Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konsumen (Consumen Psychology)

Membahas tingkah laris individu sebagai konsumen. Bidang psikologi ini mulai dengan psikologi periklanan dan penjualan, objeknya ialah komunikasi yang efektif, baik dari pihak pabrik maupun agen kepada konsumen (Anastasi, 1989: 389). Terutama melalui iklan, konsumen memperoleh warta wacana produk atau jasa yang sanggup diperoleh manfaat khusus dari produk dan jasa tersebut.
Kita tahu bahwa periklanan sendiri usianya begitu tua, hampir seusia dengan upaya insan untuk menciptakan dokumentasi aneka macam aktivitasnya (Presbey, 1929). Sedangkan untuk psikologi periklanan mulai dilancarkan selama dua dasawarsa yang pertama dari periode ke-20 dengan studi laboratorium di aneka macam lokasi.

Kemudian, dalam perkembangannya psikologi konsumen mulai berkembang pesat semenjak tahun 1960-an. Engel (1973: 622) mengemukakan bahwa antara tahun 1968 dan 1972 terdapat lebih banyak penelitian psikologi konsumen yang dipublikasikan daripada sebelumnya. Dalam Annual Review of Psychology, Jacob memperkirakan bahwa 7000-10000 surat kabar yang mempunyai relevansi eksklusif telah diterbitkan semenjak tahun 1967. Kemudian dalam perkembangan psikologi konsumen yang paling mencolok ialah peralihan sentra perhatian dari konsumen sebagai pembeli ke konsumen sebagai konsumen (Jacoby 1976; Perlopff, 1968). Peralihan tersebut berdasarkan Anastasi (1989: 390) dinyatakan paling sedikit ada empat cara yang berbeda, yakni meliputi:
a. Pusat perhatian diperluas melampaui kegiatan pembelian. Karena itu, tingkah laris konsumen dirumuskan lebih luas meliputi perolehan, penggunaan, disposisi produk, jasa, waktu, dan gagasan.

b. Meningkatnya kecenderungan untuk mendekati duduk kasus dari sudut pandang konsumen.

c. Dalam psikologi konsumen ialah timbulnya legalisasi terhadap konsumen sebagai organisme hidup yang tingkah lakunya berhak memperoleh perhatian ilmiah.

d. Ciri dari karya psikologi konsumen ialah makin meningkatnya perhatian pada masalah-masalah sosial.

Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sosial (Social Psychology)
2. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Klinis dan Psikologi Penyuluhan (Clinical Psychology and Conselling)
3. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konstitusional (Constitutional Psychology)
4. Ruang Lingkup Psikologi. Psikofarmakologi
5. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Okupasional (Accupational Psychology)
6. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Politik (Political Psychology)
7. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sekolah dan Pendidikan (Psychology for the Classroom and Educational Psychology)
8. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Perkembangan
9. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Kepribadian (Psychology of Personality)
10. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lintas Budaya (Cross-Cultural Psychology)
11. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Rekayasa (Engineering Psychology)
12. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lingkungan
13. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Industri dan Organisasi (Industrial and Organizational Psychology)    

Belum ada Komentar untuk "Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konsumen (Consumen Psychology)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel