Komunikasi (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Syaratnya) Lengkap

Pengertian Komunikasi adalah suatu kegiatan memberikan dan mendapatkan pesan atau suatu isu dari satu individu ke individu lain. kegiatan komunikasi tidak terbatas oleh ruang dan waktu yang berarti komunikasi tersebut sanggup dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja, dan bagaimana saja. Oleh alasannya itu, komunikasi sangatlah mungkin terjadi di lingkungan kita, baik secara pribadi atau secara publik.


 suatu kegiatan memberikan dan mendapatkan pesan atau suatu isu dari satu individu ke KOMUNIKASI (Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya) LENGKAP


Komunikasi dalam penerapannya sanggup dibagi menjadi dua, yaitu ada komunikasi interpersonal dan ada komunikasi organisasi. Komunikasi Interpersonal atau biasa disebut dengan komunikasi antar pribadi yakni suatu proses transfer isu  yang terjadi dan dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam suatu kelompok kecil. sedangkan komunikasi organisasi yakni suatu proses transfer isu yang terjadi dan dilakukan oleh banyak orang dalam lingkum suatu organinasi yang bersifat eksternal. Kedua komunikasi tersebut juga dalam kegiatannya mempunyai suatu tujuan yang sama, yaitu:


Tujuan Komunikasi

#1. Mentransfer pengetahuan Komunikator kepada Komunikan
Pengetahuan yakni hasil dari cipta karsa karya insan yang dimiliki oleh setiap individu masing-masing. dalam ilmu pengetahuan, ilmu yang dimiliki oleh satu individu hendaknya di transfer kepada individu yang lain. dalam kegiatan transfer ilmu atau isu tersebut memerlukan adanya suatu komunikasi.

#2. Memahami kondisi dan keadaan orang lain

Kondisi atau keadaan akan orang lain yang jauh dari jangkauan panca indra kita sanggup diketahui dengan memakai komunikasi. Dengan berkomunikasi secara pribadi maupun tidak pribadi kita sanggup mengetahui kondisi dan keadaan orang lain dengan cara memakai kemampuan untuk mendengar, melihat, dan lain sebagainya.

#3. Agar pendapat dan gagasan kita di terima orang lain

Dengan berkomunikasi, kita bebas bereksplorasi dan berargumentasi. keinginan atau tujuan komunikasi yang ketiga ini yakni supaya gagasan kita sanggup diterima orang lain. untuk mencapain tujuan tersebut kita bisa memakai pendekatan persuasif supaya gagasan kita gampang diterima oleh orang lain.

#4. Memberi isyarat terhadapa orang lain

Poin keempat ini berafiliasi dengan poin ketiag. ketiga gagasan kita sudah diterima melaui pendekatan persuasif sehingga menghasilkan suatu persepsi yang sama dengan orang lain, kita sanggup memperlihatkan isyarat kepada orang lain sesuai dengan apa yang kita hendaki.

Fungsi Komunikasi


#1. Fungsi Pengendali Prilaku

Beberapa pendapat para mahir menyatakan bahwa komunikasi berfungsi sebagai pengendali prilaku orang lain atau anggota dalam suatu kelompok tertentu. pada umumnya komunikasi tersebut berbentuk dalam sebuah peraturan yang telah disepakati oleh beberapa orang atau anggota yang lainnya.

#2. Fungsi Pengungkap Emosional

Fungsi komunikasi yang kedua yaitu komunikas mempunyai peranan dalam mengungkapkan perasaan-perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, bahagia, sedih, kecewa, suka atau tidak suka, dan lain sebagainya. tujuan dari fungsi ini yaitu untuk memperlihatkan citra kondisi atau keadaan akan kondisi individu kepada individu yang lain.

#3. Fungsi Pemberi Motivasi

Fungsi komunikasi salah satunya yakni sebagai pemberi motivasi. melalui komunikasi kita sanggup memperlihatkan sugesti, saran, kebaikan, dan motivasi kepada orang lain dengan keinginan akan terjadi suatu perubahan yang baik.

#4. Fungsi Pemberi Informasi

Dengan berkomunikasi kita bisa memperlihatkan isu kepada orang lain dalam segala hal. isu yang kita berikan tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang lain salah satunya untuk mengambil sebuah keputusan menurut isu yang kita berikan kepadanya.

Syarat Adanya Suatu Komunikasi

Layaknya sebuah kegiatan pada umumnya, kegiatan komunikasi juga terdapat syarat-syarat tertentu dalam adanya sebuah kegiatan komunikasi. Syaratnya yakni sebagai berikut:

#1. Harus Ada Sumber Komunikasi
Sumber yakni dasar penyampaian dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber bisa berbnentuk alasan mengapa pesan itu disampikan, dari siapa asal muasal pesan tersebut, kemudian apa yang menjadikan pesan itu ada, dan lain sebagainya.  

#2. Harus Ada Komunikator (Pembiacara)

Komunikato atau pembicara yakni seseorang yang memberikan isu / pesan kepada seseorang yang lain dengan tujuan tertentu.

#3. Harus ada pesan yang disampaikan

Pesan dalam kegiatan komunikasi merupakan hal yang sangat penting adanya. dengan adanya pesan atau isu maka kegiatan komunikasi sanggup berlangsung, namun sebaliknya jikalau tidak ada pesan maka kegiatan komunikasi tidak sanggup di laksanakan.

#4. Harus ada kanal yang digunakan

Saluran dalam kegiatan komunikasi yakni media yang dipakai penyampaian pesan. kanal ini ada dua yaitu kanal formal atau resmi ( Mengikuti garis wewenang organisasi) dan kanal tidak formal atau tidak resmi (Saluran yang berupa desas desus, Kabar burung, kabar angin).

#5. Harus ada Komunikan (Pendengar)

Komunikan dalam kegiatan komunikasi yakni lawan dari komunikator, yaitu orang yang mendapatkan pesan atau isu yang disampaikan oleh komunikator. 

#6. Hasil dari Kegiatan Komunikasi

Biasanya hasil dari kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yakni perubahan sikap. perubahan perilaku yang dihasilkan sanggup berupa perubahan perilaku yang positif dan perubahan perilaku yang negatif, tergantung apa isi pesan dan bagaimana proses komunikasi atau interaksi tersebut.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Pengertian Komunikasi Lengkap dengan Fungsi, Tujuan, dan Syaratnya yang kami rangkum dari beberapa literatur online. semoga bermanfaat kiprah makalah komunikasi anda dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Komunikasi (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Syaratnya) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel