RPP PPKN Kelas IX SMP Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP PPKN Kelas IX SMP Semester 1 K13 Revisi 2018. Setelah membagikan beberapa RPP, kini kami akan membagikan file RPP PPKN Kelas IX /  9 (Sembilan) SMP Semester 1 / Ganjil Kurikulum 2013 Revisi 2018 sesuai dengan buku terbaru K13 edisi Revisi 2018. Pada tahun ini, buku K13 revisi terbaru untuk kelas 9 baru saja dikeluarkan. Sebelumnya pada tahun 2017 masih menggunakan terbitan yang lama. Ada perbedaan materi yang diberikan kepada siswa untuk buku k13 sebelumnya dengan buku K13 edisi revisi 2018. Dan tentu saja para guru harus membuat perangkat pembelajaran yang menyesuaikan dengan materi yang terbaru yang terdapat di dalam buku K13 edisi revisi 2018 tersebut. 

Download RPP PPKn Kelas 9 Semester 1 Terbaru Revisi 2018. Maka dari itu, kami akan membantu sedikit tugas dari pada guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran khususnya RPP. Kami akan membagikan file contoh RPP PPKN kelas 9 semester 1 yang berbentuk file microsoft word yang dapat diedit lagi dan ditambah sesuai dengan kebutuhan dan format dari masing-masing sekolah. 
 kini kami akan membagikan file RPP PPKN Kelas IX  RPP PPKN Kelas IX SMP Semester 1 K13 Revisi 2018

Berikut ini cuplikan isi dari file RPP PPKN Kelas IX (9) SMP Semester 1 K13 Edisi Revisi 2018;

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP …
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IX/ 1
Materi Pokok : Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Alokasi waktu : 15 x 40 menit

A. Kompetensi Inti 
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifkasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.
3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

Indikator
1. Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam mewujudkan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2. Menunjukkan perilaku gotong royong, disiplin, dan bertanggung jawab dalam mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3. Mendeskripsikan penerapan Pancasila sebagai dasar negara dari Masa ke Masa.
4. Menceritakan Penerapan Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman.
5. Menampilkan Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan.
6. Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.
7. Mendemonstrasikan peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.

C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat;
1. Mendeskripsikan penerapan Pancasila sebagai dasar negara dari Masa ke Masa.
2. Menceritakan Penerapan Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman.
3. Menampilkan Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam Berbagai Aspek Kehidupan.
4. Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.
5. Mendemonstrasikan peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.

D. Materi Pembelajaran 
Materi Pembelajaran pada Bab 1 ini meliputi materi-materi berikut.
1. Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa
a. Masa Awal Kemerdekaan (1945 - 1959)
b. Masa Orde Lama (1959 - 1966)
c. Masa Orde Baru (1966 - 1998)
d. Masa Reformasi (1998 - sekarang)
2. Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman
a. Hakikat ideologi terbuka
b. Kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka
3. Perwujudan nilai-nilai pancasila dalam berbagai kehidupan

E. Metode Pembelajaran 
Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifk, model pembelajaran menggunakan discovery learning, metode diskusi dengan model pembelajaran bekerja dalam kelompok dan kajian dokumen historis.
Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifk mulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan..

F. Media dan Bahan 
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop

G. Sumber Belajar 
Buku paket K13 revisi 2018

H. Langkah-langkah Pembelajaran 

1. Pertemuan Pertama (3x40 menit)
Kegiatan Pendahuluan
a. Peserta didik disiapkan secara fsik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, serta kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain,
c. Melakukan apersepsi dengan tanya jawab mengenai Pancasila yang sudah dipelajari di kelas VII dan VIII.
d. Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f. Menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g. Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti
a. Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4–5 orang.
b. Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar 1.1 - Gambar 1.5 atau guru dapat menayangkan video atau tayangan lain yang sesuai dengan tema upaya merubah Pancasila sebagai dasar negara.
c. Setelah mengamati gambar atau tayangan yang disampaikan oleh guru, peserta
didik dalam kelompok dibimbing oleh guru untuk menyusun pertanyaan sesuai dengan tujuan pembelajaran
d. Guru memberikan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
e. Guru mengamati keterampilan peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok dalam menyusun pertanyaan.
f. Untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun peserta didik diminta untuk membaca uraian materi di buku PPKn Kelas IX Bab I subbab A, juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet.
g. Guru menugaskan peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok 1.1
h. Peserta didik secara kelompok juga mencari informasi sesuai Tugas Kelompok
1.1 melalui buku, bertanya kepada guru, melakukan pengamatan, membuka Internet, dan sebagainya.
i. Peserta didik berdiskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh peserta secara kelompok menyimpulkan tentang pengalaman sejarah mengubah dasar negara Pancasila.
j. Peserta didik secara kelompok menyimpulkan tentang pengalaman sejarah merubah dasar negara Pancasila pada periode awal kemerdekaan dan Orde Lama.
k. Peserta didik menyusun laporan hasil telaah Tugas Kelompok 1.1.
l. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas
lembaran. Manfaatkan sumber daya alam atau bahan bekas yang ada di
lingkungan peserta didik untuk membuat bahan tayang.
m. Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok.
1) Kelompok menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah disusun
sebelumnya.
2) Moderator dipilih dari kelompok lain secara bergiliran.
3) Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama 5 menit. Kelompok lain
memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yang
penting serta mempersiapkan pertanyaan terhadap hal yang belum jelas.
4) Kelompok penyaji bertanya jawab dan melakukan diskusi dengan peserta
didik lain tentang materi yang disajikan paling lama 15 menit.
n. Peserta didik mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok, misalnya sebagai berikut.
1) Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
2) Mengangkat tangan sebelum memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat.
3) Menyampaikan pertanyaan atau pendapat setelah dipersilahkan oleh moderator.
4) Menggunakan bahasa yang sopan saat menyampaikan pertanyaan atau pendapat.
5) Berbicara secara bergantian dan tidak memotong pembicaraan orang lain.
o. Guru menjelaskan pedoman penilaian selama penyajian materi, contoh aspek penilaian, meliputi beberapa hal berikut.
1) Kemampuan bertanya
2) Kebenaran gagasan/materi
3) Argumentasi yang benar dan logis
4) Bahasa yang digunakan (bahasa baku)
5) Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)
p. Guru memberikan konfrmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.

Kegiatan Penutup
a. Bersama peserta didik guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanyajawab secara klasikal.
b. Melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan pengalaman sejarah mengubah dasar negara Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari penerapan Pancasila pada masa Orde Lama?
2) Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
5) Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c. Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d. Guru memberikan tugas agar peserta didik membaca materi pertemuan berikutnya, yaitu tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.

2. Pertemuan Kedua (3x40 menit)
Kegiatan Pendahuluan
a. Menyiapkan peserta didik secara fsik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran yang diawali dengan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu wajib nasional, permainan, yel-yel, atau bentuk motivasi yang lain.
c. Melakukan apersepsi dengan tanya jawab mengenai dinamika penerapan Pancasila sebagai dasar negara dari sejak Proklamasi sampai dengan masa Orde Lama.
d. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat pembelajaran.
f. Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g. Guru menjelaskan teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.

Kegiatan Inti
a. Guru dapat menayangkan gambar, video, atau memberikan contohcontoh penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
b. Peserta didik diminta untuk memberikan tanggapan, pertanyaan atau pernyataan terhadap tayangan gambar, video, atau contoh yang disampaikan oleh guru.
c. Peserta didik yang menyampaikan tanggapan, pertanyaan atau pernyataan mendapat apresiasi dari guru. Apresiasi dapat berupa nilai, pujian, atau rewards dalam bentuk lain sesuai kondisi sekolah.
d. Peserta Didik diminta untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2.
e. Untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2 peserta  didik diminta untuk membaca buku teks bab 1 subbab A point 2 dan 3, mengunjungi perpustakaan, atau bila memungkinkan peserta didik bisa mencari sumber belajarnya dari internet.
f. Peserta didik membuat laporan hasil telaah terhadap Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2 dengan menuliskannya dalam buku catatan, atau bila memungkinkan peserta didik menuliskannya dalam komputer untuk selanjutnya dicetak dan dikumpulkan pada guru untuk mendapatkan nilai.
g. Secara bergiliran tiap-tiap peserta didik menyampaikan hasil telaahnya di depan kelas.
h. Guru memberikan penilaian terhadap hasil telaah peserta didik

Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b. Bersama-sama melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan materi Penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi.
c. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan individu.
d. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya dan menugaskan peserta didik untuk mempelajari Buku PPKn Kelas IX Bab 1 subbab B tentang Nilai-nilai Pancasila sesuai dengan Perkembangan Zaman.

Pertemuan Ketiga (3x40 menit) dan seterusnya silahkan lihat pada file Aslinya.... 

J. Penilaian 
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang diamati adalah ketakwaan, rasa syukur, jujur, disiplin, dan tanggung jawab.
Format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari, Tanggal : ……………………….
Pertemuan Ke- : ……………………….
Materi Pokok : ……………………….
 tabel bisa dilihat di file aslinya... 
Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu:
Skor 1, apabila sikap dan perilaku peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 2, apabila sikap dan perilaku peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 3, apabila sikap dan perilaku peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai.
Skor 4, apabila sikap dan perilaku peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai.

Nilai = Skor Perolehan / 20 x 100

2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan.
Peserta didik diminta untuk mengerjakan Tugas Kelompok 1.1.
Penskoran Tugas Kelompok 1.1.
Tugas kelompok 1.1 diberi skor maksimal 10

Nilai  = Skor Perolehan / 10 x 100

3) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Lama. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.

File dapat diunduh melalui link download di bawah ini. Gunakan password di bawah untuk mengekstrak file .rar ke microsoft word.
password: www.SekolahSD.web.id

Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id/

Belum ada Komentar untuk "RPP PPKN Kelas IX SMP Semester 1 K13 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel