Sumber Sejarah Dibagi Menurut Urutan Penyampaiannya

Sumber Sejarah Dibagi Berdasarkan Urutan Penyampaiannya


Berdasarkan urutan penyimpanannya, sumber-sumber sejarah dibagi dalam beberapa jenis yakni:

Sumber Primer (Sumber Pertama)

Sumber Primer, yaitu peninggalan ash sejarah, ibarat prasasti, kronik, piagam, candi yang benar-benar berasal dan zamannya.

Sumber Sekunder (Sumber Kedua)

Sumber Sekunder yaitu benda-benda tiruan dan benda aslinya atau sumber-sumber kepustakan sebagai hasil penelitian ahli-ahli sejarah, ibarat : prasasti tinulad (tiruan), laporan penelitian, dan terjemahan kitab-kitab kuno.


Sumber Tersier (Sumber Ketiga)

Sumber Tersier, yaitu berupa buku-buku sejarah yang disusun menurut laporan penelitian mahir sejarah tanpa melaksanakan penelitian langsung.

Sumber primer adalah sumber yang paling baik untuk dipakai dalam menyusun cerita sejarah. Semakin jauh sumber sejarah dan bend a aslinya, maka semakin besar kemungkinan terjadi pembiasan makna. Demikian halnya, semakin banyak sumber sejarah yang ditemukan, semakin cermat para mahir sejarah melaksanakan penyusunan sejarah. melaluiataubersamaini terbukanya penemuan-penemuan gres bagi peninggalan-peninggalan sejarah, maka selalu terbuka kemungkinan untuk melaksanakan revisi terhadap goresan pena atau karya sejarah yang ada.

Sumber Pustaka: Yudhistira

Belum ada Komentar untuk "Sumber Sejarah Dibagi Menurut Urutan Penyampaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel