Present Perfect Continuous Tense (Pengertian, Rumus, Teladan Kalimat, Fungsi) Lengkap

Dalam bahasa inggris terdapat macam - macam tenses, salah satu dari macam - macam tenses tersebut yaitu Present Perfect Continuous Tense. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan bentuk tenses ini yang mencakup pengertian, rumus, pola kalimat, fungsi, dan perbedaannya dengan present perfect tense. untuk lebih jelasnya, berikut yaitu ulasan singkatnya. 
 macam tenses tersebut yaitu Present Perfect Continuous Tense PRESENT PERFECT CONTINUOUS TENSE (Pengertian, Rumus, Contoh Kalimat, Fungsi) LENGKAP

Pengertian Present Perfect Continuous Tense

Present perfect tense yaitu salah satu bentuk kalimat dalam bahasa inggris yang sanggup dipakai untuk mengambarkan bahwa suatu peristiwa, perbuatan, atau insiden yang terjadi pada masa lampau dan masih berlangsung hingga ketika di bicarakan. 

Kalimat bentuk ini menunjukkan insiden yang masih dalam proses dan mungkin sanggup berkembang hingga ketika yang akan datang. Artinya tedapat durasi waktu tertentu yang di gunakan dalam kalimat bentuk ini. Durasi waktunya mempunyai relevansi yang cukup tinggi dengan kondisi pada ketika ini. Contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  • When i came to bandung in 2003, he has been living there about five years.
Berdasarkan pola kalimat diatas terlihat bahwa ia telah tinggal di bandung semenjak 2003. dan kini di masih tetap tinggal di bandung. 

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Susunan kalimat Pengertian Present Perfect Continuous Tense terdiri dari adanya auxliliary verb yang berupa "Have" dan "Has", dan lalu di ikuti oleh verb - ing. uxliliary verb yang berupa "Have"  di peruntutkan untuk subjek I, You, They,dan We. Sedang auxliliary verb yang berupa "Has " di peruntutkan untuk subjek He, She, It, dan kata ganti orang ketiga.

Pada umumnya, kata kerja (verb) yang di gunakan pada present perfect continuous tense adalah dynamic verb, bukan stative verb. Hal tersebut di karenakan stative verb tidak mempunyai bentuk continuous.
Kalimat Rumus Contoh Kalimat Present Perfect Continuous
Positive (+) S + have/has + been + V1-ing/present participle He has been swimming
They have been sleeping
Negative (-) S + have/has + not + been + V1-ing/present participle He has not been swimming
They have not been sleeping
Introgrative (?) have/has + S + been + V1-ing/present participle Has he been swimming ?
Have They been sleeping ?

Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Fungsi Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense
Present Perfect Continuous untuk menyatakan insiden yang di mulai pada masa lampau dan hingga ketika kini masih berlangsung. I have been writing some letters to friends on mine (sayang telah sedang menulis beberapa surat untuk teman - teman saya)
He's been taking some photos about the life if the people in that village. (dia telah mengambil beberapa foto mengenai kehidupan orang - orang di kampung itu)
They have been doing it very well. (mereka telah melakukannya dengan baik)
Present Perfect Continuous untuk menyatakan suatu insiden yang gres saja terjadi yang efeknya masih terasa ketika ini dan terjadi secara berulang -ulang It has been raining. The street covered with wather (Baru saja turun hujan. Jalan tergenang air hujan)
Have you been smoking ? I can smell tobacco in your clothes. (Apakah kau gres saja merokok? saya bisa mencium wangi rokok pada bajumu.
Many customer have benn complaining about that. (banyak pelanggan yang telah berkali - kali mengeluh perihal hal itu)
Present Perfect Continuous untuk menyatakan atau menanyakan seberapa usang sesuatu telah berlangsung (proses). Kata yang biasa dipakai yaitu how long How long you have learning english ? (Berapa usang kau telah sedang mempelajari bahasa inggris?)
We have been watching TV since 4pm this afternoon. (Kita telah sedang menyaksikan nonton TV semenjak pukul 04.00 sore ini)
I've been swimming sice two o'clock (saya telah sedang berenang semenjak jam dua)

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Present perfect continuous tense. Semoga bermanfaat dalam pengembangan kemampuan bahasa inggris anda. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Present Perfect Continuous Tense (Pengertian, Rumus, Teladan Kalimat, Fungsi) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel