Pengertian Dan Cara Gampang Menyusun Instrumen Penelitian Yang Baik Dan Benar

Pengertian dan Cara Praktis Menyusun INSTRUMEN PENELITIAN yang Baik dan Benar - Dalam kegiatan Penelitian, kita sebagai peneliti sering dihadapkan dengan suatu permasalah. Metode penelitian berfungsi sebagai suatu cara ilmiah yang sanggup dipakai oleh peneliti dalam menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapinya.  Oleh sebab itu, seorang peneliti sebelum melangkah ke tahap-tahap selanjutnya dalam metodologi peneliti, peneliti harus memahami tentang Masalah-Masalah yang ada dalam Penelitian. Suatu acara penelitian akan selalu berafiliasi dengan instrumen-instrumen dalam pengumpulan data.


Apa yang dimaksud dengan Instrumen?

sebelum kita mengetahui cara gampang menyusun instrumen penelitian, hendaknya kita sebagai peneliti mengetahui perihal apa yang dimaksud dengan istrumen penelitian. Pengertian Instrumen penelitian ialah suatu alat yang sanggup dipakai untuk pengumpulan data. Instrumen penelitian sangat dekat hubungannya dengan teknik pengumpulan data. Setiap teknik pengumpulan data akan mempunyai bentuk instrumen yang berbeda pula.

Namun terdapat hal yang Perlu kita pahami, bahwa tidak semua instrumen akan cocok dan baik untuk dipakai dalam semua jenis penelitian. Instrumen yang sanggup dipakai sangat tergantung pada jenis data yang diharapkan sesuai dengan dilema penelitian. Oleh sebab itu, sebelum kita memutuskan instrumen penelitian, maka terlebih dahulu kita perlu memahami jenis data yang akan kita kumpulkan dalam penelitian. Ketahuilah apa yang dimaksud data statistik dan data mentah

Degan Tanpa adanya instrumen penelitian yang tepat, penelitian tidak akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan atau bisa dikatakan penelitian tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Mengapa bisa emikian? Karena dalam acara penelitian yang dibutuhkan ialah data yang bersifat empiris, dan data tersebut hanya mungkin diperoleh melalui instrumen dan teknik pengumpulan data yang tepat. Dengan demikian instrumen penelitian akan sanggup memilih kualitas penelitian. Oleh sebab itu, instrumen penelitian harus disusun dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian ilmiah. berikut ialah cara penyusunan instrumen penelitian yang baik dan benar


Menganalisis Variabel Dalam Penelitian

Dalam Tahapan awal ini hendaknya kita mengetahui perihal apa yang dimaksud dengan variabel dalam penelitian. sehabis kita memahami perihal variabel selanjutnya kita langsung Menganalisis setiap variabel yang ada kemudian dikembangkan lagi  menjadi subvariabel. sehabis semua tersusun dengan rapi maka kemudian mengembangkannya kembali menjadi indikator-indikator. indikator merupakan langkah awal sebelum instrumen itu dikembangkan.

Tetapkan Jenis Instrumen Penelitian


Jenis instrumen akan sanggup ditetapkan saat peneliti telah memahami dengan niscaya perihal apa saja variabel dalam penelitian dan indikator penelitiannya. perlu di pahami, bahwa Satu variabel mungkin hanya memerlukan satu jenis instrumen atau meungkin memerlukan lebih dari satu jenis instrumen. oleh sebab itu, sebelum memutuskan instrumen yang akan dipilih dalam penelitian, hendaknya peneliti harus mempertimbangkan bobot dan kualitas intrumen yang akan dipilih.

Menyusun Kisi-kisi atau Layout Instrumen

Kisi-kisi instrumen akan dibutuhkan oleh peneliti, sebab kisi-kisi instrumen akan dipakai sebagai aliran dalam merumuskan item-item instrumen. Dalam kisi-kisi intrumen tersebut, haruslah sudah meliputi ruang lingkup bahan  tentang variabel penelitian yang dipilihnya, jenis-jenis pertanyaan yang akan dipakai dalam pengumpulan data, banyaknya pertanyaan yang akan diajukan, serta waktu yang dibutuhkan dalam melakukan peneliti. Namun tidak hanya itu, dalam kisi-kisi juga harus sanggup menggambarkan indikator atau abilitas dari setiap variabelnya masing-masing. Misalnya, untuk memilih prestasi berguru atau kemampuan subjek penelitian, diukur dari tingkat pengetahuan, pemahaman, dan sebagainya.

Menyusun Item Instrumen

Setelah kita Menyusun Kisi-kisi atau Layout Instrumen, balasannya akan dipakai dalam penyusunan item istrumen yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang akan dipakai dalam pengumpulan data. namun peneliti harus hati-hati dalam menyusun kisi-kisi peneliti, sebab penyusun Kisi-kisi atau Layout Instrumen yang kurang baik akan kuat besar terhadap item instrumen dan item pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.

Mengujicobakan Instrumen

Uji coba instrumen perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat reabilitas dan validitas serta keterbacaan setiap item dengan memakai metode-metode pengujian instrumen yang baik dan benar. Mungkin saja menurut hasil uji coba ada sejumlah item yang harus dibuang dan diganti dengan item yang baru, sehabis menerima masukkan dari subjek uji coba.

Demikan ulasan artikel perihal Cara Praktis Menyusun Instrumen Penelitian yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan Semoga sukse dalam penelitiannya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Gampang Menyusun Instrumen Penelitian Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel