#4 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)

Tidak ada satu ibadah pun yang tidak mengandung manfaat yang baik bagi hamba yang melakukannya. demikian juga dengan pelaksanaan puasa sunnah arafah ini. puasa Arafah mempunyai dua manfaat, yaitu lahir dan batin yang akan didapatkan oleh seseorang yang melakukannya. ada beberapa hadis yang menjelaskan wacana keutamaan puasa hari Arafah ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

Tidak ada satu ibadah pun yang tidak mengandung manfaat yang baik bagi hamba yang melakuka #4 Keutamaan dan Manfaat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)

#1.Menghapus dosa yang lalu

Tidak gampang menggapai pengampunan dari Allah SWT bila tidak bersamaan dengan Hidayah dan petunjuknya. sejatinya, petunjuk dari Allah swt, selalu ada setiap saat, tinggal seberapa besar seorang hamba bersedia dan menyediakan diri untuk mendapatkan petunjuk tersebut. Salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai petunjuk ialah momentum puasa Arafah ini. Allah SWT menyediakan waktu yang khusus untuk dipergunakan secara baik oleh hambanya melalui Rasul Nya, semoga dosa dan kesalahan yang pernah ia lakukan sanggup diampuni oleh Allah SWT. dengan demikian melaksanakan puasa Arafah merupakan wujud perjuangan seorang hamba semoga dosa yang pernah dilakukan berganti dengan ampunan-nya.

Suatu ketika Rasulullah ditanya oleh para sahabatnya wacana puasa hari Arafah kemudian Rasulullah SAW menjawab dengan sangat singkat tetapi mengandung makna yang sangat gampang dipahami bila seorang hamba bisa melaksanakan maka ia akan tergolong orang yang akan beruntung Rosululloh SAW bersabda:
Puasa di hari Arafah menghapuskan dosa setahun yang kemudian dan setahun yang akan tiba (HR muslim)
Dari hadits tersebut sanggup dipahami bahwa seseorang yang melaksanakan puasa Arafah bisa mengakibatkan mendapatkan Anugrah dan ampunan dari Allah SWT atas dosa yang dilakukan setahun yang kemudian dan mengampuni setahun kemudian dalam hadis lain Rasulullah s a w bersabda:
Aku berharap kepada Allah semoga puasa hari Arafah sanggup menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya HR muslim
Dengan demikian, selayaknya sebagai hamba yang telah diberikan momentum yang baik ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, niat kan untuk melaksanakan puasa hari Arafah tersebut, walau kita tidak bisa untuk berpuasa selama 8 hari sebelumnya yaitu mulai tanggal 1 Dzulhijjah.

inilah salah satu diantara banyak momentum yang sengaja disediakan oleh Allah untuk mengakibatkan hamba-nya sebagai hamba yang senantiasa berada di jalan dan ampunan-nya. sehingga, hidup seorang Menjadi senang lahir dan batin.


#2. Membebaskan Seseorang dari Api Neraka

Pembebasan dari neraka merupakan ketika yang sangat ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang perbuatan mereka di dunia kurang beruntung. akan tetapi, Allah SWT maha pengampun yang mengampuni hambanya dengan banyak sekali macam cara dan sebab. salah satunya dengan puasa Arofah. puasa Arafah menjadi hari yang akan membebaskan hamba dari siksa api neraka. hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah saw:
Tidak ada hari yang didalamnya Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada di hari Arafah (HR Muslim)
Mari raih momentum pembatalan dosa dengan puasa di hari Arafah ini, yang hanya tiba hanya sekali dalam setahun


#3. Sehat Lahir Batin 


hal ini Tidak diragukan lagi. bagi setiap orang yang melaksanakan ibadah puasa, secara fisik akan mendapatkan kesehatan yang Prima. sebuah kesehatan yang sejati, yang akan mensugesti organ-organ dalam manusia. selama menjalankan puasa Arafah, organ badan seseorang beristirahat, sehingga pada waktu selanjutnya ia akan menjadi pulih serta sehat dan Prima.


#4. Kontemplasi dan Motivasi 

Puasa Arafah dilakukan bersamaan dengan ibadah Wukuf para jamaah haji di Makkah. hal ini akan membawa pelakunya pada sebuah kesadaran religius untuk merenungkan banyak sekali macam makna yang terkandung dalam semua proses ibadah haji. mungkin saja ia belum melaksanakan ibadah haji, akan tetapi secara kesadaran ia telah hingga pada pemahaman yang mendalam. sehingga ia akan selalu Merenungkan apa pun yang telah ia rasakan dalam hidupnya.

Proses ibadah haji yang berpuncak di padang Arafah, yang menghampar luas, dengan segala macam insan yang berasal dari seluruh dunia, akan menjadi kesadaran yang menempel bagi pelaku puasa Arofah. Ini sebabnya orang yang bisa melaksanakan puasa Arofah, diganjar dengan Anugrah Pengampunan Dosa 1 tahun yang kemudian dan 1 tahun kemudian. hal ini tidak terlepas dari kandungan makna yang sangat penting untuk direnungkan berkaitan dengan momen ini.

Manfaat puasa arofah lainnya ialah menciptakan seseorang termotivasi untuk meraih ibadah yang banyak diimpikan oleh semua orang. akan tetapi tidak semua orang bisa melaksanakan hal tersebut. alasannya ialah momentum puasa ini bersamaan dengan ibadah haji. dengan perjuangan yang keras disertai dengan doa kepada Allah SWT, dia akan membukakan Jalan bagi hambanya, sehingga makna dan manfaat puasa arofah sangat menyentuh kesadaran batin pelakunya.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan #4 Keutamaan dan Manfaat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) yang kami rangkum. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami serta mohon maaf apabila ada kesalahan.

Belum ada Komentar untuk "#4 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Arafah (9 Dzulhijjah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel