Alfred Adler. Tipologi Kepribadian

Adler membuatkan sketsa tipologi kepribadian yang berupaya menggambarkan contoh dan karakteristik yang secara keseluruhan mengatur gaya hidup individu.
1. Tipologi Miring
Tipe ini ialah orang-orang yang bergantung pada orang lain serta membawa mereka melalui kesulitan hidup. Oleh alasannya itu, mereka mempunyai tingkat energi rendah dan biasanya mengidap neurosis, serta fobia, obsesif, cemas, histeria, amnesia, dan sebagainya.


2. Tipologi Menghindar
Tipe ini ialah orang-orang yang merasa benci bila dikalahkan oleh orang lain. Mereka bekerjsama dapat berhasil, tetapi tidak berani mengambil risiko untuk mencapainya. Mereka cenderung mempunyai kontak sosial yang rendah alasannya takut ditolak atau dikalahkan oleh orang lain.

3. Tipologi Dominan
Tipe ini ialah orang-orang yang berani memanipulasi situasi. Mereka berani melewati jalan di luar yang sudah ditetapkan supaya tujuan-tujuannya berhasil diraih. Tipe orang semacam ini sangat rentan terhadap sikap antisosial.

4. Tipologi Berguna
Tipe ini ialah orang-orang yang sangat aktif. Mereka mempunyai banyak kontak sosial serta berusaha menciptakan perubahan demi kebaikan bersama.

Sumber
Irawan, Eka Nova. 2015. Pemikiran Tokoh-tokoh Psikologi; dari Klasik hingga Modern. IrcisoD. Yogyakarta


Download

Baca Juga
1. Alfred Adler. Biografi Psikolog
2. Prinsip-prinsip Dasar Psikologi Adlerian
3. Pendekatan Adler terhadap Kepribadian
4. Alfred Adler. Psikodinamika, Metafisika, dan Holisme

Belum ada Komentar untuk "Alfred Adler. Tipologi Kepribadian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel