Sejarah Perkembangan Psikologi Bab 4

Sebelumnya, psikologi diartikan sebagai studi mengenai acara mental, datanya terutama diperoleh melalui observasi diri dalam bentuk introspeksi (Atkinson, 1996: 8). Introspeksi mengacu pada observasi dan pencatatan pribadi yang cermat mengenai persepsi dan perasaan sendiri. Introspeksi dimulai dengan laporan mengenai kesan yang diterima indra hingga timbulnya rangsangan, kemudian hingga pada penyelidikan yang berlangsung usang mengenai pengalaman emosi, contohnya selama terapi psikologi.
Sebenarnya, observasi diri mempunyai persamaan dengan observasi pada ilmu lain, namun dalam observasi diri (introspeksi) hanya sanggup dilaporkan oleh seorang pengamat. Di sinilah Watson* maupun Skinner* berontak, bahwa metode introspeksi tersebut dalam psikologi tidak ada gunanya (Atkinson, 1996: 8). Ia menganggap bahwa psikologi yaitu sebagai disiplin ilmu maka datanya harus sanggup diamati dan terukur. Oleh sebab itu, menurutnya hanya dengan metode behaviorisme, psikologi menjadi ilmu yang objektif.

Kemudian, berdasarkan pandangan psikologi kognitif bahwa kognisi mengacu pada proses mental dari persepsi, ingatan, dan pengolahan gosip yang memungkinkan seseorang memperoleh pengetahuan, memecahkan persoalan, dan merencanakan masa depan. Sebenarnya, jikalau ditelaah lebih jauh bahwa lahirnya psikologi kognitif tersebut sebagai reaksi terhadap sempitnya pandangan Stimulus Response (S-R). Pandangan bahwa tindakan insan semata-mata didasarkan masukan stimulus dan output respons, dan hal itu hanya sesuai dengan sikap yang sederhana. Namun, pendekatan ini terlalu banyak mengabaikan serpihan insan yang menarik dan berfungsi lainnya. Seperti halnya insan sanggup berpikir, merencanakan, mengambil keputusan, serta menentukan dengan cermat stimulus mana yang membutuhkan perhatian (Atkinson, 1996:11). Karena itulah Kenneth Craik, selalu berusaha mempertahankan psikologi kognitif yang menganalogikan otak insan menyerupai komputer yang bisa meniru dan menyamai acara dari luar. Bahkan menurutnya, otak sanggup menyimpulkan acara mana yang terbaik, dan bereaksi terhadap situasi sebelum bencana itu timbul, serta memanfaatkan pengetahuan mengenai bencana dalam menangani bencana mendatang.

Berbeda dengan latar belakang munculnya psikologi fenomenologis yang memusatkan perhatiannya pada pengalaman subjektif. Dalam pendekatan ini, memahami bencana atau fenomena yang dialami individu tanpa beban teoretis. Sebagai contoh, mereka lebih berminat pada konsep diri seseorang, perasaan harga diri, dan kesadaran akan diri sendiri. Pandangan fenomenologi ini diilhami oleh para filsuf eksistensi, mirip Soren Kierkegaard*, Sartre*, dan Camus*. Karena itu, beberapa teori fenomenologi sering juga disebut psikologi humanistik-eksistensialisme. Adapun tokoh-tokoh yang berkiprah pada kelompok ini, mirip Abraham Maslow*, Kurt Goldstein, dan Carl Rogers*.

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Sejarah Perkembangan Psikologi Bagian 1
2. Sejarah Perkembangan Psikologi Bagian 2
3. Sejarah Perkembangan Psikologi Bagian 3

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Psikologi Bab 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel