untuk meyakinkan bahwa taktik diaplikasikan dengan tepat.

Demikian Ulasan artikel kami tentang Teori Manajemen Strategi Lengkap dengan Pengertian dan Tahapnya yang kami rangkum dari banyak sekali literatur yang kami sajikan dalam daftar pustaka. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Daftar Pustaka

Ahdiyana, Marita. 2012. Memperkuat Manajemen Strategis dalam Pengukuran Kinerja dalam Organisasi Sektor Publik. Yogyakarta : UNY.
Hutabarat, Jemsly dan Martani H. 2006. Proses, Formasi, dan Implementasi Manajemen Strategik Kontemporer Operasionalisasi Strategi. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Purwanto. 2012. Marketing Strategic Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Tanpa Kota : Platinum.
Suroso, Imam. 2011. Konsep dan Teori Manajemen Stategi. Mojokerto : Insan Global.

Belum ada Komentar untuk "Teori Administrasi Taktik Lengkap Dengan Pengertian Dan Tahapnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel