Teks Biografi (Contoh, Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Strukturnya) Lengkap

Teks Biografi - Bercerita wacana seseorang, wacana prestasi, jasa-jasa, riwayat hidup dan lain sebagainya, akan lebih terasa terang apabila kita menceritakan dengan memakai sebuah tulisan. Karna dengan adanya goresan pena akan menciptakan suatu kisah akan terasa lebih terang dan sanggup dengan gampang untuk di fahami oleh para pembaca. salah satu jenis goresan pena yang sanggup dipakai untuk hal tersebut yaitu teks biografi. Lantas apa itu teks biografi ? dan bagaimana ciri - cirinya ?

Pada kesempatan kali ini saya sebagai penulis akan mencoba mengajak para pembaca sekalian untuk memahami secara detail segala hal yang berkaitan dengan teks biografi, yang di mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, dan kaidah bahasa yang dipakai dalam teks biografi itu sendiri. dan juga untuk lebih mempermudah pemahaman, kami akan memperlihatkan beberapa teladan terkait dengan teks biografi. selamat belajar.

 akan lebih terasa terang apabila kita menceritakan dengan memakai sebuah goresan pena TEKS BIOGRAFI (Contoh, Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Strukturnya) LENGKAP

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi yaitu suatu karya tulis yang kontennya memuat riwayat atau kisah wacana seseorang (Misal seorang tokoh). Teks biografi memang khusus di buat untuk menceritakan kisah riwayat hidup seseorang yang di anggap penting, menarik, unik, atau karna seseorang tersebut dianggap sebagai seorang tokoh penting oleh penulis. Definisi biografi yang lain yaitu keterangan atau kisah perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata.

Silahkan Baca juga:
Teks Eksplanasi
Teks Eksposisi
Teks Anekdot

Definisi pengertian biografi jikalau ditinjau dari segi etimologi, kata biografi sendiri berasal dari bahasa yunani yang didasarkan pada kata bios yang berkmakna Hidup dan kata graphien yang bermakna tulis. Berdasarkan kedua kata tersebut sanggup ditarik kesimpulah  bahwa definisi pengertian biografi berdasarkan terminologi yaitu riwayat kehidupan yang ditulis. Kaprikornus Biografi yaitu sebuah karya tulis yang berisikan kisah wacana riwayat kehidupan seseorang.

Dengan adanya biografi, kita sanggup mengetahui banyak hal wacana seseorang mencakup karya, kejadian, misteri hidup, dan lain sebagainya dengan klarifikasi berupa prilaku atau tindakan dalam kehidupan seseorang yang ditulis kedalam teks biografi tersebut. Memang biografi sifatnya umum, siapa pun ia sanggup di muat dalam teks biografi. Namun pada umumnya seseorang yang di tulis dalam biografi yaitu seorang tokoh. Contohnya yaitu biografi mario teguh, biografi iwan fals, biografi chairil anwar, biografi soekarno, biografi albert einstein, biografi ra kartini, dan lain sebagainya. Dan umumnya ketika ini biografi ditulis secara kronologis.

Dalam penulisan teks biografi, biasanya penulis memerlukan materi atau sumber pendukung yang berkaitan dengan seseorang yang hendak ditulisnya kedalam sebuah teks biografi. materi atau sumber pendukung  tersebut sanggup berupa surat - surat, buku harian, benda, karya, foto, dan lain sebagainya. Dan tidak lupa lagi, sumber yang penting bagi penulis biografi yaitu refrensi buku - buku yang sebelumnya membahas dan menceritakan tokoh yang berkaitan (jika ada).

Jenis - Jenis Teks Biografi

Sering kita jumpai banyak sekali macam karangan teks biografi yang ditulis di buku, artikel, majalah, blog, dan lain sebagainya. Namun terkadang kita merasa galau sesudah melihat banyak sekali macam biografi yang berbeda-beda. Pada umumnya, jenis dari biografi itu sendiri ada dua, yaitu biografi singkat dan biografi panjang.

#1. Teks Biografi Singkat
Pengertian biografi singkat yaitu sebuah teks karangan biografi yang hanya memuat konten wacana fakta - fakta, Peran penting, Serta karya - karya yang telah di hasilkannya menyerupai inovasi sebuah teori, inovasi alat, dan lain sebagainya. Bigorafi singkat ini sering kita jumpai dalam artikel, majalah, atau blog.

#2. Teks Biografi Panjang
Pengertian biografi panjang yaitu sebuah teks karangan biografi yang memuat banyak sekali macam informasi baik itu fakta, peran, karya, keluarga, pendidikan, daerah tinggal, hal yang di sukai dan lain sebagainya secara lengkap yang lalu dikisahkan dengan lebih mendetail dan di ceritakan dengan memakai gaya bahasa yang menarik.

Ciri - Ciri Teks Biografi

Dalam membedakan teks biografi dengan teks - teks yang lain menyerupai teks eksplanasi, teks eksposisi, teks prosedur, teks berita,dan lain sebagainya sanggup kita amati dari ciri teks biografi itu sendiri. berikut yaitu beberapa ciri - ciri teks biografi :

  • Miliki srtuktur yang terang mencakup orientasi, persoalan atau peristiwa, dan reorientasi
  • Kontens yang disajikan merupakan fakta yang di sajikan dalam sebuah narasi.
  • Faktualnya insiden hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi.
  • Menggunakan komponen penting dalam penulisannya yang meliputi:
    • Judul Biografi
    • Hal yang menarik dan mengesankan dari sang tokoh dalam biografi
    • Hal yang mengagumkan dan mengharukan dari sang tokoh dalam biografi
    • Nilai - nilai yang sanggup diteladani dan dicontoh dari kehidupan sang tokoh

Struktur Teks Biografi

Seperti yang telah disinggung pada bab ciri - ciri biografi diatas bahwa teks biografi mempunyai struktur yang jelas. Struktur teks biografi itu sendir yaitu sebagai berikut :

#1. Orientasi
Pada bab awal (orientasi), pada umumnya menjelaskan pengenalan tokoh dalam biografi. Pada bab ini, penulis mulai mengenalkan siapa tokoh yang di tulisnya. Selain itu, penulis juga memperlihatkan pencapaian prestasi yang telah di capai oleh tokoh tersebut. Hal tersebut dikarenakan penulis ingin memperlihatkan bahwa tokoh yang ditulisnya itu memang menarik untuk di baca.

#2. Masalah atau Peristiwa Penting
Setalah penulis mengenalkan sang tokoh, lalu dilanjutkan klarifikasi wacana persoalan - persoalan atau insiden - insiden penting yang pernah di alami sanga tokoh dalam biografi tersebut. Saat ini gaya pembasan persoalan yang dipakai dalam menjelaskan persoalan atau insiden tersebut yaitu secara kronologis. dan juga Hal-hal yang mengesankan, menarik, mengagumkan, dan mengharukan pernah dialami sang tokoh dalam biografi tersebut, diuraikan pada bab yang kedua ini.

#3. Reorientasi
Bagian ketiga ini yaitu bab penutup, Namun bab ini bersifat opsional (boleh ada, boleh tidak). Di bab ini penulis memperlihatkan klarifikasi wacana pendapat atau pandangan langsung terhadap tokoh dalam biografi. Pandangan tersebut sanggup berupa pandangan negatif dan juga positif, itu tergantung penulisnya.

Contoh Teks Biografi Singkat Seorang Pahlawan

Tokoh Emansipasi Wanita Indonesia "Biografi Ra Kartini"

 akan lebih terasa terang apabila kita menceritakan dengan memakai sebuah goresan pena TEKS BIOGRAFI (Contoh, Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Strukturnya) LENGKAP

Raden ajeng kartini atau yang bersahabat disebuat R.A Kartini yaitu salah satu pahwalan nasional yang dikenal sebagai Pahlawan  yang memperjuangkan Emansipasi Wanita Indonesia. Wanita kelahiran asal kota jepara pada 21 april 1897 merupakan putri dari R.M. Sosroningrat, putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV, seorang aristokrat yang menjabat sebagai bupati jepara.

Di usia ke 20-an, Ra Kartini menaruh perhatiannya pada persoalan - persoalan sosial khususnya persoalan sosial yang terjadi pada perempuan yang ada di jawa, menyerupai perempuan harus dipingit, tidak bebas dalam menuntuk ilmu atau belajar, serta adanya watak yang mengekang kebebasan perempuan. Menurutnya, seorang perempuan perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum.

Keprihatinan R.A kartini dituangkan kedalam goresan pena dan surat-surat yang di krimkan kepada belanda dan media surat kabar. dalam surat - surat tersebut R.A kartini mengemukakan gagasan gres mengenai emansipasi atau persamaan hak perempuan pribumi. Gagasan tersebut dianggap hal gres yang akan sanggup merubah pola pikir masyarakat. Tidak hanya itu, tulisan-tulisan Kartini juga berisi wacana makna  peri kemanusiaan dan juga Nasionalisme, Kebijaksanaan dan Keindahan, dan Ketuhanan.

Tulisan dan surat - surat R.A Kartini lalu mendapat perhatian dari banyak sekali macam kalangan dari seluruh dunia. Terdapat beberapa pihak yang lalu mengumpulkan surat dan goresan pena kartini yang di susun lalu menjadi beberapa buku yang diantara yaitu sebagai berikut:

  1. Habis Gelap Terbitlah Terang
  2. Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya
  3. Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904
  4. Panggil Aku Kartini Saja (Karya Pramoedya Ananta Toer)
  5. Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya
  6. Aku Mau ... Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903.

Gagasan R.A kartini telah merubah pola fikir masyarakat khusunya persoalan emansipasi atau persamaan hak perempuan pribumi. Seiring dengan perubahan pola fikir masyarakat wacana persamaan hak wanita, mulai semenjak itu perempuan banyak yang mendapat perlakuan yang baik layaknya kaum laki - laki. dan sudah sepantasnya R.A kartini mendapat julukan sebagai jagoan emansipasi perempuan indonesia.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Contoh Teks Biografi Lengkap dengan Pengertian, Ciri, Jenis, dan Strukturnya yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur. Semoga bermanfaat dalam penyusunan makalah Teks Biografi anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Teks Biografi (Contoh, Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Strukturnya) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel