Manfaat Puasa Dzulhijjah (Sebelum Idul Adha), Tarwiyah Dan Arafah Yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa faedah melaksanakan puasa dzulhijjah termasuk puasa arafah dan tarwiyah ini banyak terkait dengan aneka macam hari penting yang terdapat dalam bulan dzulhijjah. contohnya ketika tersebut umat islam melaksanakan ibadah haji, hari raya idul adha, dan lain sebagainya. Secara umum, 10 hari pertama di bulan dibulan dzulhijjah ini mempunyai beberapa keutamaan, manfaat, dan keberkahan. Penjelasannya yakni sebagai berikut :


Beberapa faedah melaksanakan puasa dzulhijjah termasuk puasa arafah dan tarwiyah ini banyak t Manfaat Puasa Dzulhijjah (Sebelum Idul Adha), Tarwiyah dan Arafah yang Perlu Anda Ketahui

#1. Beramal shaleh pada sepuluh hari ini mempunyai keutamaan yang lebih dibandingkan dengan hari - hari lainnya.

#2. Said biz Jubair R.A, meriwayatkan hadits dari ibnu abbas R.A yang berkata "jika kau masuk dalam sepuluh hari pertama dalam bulan dzulhijjah, maka bersunggu-sungguhlah hingga hampir saja ia tidak bisa menguasai (melaksanakannya)". (H.R. Darimi)

#3. Penjelasan yang lain di kutib dari kitab fathul ba'ari ibnu hajjar, ia berkata "sebab yang terang perihal sepuluh hari di bulan dzulhijjah yakni lantaran pada hari tersebut merupakan hari berkumpulnya ibadah - ibadah utama; yaitu sholat, puasa, shodaqoh, dan haji. dan, itu tidak ada di hari - hari selainnya".

#4. Keutamaan yang lebih khusu pada hari ke sembilan sebagai hari arafah. Pada hari ini, para jamaah haji melaksanakan wukuf di arafah. wukuf merupakan rukun utama dari ibadah haji. karenanya, hari tersebut menjadi hari yang mempunyai keutaman yang agung dan keberkahan yang melimpah. diantara keutamaannya yakni bahwa allah menggugurkan dosa - dosa (kecil) selama dua tahun bagi orang yang berpuasa pada hari arafah. Hal ini di jelasakan dalam puasa asyura.

#5. Keutamaan hari sebelum bulan dzulhijjah, yaitu idul adha, yang disebut juga dengan yaimun nahr. dalil yang menawarkan keutamaan dan keagungan hari idul adha yakni hadits yang di riwayatkan oleh abdullah bin qurth. dari rosulullah saw. bahwa dia bersabda :"Hari tergagung disisi allah yakni hari idul adha (yaumun nahr); sehari setelahnya." (H.R. Abu Dawud).

#6. Rosululloh saw, menyebut hari yang agung ini sebagai hari haji akbar. sebab, sebagian besar amalan - amalan manasiq haji dilakukan pada hari ini ibarat menyembelih qurban, memotong rambut, melontar jumroh, dan thowaf mengelilingi ka'bah. kemudian, pada hari yang penuh berkah ini kaum muslimin berkumpul untuk melaksanakan sholat idul adha. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Manfaat Puasa Dzulhijjah (Sebelum Idul Adha), Tarwiyah dan Arafah yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermafaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami .

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Puasa Dzulhijjah (Sebelum Idul Adha), Tarwiyah Dan Arafah Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel