Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Sosiologi [Kelas Xi Potongan 1]
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1. Menumbuhkan kesadaran individu untuk mempunyai tanggung jawab publik dalam ranah perbedaan sosial.
2.2. Menunjukkan sikap toleransi dan tenggang rasa sosial terhadap perbedaan sosial.
3.1. Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi.
4.1. menalar perihal terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi
C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian kelompok sosial
2. Menjelaskan faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Menjelaskan ciri-ciri kelompok sosial
4. Menjelaskan macam-macam kelompok sosial
5. Menjelaskan perkembangan kelompok sosial
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan metode diskusi pada topik pembentukan kelompok sosial siswa mampu.
1. Memahami pengertian kelompok sosial
2. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Menganalisis ciri-ciri kelompok sosial
4. Mengklasifikasikan macam-macam kelompok sosial
5. Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial
E. Materi Pembelajaran
Pembentukan kelompok sosial
1. Pengertian kelompok sosial
2. Faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Ciri-ciri kelompok sosial
4. Macam-macam kelompok sosial
5. Perkembangan kelompok sosial
F. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran: saintifik
2. Strategi pembelajaran: kooperatif
3. Metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
Langkah 1: Kegiatan awal (apersepsi)
- Doa
- Absensi
- Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran
Langkah 2: Kegiatan inti
Mengamati
- Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat
- Mengkaji dari banyak sekali sumber informasi perihal proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
Menanya
- Menumbuhkan rasa ingin tahu perihal proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial.
Mengumpulkan informasi
- Mengidentifikasi dan mengumpulkan data perihal ragam pengelompokan sosial di masyarakat sekitar
Menalar/Mengasosiasi
- Mengklasifikasikan ragam pengelompokan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokan
Mengomunikasikan
- Mempresentasikan hasil diskusi perihal pembentukan kelompok sosial
Langkah 3: Kegiatan selesai (Penutup)
- Rangkuman
- Penilaian proses
- Penugasan
H. Penilaian Proses dan Hasil
Sikap
Observasi
- Penilaian perihal sikap saling menghormati, tanggung jawab, disiplin, toleransi, jujur, kerja sama, gotong royong, cinta damai, responsif, dan pro aktif serta kinerja siswa selama melaksanakan acara baik acara klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti mekanisme atau hukum sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Pengetahuan
Tes
- Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa perihal pengelompokan sosial
Tugas
- Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian perihal pengelompokan sosial di masyarakat
Keterampilan
- Memaparkan hasil diskusi kelompok perihal pengelompokan sosial yang terdapat di masyarakat sekitar
I. Contoh Instrumen
Soal
1. Jelaskan pengertian kelompok sosial berdasarkan Soerjono Soekanto
2. Sebutkan faktor pendorong pembentukan kelompok sosial
3. Sebutkan syarat-syarat terbentuknya kelompok sosial
4. Apa jawaban dari terjadinya diskriminasi?
5. Apa perbedaan antara komunitas dengan kerumunan?
Kunci instrumen
1. Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial yaitu himpunan atau kesatuan insan yang hidup bersama, antaranggotanya saling berhubungan, saling memengaruhi, dan mempunyai kesadaran untuk saling menolong.
2. Pada proses pembentukan kelompok sosial pun demikian, ada faktor-faktor tertentu yang mendorong insan untuk membentuk dan bergabung dalam kelompok sosial tertentu.
a. Dorongan untuk mempertahankan hidup
b. Dorongan untuk meneruskan keturunan
c. Dorongan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
3. Syarat terbentuknya kelompok sosial:
a. Adanya kesadaran bahwa setiap anggota merupakan kepingan dari kelompoknya
b. Adanya relasi timbal balik di antara anggota kelompok
c. Adanya faktor pengikat relasi (misalnya nasib, cita-cita, tujuan, kepentingan, atau musuh yang sama)
d. Adanya struktur, kaidah, dan contoh perilaku, serta
e. Adanya sistem dan proses sosial
4. Akibat dari diskriminasi yaitu timbulnya kesenjangan sosial yang sanggup menimbulkan permasalahan sosial menyerupai pertikaian antarsuku
5. Komunitas: sekumpulan orang yang mempunyai relasi secara tetap dan bersifat teritorial untuk mencapai tujuan bersama.
Kerumunan: sekumpulan orang yang berada pada suatu tempat, akan tetapi tidak bekerjasama secara tetap dan hanya bersifat sementara.
J. Sumber Belajar
Buku teks pelajaran, buku acuan yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat.
Download
Lihat Juga
Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
Media
1. Power Point Bag. 1
2. Power Point Bag. 2
3. Video Penunjang
4. Materi Pengayaan Sosiologi. Kelompok Sosial di Masyarakat
Soal-soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
1. Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menawarkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1. Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1. Menumbuhkan kesadaran individu untuk mempunyai tanggung jawab publik dalam ranah perbedaan sosial.
2.2. Menunjukkan sikap toleransi dan tenggang rasa sosial terhadap perbedaan sosial.
3.1. Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi.
4.1. menalar perihal terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi
C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian kelompok sosial
2. Menjelaskan faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Menjelaskan ciri-ciri kelompok sosial
4. Menjelaskan macam-macam kelompok sosial
5. Menjelaskan perkembangan kelompok sosial
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan metode diskusi pada topik pembentukan kelompok sosial siswa mampu.
1. Memahami pengertian kelompok sosial
2. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Menganalisis ciri-ciri kelompok sosial
4. Mengklasifikasikan macam-macam kelompok sosial
5. Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial
E. Materi Pembelajaran
Pembentukan kelompok sosial
1. Pengertian kelompok sosial
2. Faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Ciri-ciri kelompok sosial
4. Macam-macam kelompok sosial
5. Perkembangan kelompok sosial
F. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran: saintifik
2. Strategi pembelajaran: kooperatif
3. Metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
Langkah 1: Kegiatan awal (apersepsi)
- Doa
- Absensi
- Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran
Langkah 2: Kegiatan inti
Mengamati
- Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat
- Mengkaji dari banyak sekali sumber informasi perihal proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
Menanya
- Menumbuhkan rasa ingin tahu perihal proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial.
Mengumpulkan informasi
- Mengidentifikasi dan mengumpulkan data perihal ragam pengelompokan sosial di masyarakat sekitar
Menalar/Mengasosiasi
- Mengklasifikasikan ragam pengelompokan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokan
Mengomunikasikan
- Mempresentasikan hasil diskusi perihal pembentukan kelompok sosial
Langkah 3: Kegiatan selesai (Penutup)
- Rangkuman
- Penilaian proses
- Penugasan
H. Penilaian Proses dan Hasil
Sikap
Observasi
- Penilaian perihal sikap saling menghormati, tanggung jawab, disiplin, toleransi, jujur, kerja sama, gotong royong, cinta damai, responsif, dan pro aktif serta kinerja siswa selama melaksanakan acara baik acara klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti mekanisme atau hukum sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.
Pengetahuan
Tes
- Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa perihal pengelompokan sosial
Tugas
- Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian perihal pengelompokan sosial di masyarakat
Keterampilan
- Memaparkan hasil diskusi kelompok perihal pengelompokan sosial yang terdapat di masyarakat sekitar
I. Contoh Instrumen
Soal
1. Jelaskan pengertian kelompok sosial berdasarkan Soerjono Soekanto
2. Sebutkan faktor pendorong pembentukan kelompok sosial
3. Sebutkan syarat-syarat terbentuknya kelompok sosial
4. Apa jawaban dari terjadinya diskriminasi?
5. Apa perbedaan antara komunitas dengan kerumunan?
Kunci instrumen
1. Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial yaitu himpunan atau kesatuan insan yang hidup bersama, antaranggotanya saling berhubungan, saling memengaruhi, dan mempunyai kesadaran untuk saling menolong.
2. Pada proses pembentukan kelompok sosial pun demikian, ada faktor-faktor tertentu yang mendorong insan untuk membentuk dan bergabung dalam kelompok sosial tertentu.
a. Dorongan untuk mempertahankan hidup
b. Dorongan untuk meneruskan keturunan
c. Dorongan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
3. Syarat terbentuknya kelompok sosial:
a. Adanya kesadaran bahwa setiap anggota merupakan kepingan dari kelompoknya
b. Adanya relasi timbal balik di antara anggota kelompok
c. Adanya faktor pengikat relasi (misalnya nasib, cita-cita, tujuan, kepentingan, atau musuh yang sama)
d. Adanya struktur, kaidah, dan contoh perilaku, serta
e. Adanya sistem dan proses sosial
4. Akibat dari diskriminasi yaitu timbulnya kesenjangan sosial yang sanggup menimbulkan permasalahan sosial menyerupai pertikaian antarsuku
5. Komunitas: sekumpulan orang yang mempunyai relasi secara tetap dan bersifat teritorial untuk mencapai tujuan bersama.
Kerumunan: sekumpulan orang yang berada pada suatu tempat, akan tetapi tidak bekerjasama secara tetap dan hanya bersifat sementara.
J. Sumber Belajar
Buku teks pelajaran, buku acuan yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat.
Download
Lihat Juga
Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
Media
1. Power Point Bag. 1
2. Power Point Bag. 2
3. Video Penunjang
4. Materi Pengayaan Sosiologi. Kelompok Sosial di Masyarakat
Soal-soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
Belum ada Komentar untuk "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Sosiologi [Kelas Xi Potongan 1]"
Posting Komentar