Pengertian Persoalan Penelitian, Cara Merumuskan, Contoh, Dan Bentuk Persoalan Penelitian

Pengertian problem berdasarkan para ahli yaitu kesenjangan atau penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang bekerjsama terjadi. problem sanggup dikatakan sebagai sesuatu yang memerlukan pemecahan / solusi. pemecahan problem tersebut dilakukan melalui penelitian, sehingga intinya penelitian dilakukan untuk mendapat data yang sanggup dipakai untuk pemecahan suatu masalah.

 yaitu kesenjangan atau penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang bekerjsama te Pengertian Masalah Penelitian, Cara Merumuskan, Contoh, dan Bentuk Masalah Penelitian


Seorang peneliti sanggup menemukan problem di lingkungan kerja sendiri. bisa juga ditemui di lingkungan masyarakat, seperti: problem kepemimpinan, cara meningkatkan kinerja karyawan melalui pengembangan sumber daya manusia, metode berinvestasi bagi pegawai negeri karyawan dalam menghadapi masa pensiun, dan lain sebagainya, merupakan sebagian contoh kecil yang sanggup digagas sebagai tema penelitian.

Kunci utama untuk menemukan titik awal problem yang sanggup dicari jawabannya melalui penelitian yaitu kepekaan terhadap keadaan di sekitar lingkungan. artinya peneliti harus bisa "membaca" keadaan lingkungan, kemudian rajin membaca pustaka yang terkait dengan problem tersebut untuk mencari tahu apakah sudah pernah dijawab atau ditemukan oleh orang (peneliti) lain. sumber bacaan sanggup diperoleh dari buku contoh (hand book) sebagai pondasi gosip kerangka pikir, kemudian dilanjutkan membaca artikel di jurnal ilmiah sebagai gosip terkini.


Masalah penelitian seharusnya dirumuskan secara spesifik, sehingga sanggup dilakukan pengujian secara empiris. apabila problem yang dirumuskan terlalu umum, maka akan menyulitkan tahapan pemecahan problem lantaran pokok massa permasalahannya tidak jelas. hubungan antara ketepatan rumusan problem dan cara pemecahannya disajikan dalam tabel dibawah ini. diperlukan Penelitian yang dilakukan dengan rumusan problem benar maka cara pemecahan masalahnya juga benar.

No Ketepatan Rumusan Masalah Ketepatan Cara Pemecahan Masalah
1 Rumusan problem benar Cara Pemecahan problem benar
2 Rumusan problem benar Cara Pemecahan problem salah
3 Rumusan problem salah Cara Pemecahan problem benar
4 Rumusan problem salah Cara Pemecahan problem salah

Bentuk-bentuk problem penelitian 


Bentuk problem penelitian sanggup dikelompokkan menjadi tiga golongan. golongan golongan tersebut yaitu sebagai berikut: 

Permasalahan deskriptif 


permasalahan deskriptif yaitu suatu permasalahan yang berkaitan dengan pertanyaan terhadap keberadaan variabel mandiri, baik hanya pada suatu variabel atau lebih. penelitian ini tidak dimaksudkan untuk menciptakan perbandingan variabel satu dengan variabel lain dan juga tidak bermaksud mengetahui hubungan antar variabel. penelitian semacam ini disebut sebagai penelitian deskriptif.

Permasalahan asosiatif 


permasalahan komparatif permasalahan komparatif yaitu suatu permasalahan penelitian yang bersifat membandingkan variabel satu dengan variabel lainnya. 

Permasalahan asosiatif 


permasalahan asosiatif yaitu suatu pertanyaan penelitian yang bersifat menjelaskan hubungan antara dua variabel atau lebih. terdapat tiga bentuk hubungan yaitu: 
  • Hubungan simetris adalah suatu hubungan antara dua variabel atau lebih yang munculnya secara bersama 
  • Hubungan kausal adalah hubungan bersifat alasannya yaitu akibat. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen dan variabel dependen 
  • Hubungan interaktif / resiprokal /timbal balik yaitu hubungan yang saling menghipnotis dalam penelitian ini tidak diketahui variabel independen dan variabel dependen.
Perlu diingat bahwa tidak semua problem sanggup diteliti dan tidak semua problem penelitian sanggup dijawab. Oleh lantaran itu, biar suatu problem sanggup diteliti maka suatu problem atau pertanyaan penelitian harus sedemikian rupa, sehingga pengumpulan data akan sanggup memperlihatkan jawabannya. alasannya yaitu banyak problem atau pertanyaan penelitian yang tidak sanggup dijawab lantaran hanya didasarkan pada gosip pada umumnya. rumusan problem dalam penelitian dengan pendekatan kuantitatif meliputi beberapa persyaratan antara lain: 
  1. Masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan 
  2. Rumusan problem hendaknya terang dan padat 
  3. Rumusan problem harus didukung dengan adanya data 
  4. Rumusan problem mengandung hubungan dua variabel atau lebih dan 
  5. Rumusan problem berorientasi pada suatu teori tertentu


Contoh Merumuskan Masalah Penelitian

Berikut yaitu beberapa contoh rumusan problem berdasarkan pada judul penelitian yang telah ditetapkan 

#A. Judul penelitian : Pengaruh kepemimpinan dan pengembangan sumber daya insan terhadap kinerja karyawan 
Rumusan problem : 
  1. Apakah kepemimpinan kuat terhadap kinerja karyawan ?
  2. Apakah pengembangan sumber daya insan kuat terhadap kinerja karyawan ?
#B. Judul penelitian: Pengaruh rasio likuiditas dan financial leverage terhadap tingkat pengembangan investasi 
Rumusan masalah:
  1. Apakah likuiditas kuat terhadap tingkat pengembangan investasi ?
  2. Apakah financial leverage kuat terhadap tingkat pengembalian investasi ?
Demikian ulasan artikel kami yang berjudul Pengertian Masalah Penelitian, Cara Merumuskan, Contoh, dan Bentuk Masalah Penelitian. Semoga bermanfaat dalam pengetahuan dan penelitian anda. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. 
Sumber: Agung W.K., dan Zarah P.2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta; Pandiva Buku

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Persoalan Penelitian, Cara Merumuskan, Contoh, Dan Bentuk Persoalan Penelitian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel