Strategi Penetapan Harga Produk Lengkap Dengan Pilihan Tekniknya

Ketika suatu perusahaan telah memutuskan harga dasar dari suatu produk barag atau jasa maka perusahaan sanggup memilih seni administrasi harga dengan mempertimbangkan banyak sekali faktor menyerupai harga kompetitor, tujuan perusahaan, dan daur hidup produk. Strategi tersebut sanggup digunakan untuk produk yang   baru maupun produk yang usang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Berikut ini merupakan banyak sekali pilihan teknik atau seni administrasi penentuan harga:

Ketika suatu perusahaan telah memutuskan harga dasar dari suatu produk barag atau jasa mak Strategi Penetapan Harga Produk Lengkap Dengan Pilihan Tekniknya#1. Strategi penetapan harga produk baru

a. Skimming price
Strategi skimming ialah memutuskan harga awal yang tinggi dikala produk gres diluncurkan dan semakin usang akan terus menurun harganya.

b. Penetration price/ harga penetrasi
Strategi harga penetrasi ialah memilih harga awal yang rendah serendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas brand dari konsumen.

#2. Strategi penetapan harga yang menghipnotis psikologis konsumen

a. Prestige Pricing
Strategi harga prestige price ialah memutuskan harga yang tinggi demi membentuk image kualitas produk yang tinggi yang umumnya digunakan untuk produk shopping dan specialty.

b. Odd pricing atau harga ganjil
Strategi harga odd price ialah memutuskan harga yang ganjil atau sedikit dbawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis pembeli akan menerka produk yang akan dibeli akan lebih murah.

c. Multiple-unit pricing atau harga rabat
Strategi harga multiple-unit price ialah memperlihatkan penggalan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yang banyak.

d. Price lining
Stretegi harga lining pricing ialah memperlihatkan cangkupan harga yang berbeda pada lini produk yang berbeda.

e. Leader pricing
Strategi harga leader price ialah memutuskan harga lebih rendah daripada harga pasar atau harga normal untuk meningkatkan omset penjualan atau pembeli.

3.Strategi penetapan harga diskon atau penggalan harga

Strategi harga diskon pada penjual ialah seni administrasi dengan memperlihatkan penggalan harga dari harga yang sudah ditetapkan demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon sanggup diberikan dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai atau cash, trade discount.

#4. Strategi penetapan harga kompetitif

a. Relative pricing
Strategi harga relative price ialah memilih harga diatas, dibawah atau sama dengan tingkat harga persaingan dimana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.

b. Follow the leader pricing
Strategi harga folloe the leader price ialah penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkan para pimpinan pasar atau pemimpin pasar dan tidak memutuskan harga sendiri.

Demikian Ulasan artikel kami terkait dengan Strategi Penetapan Harga Produk Lengkap Dengan Pilihan Tekniknya yang kami lansir dari buku aliran praktikum administrasi rantai pasok pada jurusan agribisnis fakultas pertanian universitas jember. Terima kasih dan agar bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Strategi Penetapan Harga Produk Lengkap Dengan Pilihan Tekniknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel