Niat Dan Tatacara Shalat Jamak Qashar Dhuhur & Ashar, Maghrib & Isya, Sesuai Sunnah

Niat dan Cara Menjamak Qashar Shalat - Pengertian shalat jamak qashar yakni mengumpulkan dua shalat dan dilaksanakan di dalam salah satu waktu shalat, baik waktu shalat yang awal (jamak taqdim) maupun di waktu shalat yang simpulan (jamak ta'khir) sekaligus di ringkas (di qashar).


Misalnya shalat jamak qashar dzuhur dan ashar dengan jama taqdim. mestinya shalat dzuhur dikerjakan dengan jumlah empat rokaat begitu pula shalat asharnya. Namun sebab jamak qashar di lakukan di awal waktu shalat (jamak taqdim) maka shalat dzuhur dan shalat ashar, masing-masing dilakukan dengan jumlah rokaatnya sebanyak dua rakaat, tidak empat rokaat. 

Berbeda dengan shalat maghrib dan Isya, apabila keduanya dijamak qashar secara taqdim, sebab shalat magrib dilarang diqashar, maka shalat maghribnya dilaksanakan tiga rakaat dan shalat Isyanya yang dua rakaat.

Perhatian ! 
Orang yang boleh melakukan shalat jamak qashar (mengumpulkan dua shalat dan sekaligus diringkas) yakni orang yang dalam bepergian jauh musafir. Sedangkan orang yang sakit berat, sebab ada hujan, atau sebab yang lain selain musafir, maka tidak diperbolehkan meng-qashar (meringkas) shalat. Orang yang sakit berat atau sebab ada hujan lebat hanya boleh menjamak, itu pun harus memperhatikan syarat-syarat yang ada.
Oleh sebab itu silahkan baca artikel di bawah ini :
  1. Niat JAMAK SHALAT, Syarat, Tata Cara, dan Humum Dalil Hadits
  2. Niat SHALAT QASHAR , Syarat, Tata Cara, Hukum Dalil Hadist
  3. Batas Waktu Menjadi MUSAFIR yang Menjadi Batasan Meng-QHASAR Shalat
  4. Musafir Boleh Meng-QASHAR Sekaligus MENJAMAK Shalat

TATA CARA MELAKSANAKAN SHALAT JAMAK QASHAR

Sebelum menjelaskan cara melakukan shalat jama qashar sekedar mengingatkan kembali perlu disampaikan hal-hal berikut:
  • Shalat yang boleh dijamak hanyalah shalat siang dengan shalat siang yaitu shalat dzuhur dengan shalat ashar dan sebaliknya shalat malam dengan shalat malam yaitu shalat maghrib dengan isya dan sebaliknya
  • Shalat subuh dilarang diqashar dan dilarang dijamak maka harus dilaksanakan dua rakaat dan tetap pada waktunya
  • Shalat Maghrib boleh dijamak dan dilarang diqashar diringkas maka boleh dilaksanakan di waktu shalat Isya jamak takhir dan tetap harus 3 rokaat
Kemudian cara melakukan jamak qashar yakni sebagai berikut:

#1 - Jamak Taqdim Sekaligus Qashar
Misalnya cara menjamak dan mengqasar shalat dzuhur dan ashar dengan jamak takdim:
Pertama:
Berdiri tegak menghadap kiblat lalu niat dan Takbiratul Ihram untuk melakukan shalat zuhur 2 rakaat jamak taqdim dengan Ashar sekaligus qashar.
Adapun bacaan niat jamak qashar shalat dhuhur dan ashar diucapkan dalam hati yakni sebagai berikut.
اصلى فرض الظهر ركعتين مجموعا بالعصر جمع تقديم قصرا اداء لله تعالى
Artinya saya niat shalat fardhu dzuhur dua rakaat jamak digabung dengan shalat ashar, jamak taqdim serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala.
Setelah selesai niat dan berserikat meneruskan pekerjaan pekerjaan shalat berikutnya dari doa iftitah dan seterusnya hingga dua rakaat dan diakhiri dengan salam

Kedua: Setelah salam untuk shalat dhuhur dua rakaat, lalu terus pribadi bangkit untuk melakukan shalat ashar juga dua rakaat. adapun bacaan niat shalat ashar jamak taqdim dengan dzuhur dan diqashar yakni sebagai berikut:
اصلى فرض العصر ركعتين مجموعا الى الظهر جمع تقديم قصرا اداء لله تعالى

Artinya saya niat shalat fardhu ashar dua rakaat jamak (digabung) ke shalat dhuhur, jamak taqdim serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala.
Setelah selesai niat dan takbiratul Ihram, tangan bersedekap, lalu meneruskan pekerjaan-pekerjaan shalat berikutnya, dari doa iftitah dan seterusnya hingga dua rakaat. lalu diakhiri dengan salam.

Dengan demikian telah selesai melakukan shalat jamak taqdim sekaligus qashar antara dzuhur dan ashar. untuk melakukan shalat jamak taqdim dan sekaligus di qashar antara shalat maghrib dengan Isya. caranya sama, hanya saja untuk shalat maghrib dilaksanakan tiga rokaat (karena dilarang diqashar) dan shalat Isyanya yang dua rakaat. Adapun bacaan niat shalat jamak taqdim maghrib dan isya yakni sebagai berikut:

Bacaan niat shalat Jamak taqdim dan qashar untuk shalat Maghrib:
اصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا بالعشاء جمع تقديم قصرا اداء لله تعالى
Artinya saya niat shalat fardhu maghrib tiga rakaat jamak (digabung) dengan shalat isya, jamak taqdim, serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala.
Bacaan niat shalat Jamak taqdim dan qashar untuk shalat Isya
اصلى فرض العشاء ركعتين مجموعا الى المغرب جمع تقديم قصرا اداء لله تعالى
Artinya: saya niat shalat isya dua rakaat jamak (digabung) ke shalat magrib, jamak taqdim, serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala.

# 2- Shalat Jamak Ta'khir Sekaligus Qashar
Untuk melakukan shalat jama ta'khir sekaligus qashar, bergotong-royong sama dengan melakukan shalat jama taqdim sekaligus di qashar. Hanya saja perlu diperhatikan perbedaannya yakni sebagai berikut:
  • Dalam shalat jama taqdim dengan diqashar harus dilaksanakan di dalam waktu yang awal pertama. Sedang pada shalat jamak takhir serta qashar harus dilaksanakan di dalam waktu shalat yang kedua.
  • Dalam shalat jamak taqdim dengan diqashar harus tertib, yaitu yang mestinya yang dahulu didahulukan. Seperti shalat dzuhur dan ashar, yang didahulukan shalat dhuhur nya gres lalu shalat asharnya. demikian pula shalat maghrib dan isya yang dilaksanakan dahulu harus shalat maghribnya. sedangkan dalam shalat jamak takhir serta qashar, bebas mana dulu yang akan dilaksanakan. Artinya antara shalat dzuhur dan ashar boleh dipilih shalat dzuhur dahulu boleh, shalat asharnya dahulu juga boleh. yang niscaya kedua-duanya harus dilaksanakan.
  • Dalam shalat jamak taqdim dengan diqashar harus mualat (berturut-turut). Artinya begitu selesai melakukan shalat yang pertama, harus segera melakukan shalat yang kedua. Sedang dalam jamak ta'khir dengan di qashar tidak harus mualah. Artinya antara kedua shalat yang pertama dan kedua boleh diselingi pekerjaan lain ibarat membaca tasbih dan ibadah sunnah lainnya.
  • Di samping perbedaan tersebut di atas juga berbeda pada lafal bacaan niatnya
Cara melakukan shalat jamak takhir qashar dzuhur dan ashar yakni sebagai berikut:

Pertama Dalam posisi bangkit tegak dan menghadap kiblat, berniat berbarengan dengan takbiratul ihram untuk melakukan shalat fardhu dzuhur dua rakaat, dijamak dengan shalat ashar, sekaligus di qashar, dan dilaksanakan di dalam waktu shalat ashar. Adapun bacaan niat nya yakni sebagai berikut:
اصلى فرض الظهر ركعتين مجموعا الى العصر جمع تاءخير قصرا اداء لله تعالى
Artinya: saya niat shalat dhuhur dua rakaat jamak (digabung) ke shalat ashar, jamak ta'khir, serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala
Setelah selesai niat dan tangan sudah bersedekap meneruskan pekerjaan-pekerjaan shalat berikutnya dari doa iftitah dan seterusnya hingga selesai 2 rakaat dan diakhiri dengan salam.

Kedua Setelah selesai salam untuk shalat dzuhur tersebut di atas, lalu bangkit lagi untuk melakukan shalat ashar dijamak dengan dzuhur, jamak ta'khir dan sekaligus di qashar. Adapun lafadz bacaan niat nya yakni sebagai berikut:
اصلى فرض العصر ركعتين مجموعا بالظهر جمع تاءخير قصرا اداء لله تعالى

Artinya saya niat shalat ashar dua rakaat jamak (digabung) ke shalat dzuhur, jamak ta'khir, serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala.

Setelah selesai niat dan takbiratul Ihram serta tangan bersedekap, lalu meneruskan pekerjaan-pekerjaan selanjutnya dari doa iftitah dan seterusnya hingga dua rokaat dan diakhiri dengan salam.

Demikian cara melakukan shalat jamak takhir dan sekaligus di qashar antara shalat dzuhur dan ashar untuk melakukan shalat jamak ta'khir qashar antara Maghrib dan isya sama saja, Hanya saja sebab shalat magrib tidak dapat di qashar, maka tetap dilaksanakan dengan tiga rakaat, dan shalat Isya nya dua rokaat. untuk lafal bacaan niatnya yakni sebagai berikut:

Bacaan niat shalat maghrib jamak takhir ke isya di qashar.
اصلى فرض المغرب ثلاث ركعات مجموعا الى العشاء جمع تاءخير قصرا اداء لله تعالى
Artinya saya niat shalat maghrib dua rakaat jamak (digabung) ke shalat isya, jamak ta'khir, serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala.
Bacaan niat shalat isya jamak takhir ke maghrib di qashar.
اصلى فرض العشاء ركعتين مجموعا الى المغرب جمع تاءخير قصرا اداء لله تعالى
Artinya saya niat shalat isya dua rakaat jamak (digabung) ke shalat maghrib, jamak ta'khir, serta qashar (di ringkas) sempurna pada waktunya sebab allah ta'ala.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan  Bacaan Niat dan Tatacara SHALAT JAMAK QASHAR Lengkap dan Sesuai Sunnah yang kami rangkum dari buku bacaan pribadi kami. Mohon maaf jikalau ada kesalahan dan kekurangan . Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Niat Dan Tatacara Shalat Jamak Qashar Dhuhur & Ashar, Maghrib & Isya, Sesuai Sunnah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel