Manfaat Dan Nilai Suatu Barang Dalam Prilaku Konsumen Dan Produsen

Manfaat Dan Nilai Suatu Barang Dalam Prilaku Konsumen Dan Produsen


Dari pengertian konsumsi, tampaklah bahwa setiap barang dan jasa yang dikonsumsi mempunyai nilai. Nilai itu dimiliki alasannya yaitu barang atau jasa yang bersangkutan berkhasiat untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia. Selanjutnya, nilai barang dan jasa sanggup dibedakan menjadi dua macam nilai diberikut ini.

Nilai Pakai

Jika kita menulis di buku tulis, alat yang kita gunakan dikatakan mempunyai nilai pakai. Demikian pula kalau suatu perusahaan menyewa akuntan untuk mengatur keuangan perusahaanya, jasa akuntan itu kita katakan mempunyai nilai pakai. Jadi, apakah yang dimaksud nilai pakai itu? Nilai pakai yaitu kemampuan suatu barang atau jasa untuk dipakai oleh konsumen. Nilai pakai sanggup ditinjau dan dua pihak, yakni dan pihak konsumen dan dan barang atau jasa itu sendiri.



Nilai barang atau jasa yang ditinjau dan pihak pengguna barang atau jasa bersangkutan disebut dengan nilai pakai subyektif Artinya bahwa nilai pakai suatu barang atau jasa yang sama, tidak sama bobotnya bagi setiap manusia. Sedangkan nilai barang atau jasa yang ditinjau dan barang atau jasa itu sendiri disebut dengan nilai pakai obyektif Artinya barang dan jasa ialah obyek bagi setiap pemakainya.

Nilai Tukar

Barang-barang yang tidak ada keuntungannya bagi kita, sering kita tukarkan dengan uang atau dengan barang lain, contohnya koran dan majalah bekas ditukar dengan bubuk gosok, atau pakaian bekas ditukar dengan sebuntut ayam.

Tampak di situ, kedua barang tersebut mempunyai nilai tukar. Apakah yang dimaksud dengan nilai tukar itu? Nilai tukar yaitu kemampuan suatu barang atau jasa untuk ditukar dengan barang atau jasa lainya. sepertiyang nilai pakai, nilai tukar pun sanggup ditinjau dan dua pihak. Nilai barter menurut orang yang menukarkannya disebut nilai tukar subyekf Sedangkan nilai barter menurut barangnya disebut nilai tukar obyektif.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dan Nilai Suatu Barang Dalam Prilaku Konsumen Dan Produsen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel