Perbedaan Dan Persamaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense, sekilas mengatakan kemiripan diantara keduanya dalam hal waktu berlangsungnya suatu perubahan. Namun kedua tenses tersebut memiliki perbedaan yang mendasar, yaitu pada pementingan keberlangsungan suatu perubahan tersebut. Berikut ini yaitu beberapa persamaan dan perbedaan antara present perfect tense dan present perfect continuous tense.

 sekilas mengatakan kemiripan diantara keduanya dalam hal waktu berlangsungnya suatu peru Perbedaan dan Persamaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense

Persamaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense

Kedua tenses tersebut sama-sama menyatakan perbuatan yang sudah dilakukan pada masa lampau, dan kini pekerjaan tersebut masih berlaku. selanjutnya kedua teks tersebut sanggup dibubuhi dengan keterangan waktu. rujukan kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  1. I have worked there for three month. - (Present Perfect Tense)
  2. I have been worked there for three month. - (Present Perfect Continuous Tense)


Kedua kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia berarti saya sudah bekerja di sini selama 3 bulan for three month merupakan keterangan waktu yang digunakan dalam kalimat di atas dan empat yang paling mengatakan jenis tenses ini.

Perbedaan Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense

Sekilas memang kedua tenses tersebut serupa, akan tetapi apabila dilihat lebih lanjut, terdapat perbedaan baik dalam penggunaan maupun dalam perbuatan. menyerupai pada kalimat diatas, apabila keterangan waktunya tidak dicantumkan akan mengandung pengertian yang berbeda. Contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  1. I have worked there. - (Saya telah bekerja disana)
  2. I have been working there. - (Saya telah sedang / masih bekerja di sana 
Berdasarkan rujukan tersebut, perbedaan kedua tenses terletak pada tekanan keberlangsungannya suatu pekerjaan. present perfect tense lebih menekankan pada berakhirnya suatu acara (not in action). Sedangkan present perfect continuous tense menekankan pada keberlangsungannya suatu pekerjaan (in action). Selain itu present perfect continuous tense sanggup menggunakan keterangan waktu atau tidak artinya tidak akan berubah.

Dalam hubungannya antara in action dan not in action, perlu diperhatikan kata kerja yang sanggup dinyatakan dengan bentuk simple present perfect tense atau dengan present perfect continuous tense seperti: expect (berharap), hope (berharap), learn (belajar), lie (berdusta), live (tinggal), look (melihat), rain (hujan), sleep (tidur), sit (duduk), stand (berdiri), teach (mengajar), wait (menunggu), want (menginginkan), work (bekerj). Contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:
  1. He has lived here fo six weeks. - (dia telah tinggal disini selama enam minggu)
  2. He has been living here for six weeks. - (dia telah sedang tinggal disini selama enam minggu)
  3. How long have you learnt english ?. - (berapa usang kau telah mempelajari bahasa inggris?)
  4. How long have been learning english ?. - (berapa usang kau telah sedang mempelajari bahasa inggris ?)
Disamping itu yaitu beberapa kata kerja lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaanya, Kata - kata tersebut yaitu sebagai berikut:

#A - To Be
Hanya digunakan untuk bentuk present perfect tense. Contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:
  1. How long has he been sick ?. - (berapa usang ia menderita sakit)
  2. He has been sick for three days. - (dia menderita sakit selama tiga hari)
Tidak boleh:
  1. How long has he been being sick ?
  2. He has he been being sick for three days.

#B - To Wait
Hanya digunakan untuk present perfect continuous tense. Hal ini sesuai dengan konteks kalimat yang sanggup di gambarkan dalam rujukan di bawah ini.
  1. How long have you been waiting for me?. - (berapa usang kau telah sedang menunggu saya?)
  2. I have been waiting for you for almost one hour. - (saya telah sedang menunggu kau selama hampir satu jam)
Tidak boleh:
  1. How long have you waited for me ?
  2. I have waited for you for almost one hour.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Perbedaan dan Persamaa Present Perfect dan Present Perfect Continuous Tense yang kami rangkum dari beberapa literatur. Semoga sanggup menambah pemahaman anda wacana grammer. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Dan Persamaan Present Perfect Dan Present Perfect Continuous Tense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel