Teori Pendekatan Lfa (Logical Frame Work Analysis)

Pendekatan LFA (logical frame work analysis) adalah metode untuk mengetahui keinginan masa depan (visi masa depan) dan apa-apa yang menjadi harapan bersama untuk lebih berkembang secara dinamis dan berkelanjutan. Tujuannya ialah untuk merumuskan suatu alternatif seni administrasi bagi para pihak (stakeholder’s) dalam mengembangkan kiprah ‘siapa’ akan berbuat ‘apa’ guna mencapai apa-apa yang menjadi harapan bersama untuk lebih berkembang secara dinamis dan berkelanjutan.
adalah metode untuk mengetahui keinginan masa depan  Teori Pendekatan LFA (Logical Frame Work Analysis)

Logical frame work analysis (LFA), berdasarkan German Goverenmental Cooperation (1996), ialah melaksanakan diskusi secara mendalam dengan para informan kunci (key informans) dalam sebuah kelompok diskusi yang terstruktur secara baik dan khusus membahas hal-hal yang menjadi sentra perhatian penelitian. Dimana didalam pelaksanaan FGD ada sejumlah dan/atau serangkaian prinsip yang seyognya sanggup dipenuhi, diantaranya adalah: (a) mendapatkan keterbatasan, (b) mendapatkan perbedaan komitmen, (c) menyetujui hukum dan batasan, (d) menghindari jargon, (e) jujur, (f) transparan, (g) fleksibel, (h) raih apa yang direncanakan, (i) kontak komunikasi, (j) visi yang realistis, (k) skala pengelolaan yang efektif, (l) memberdayakan, (m) berpikir kreatif, (n) merencanakan dengan hati-hati (o) membuat suasana riang akan tetapi serius, serta (p) menghormati kultur lokal.

Menerima keterbatasan. 

Pada dasarnya tidak ada kegiatan group diskusi yang berbasis masyarakat (komunitas) yang sanggup menuntaskan semua problem secara mutlak dan komperehensif. Akan tetapi hal tersebut bukanlah suatu alasan untuk tidak melaksanakannya. Keterbatasan dalam praktek  hampir  selalu  timbul  dalam  pelaksanaan  pemecahan   persoalan-persoalan yang dicarikan jalan pemecahannya dalam kegiatan group diskusi tersebut.

Menerima perbedaan komitmen

Sangatlah menguras energi jikalau mengeluhkan beberapa orang tidak berpartisipasi dalam proses diskusi yang dilakukan, dimana setiap individu yang terlibat mempunyai prioritas kehidupan pribadi dan/atau kelompok dan hal ini harus selalu dihormati. Jika seseorang tidak ikut serta dalam proses, prisip positifisme menyatakan bahwa ia memperlihatkan kesempatan kepada orang lain atau akan berpastisipasi pada kesempatan lain.


Menyetujui hukum dan batasan

Harus ada pemahaman bersama oleh semua pihak yang terlibat dalam group diskusi, pada khususnya di lingkup komunitas, dimana terdapat ketakutan akan dominasi. Oleh sebab itu maka sangatlah penting (vital) dibentuk suatu peraturan dan batasan secara jelas, dimengerti, dan disetujui.

Menghindari jargon

Dipergunakan bahasa yang gampang  dimengerti dan sederhana. Harus dihindari bahasa jargon dan klise, sebab sanggup membuat orang lain malas untuk terlibat. Selain itu bahasa jargon seringkali menutup-nutupi kekurang-mampuan, mengabaikan hal lain, dan cenderung arogan. Jujur. Terbuka dan fokus pada proses diskusi yang sedang berlangsung, dimana orang akan antusias mengikuti proses saat ia mengetahui apa yang mereka dapatkan dari hasil partisipasi mereka. Oleh sebab itu harus dihindarkan adannya agenda-agenda tersembunyi.

Transparan

Aturan main dalam proses diskusi harus terang dan transparan. Penggunaan nama penerima mungkin terlihat sepele, namun sangatlah penting untuk menghindari diskusi hanya menjadi sebuah ‘kerumunan’. Fleksibel. Dapat mengindari kekakuan dalam metode dan seni administrasi diskusi, sehingga harus selalu siap menghadapi perubahan skenario proses.

Raih apa yang direncanakan

Ini merupakan sebuah frase yang biasa dikatakan oleh fasilitator, terutama oleh para partisipan dalam sebuah lembaga diskusi.  Oleh  karenanya  tidak  boleh  ada  keraguan  ketika  kita sudah merencanakan sesuatu. Kontak komunikasi. Hendaknya dipergunakan semua media komunikasi yang memunginkan diakses (dipergunakan) untuk mengambarkan apa yang akan dilakukan dan bagaimana cara mereka untuk terlibat.

Visi yang realistis 

Pada dasarnya tidak ada sesuatupun yang ingin dicapai tanpa ada sebuah pengharapan. Akan tetapi harapan yang mustahil dicapai akan membuat frustasi. Oleh sebab itu visi harus dibangun berdasarkan pilihan mudah yang bisa dikerjakan dan tersedia sumberdaya pendukungnya. 


Skala pengelolaan yang efektif

Hendaknya berproses di dalam komunitas diskusi dalam skala yang gampang dikelola, sehingga diantara partisipan saling mengenal satu sama lain. Jika komunitas besar, hendaknya area dipecah menjadi grup kecil-kecil.

Memberdayakan

Fasiltator harus melihat diri mereka sebagai tenaga pemberdayaan, dengan kiprah membantu komunitas untuk mencapai tujuan mereka, dan bukan sebagai penyedia jasa layanan penyelesaian masalah. Berpikir kreatif. Salah satu prinsip yang fundamental dalam group diskusi komunitas ialah harus sanggup dimengerti dan gampang untuk melaksanakan pembiasaan (improvisasi). Oleh sebab itu seyogyanya dihindari perasaan untuk mengikuti hukum yang baku ataupun juklak juknis.


Merencanakan dengan hati-hati

Merencanakan secara hati-hati sangatlah vital. Oleh sebab itu hendaknya dihindari memakai sebuah pendekatan ataupun ilham satu orang. Hal yang harus dilakukan ialah mencermati beberapa altrenatif yang mungkin, sehingga perlu dibentuk desain proses untuk mencocokan situasi yang mungkin terjadi.

Menciptakan suasana riang akan tetapi serius

Melakukan sebuah perencanaan dan bekerja dengan komunitas untuk kepentingan masyarakat dilarang dianggap pekerjaan yang membosankan. Akan tetapi harus dipandang bahwa hal ini merupakan kesempatan untuk bertemu dengan banyak sekali macam abjad yang menyenangkan. Oleh sebab itu sangat diharapkan    hal-hal    yang    dapat    membuat suasana nyaman danmenyenangkan bagi semua orang yang terlibat, namun tetap serius pada  apa yang akan diraih dalam perencanaan yang dilakukan.

Menghormati kultur lokal

Harus benar-benar dipastikan bahwa pendekatan yang akan dilakukan sesuai dengan konteks kultural dimana proses itu berlangsung. Oleh sebab itu harus dipertimbangkan permasalahan perilaku terhadap gosip gender, hubungan informal, pengelompokan sosial, cara bersikap di depan umum dan lain-lain.

Adapun data sekunder diperoleh dari intansi, dan/atau organisasi, dan/atau perusahaan, dan/atau lembaga, yang berkaitan. Yaitu berkaitan dan/atau berkepentingan dengan perjuangan pengembangan tembakau White Burley di wilayah Kabupaten Lumajang pada khususnya, maupun  di Indonesia dan/atau di Provinsi Jawa Timur pada umumnya.


Daftar Pustaka

German Governmental Cooperation. 1996. Model Pelatihan Logical Framework Analisys (LFA): Proyek Pengembangan Wilayah Rehabilitasi Lahan Kritis dan Perlindungan Sumberdaya  Alam dan Lingkungan Hidup. Padang: German Governmental Cooperation.

Mikkelsen, B. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Teori Pendekatan Lfa (Logical Frame Work Analysis)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel