Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi)

Pengertian Masalah sosial ialah suatu fenomena yang terjadi akhir dari adanya kesenjangan antara antara fakta atau kenyataan dengan impian yang diinginkan terkait dengan stuasi dan kondisi yang ada dengan situasi dan kondisi yang di harapkan dalam sebuah komunitas masyarakat. Masalah tersebut dipandang oleh sekelompok masyarakat sebagai suatu situasi dan kondisi yang tidak di harapkan dengan kata lain kesenjangan yang terjadi merupakan kesenjangan yang tidak diharapkan. 


Pengertian Masalah sosial ialah suatu fenomena yang terjadi akhir dari adanya kesenjanga Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi)

Pengertian dilema sosial yang lain menjelaskan bahwa dilema sosial ialah suatu ketidak sesuaian diantara unsu -  unsur yang berpengeruh terhadap keberlangsungan proses yang terjadi dalam masyarakat atau kebudayaan. Unsur - unsur tersebut sanggup mempengaruhi atau sanggup menimbulkan gejolak dalam masyarakat atau budaya ketika terjadi pertentangan, kontradiksi, kericuhan, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga akan menghambat dan mengganggu keharmonisan kehidupan dalam bermasyarakat.

Silahkan Pelajari Hal lain Terkait Masalah Sosial
Pengertian Kontak Sosial Lengkap dengan Contoh dan Macamnya
Memahami KELOMPOK SOSIAL Mulai Dari Pengertian, Ciri, Contoh
Pengertian Stratifikasi Sosial Lengkap dengan Jenis Stratifikasi Sosial
Pengertian Lembaga Sosial Lengkap dengan Contoh dan Fungsi Serta Macamnya


4 Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Permasalahan - permasalah terkait dengan sosial tidaklah terjadi begitu saja. tentunya terdapat banyak sekali macam faktor yang mengakibatkan hal tersebut terjadi. Namun, berbabagai macam faktor penyebab terjadinya dilema sosial itu sanggup digolongkan menjadi 4 faktor penting, yaitu ekonomi, budaya, biologis, dan psikologis. Berikut ialah uraian singkat dari keempat faktor penting tersebut . 

#1. Faktor Psikologis
Faktor psikologis atau faktor tinkah laris dari setiap individu atau kelompok masyarakat baik tingkah laris yang terbuka maupun tertutup sanggup mengakibatkan terjadinya dilema sosial. Pasalnya, setiap tindakan individu atau kelompok sanggup menimbulkan imbas terhadap kesenjangan situasi dan kondisi dalam masyarakat. Psikologis yang baik akan menimbulkan dampak yang baik, sebaliknya psikologis yang kurang baik akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi masyarakat. Hal tersebut juga sanggup dikatakan sebagai dilema sosial. 

#2. Faktor Budaya
Budaya merupakan salah satu faktor penting yang mengakibatkan terjadinya dilema sosial. Hal tersebut di karenakan budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Jika budaya yang di kembangkan ialah budaya yang positif maka akan memperlihatkan bantuan yang positif terhadap kehidupan bermasyarakat. Namun sebaliknya, jikalau cara hidup (budaya) yang berkembangan ialah cara hidup (budaya) yang negatif ibarat nikah di usia dini, kenalakan remaja, dan lain sebagainya, maka akan berdampak jelek terhadap keberlansungan hidup bermasyarakat. 

#3. Faktor Ekonomi
Faktor ekonomi merupakan salah satu faktor yang sanggup dijadikan pola untuk memilih maju tidaknya suatu masyarakat dalam suatu negara. Selain itu, faktor ini juga sanggup mempengaruhi faktor - faktor lain ibarat faktor psikologis, budaya, dan biologis. Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor ekonomi ini sanggup berupa kemiskinan, pengangguran , dan lain sebagainya. ketika dalam komunitas masyarakat dilema - masalahg tersebut maka akan mengakibatkan sangat rentannya anggota masyarakat untuk melaksanakan tindakan krriminalitas dan kekurangan ekonomi sanggup dijadikan suatu alasan atau pembenaran dalam melaksanakan tindakan tersebut.

#4. Faktor Biologis
Faktor biologis ialah faktor keempat yang mengakibatkan terjadinya dilema sosial. Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor biologis sanggup berupa kekuarangan gizi, penyakit yang menular, dan lain sebagainya. Hal tersebut sanggup disebabkan oleh tidak tersedianya kemudahan kesehatan yang layak yang sanggup diperoleh oleh masyarakat sehingga menimbulkan banyak sekali macam dilema - dilema kesehatan. Kondisi ekonomi juga sanggup di kaitkan dengan hal tersebut, lantaran minimnya kondisi ekonomi akan mengakibatkan minimnya kemudahan kesehatan yang sanggup diperoleh oleh masakat. 


Contoh dan Macam - Macam Masalah Sosial

Dalam kehidupan terdapat banyak sekali macam dilema sosial yang disebabkan oleh keempat faktor utama diatas. Masalah sosial akan sanggup di rasakan oleh seluruh kalangan masyarakat jikalau terjad suatu gejolak. Pada kesempatan kali ini, kami akan memperlihatkan contoh dan macam - macam dilema sosial sesuai dengan permasalah yang ada ketika ini yang kami uraikan di bawah ini .

#1. Kemiskinan Individu atau Kelompok
Kemiskinan merupakan kondisi dimana individu atau kelompok tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. Hal tersebut sanggup disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuhan kebutuhan dasar, atau pun terbatasnya susukan pekerjaan dan pendidikan yang tersedia. Oleh lantaran itu, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah diharapkan adanya susukan yang gampang bagi individu atau kelompok dalam masyarakat untuk memperoleh pekerjaan dan pendidikan yang layak. 

#2. Masalah Sosial Tentang Pengangguran
Pengangguran merupakan kondisi individu masyarakat  yang belum mendapat kesempatakan untuk bekerja, namun sedang mencari pekerjaan. pengangguran sanggup menjadikan dilema yang sangat kursial dalam kehidupan bermasyarakat. Pengangguran itu sendiri disebabkan oleh berbabai macam hal seperti Penduduk yang relatif banyak sedangkan lapangan kerja sedikit yang mengakibatkan undangan tenaga kerja berkurang, Pendidikan dan keterampilan yang rendah sehingga tidak bisa bersaing dan tersisih, dan lain sebagainya. Oleh lantaran itu solusi untuk mengatasi hal tersebut ialah pemerintah perlu memperlihatkan pendidikan dan keterampilan bagi setiap angkatan kerja dan juga pemerintah hendaknya memeberikan lapangan pekerjaan bagi para angkatan kerja.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi) yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.  

Belum ada Komentar untuk "Masalah Sosial (Contoh, Macam, Pengertian, Faktor, Solusi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel