Kelompok Sosial : Pengertian, Ciri, Contoh, Faktor, Dan Macamnya (Lengkap)

Kelompok sosial yakni sekumpulan orang yang mempunyai karakteristik berbeda - beda, bersama - sama menjalin suatu interaksi yang di dasari oleh rasa sadar terhadap kepentingan bersama yang telah disepakati oleh setiap masing - masing anggota. Oleh lantaran itu, kelompok sosial di dasarkan pada interaksi individu dengan individu lain. Kelompok sosial itu sendiri muncul jawaban adanya interaksi yang terjadi di antara setiap anggota, atau bahkan kelompok sosial itu muncul jawaban dari adanya imbas dari kelompok sosial yang lain yang menunjukkan imbas munculnya kelompok sosial yang lain. 

 yakni sekumpulan orang yang mempunyai karakteristik berbeda  KELOMPOK SOSIAL : Pengertian, Ciri, Contoh, Faktor, dan Macamnya (LENGKAP)

Pengertian Kelompok sosial Menurut Para Ahli Sosial

Salah satu tokoh bernama George Homans juga menunjukkan pendapat perihal Kelompok sosial. Dia mendefinisikan Kelompok sosial sebagai suatu kumpulan individu yang melaksanakan kegiatan, interaksi & mempunyai perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi & berafiliasi timbal balik. Pendapat George Homans tersebut lebih menitik tekankan lebih kepada proses terjadinya dan proses berjalannya suatu kelompok sosial.

Berbeda dengan pendapat Hendropuspito. Dia yang menyatakan bahwa Kelompok sosial yakni sebagai suatu kumpulan nyata, teratur & tetap dari individu – individu yang melaksanakan tugas – kiprahnya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama. Agak berbeda sedikit di banding dengan pendapat george diatas, pendapat Hendropuspito lebih menitik tekankan pada pencapaian suatu tujuan yang dimiliki oleh suatu kelompok sosial. 

Ciri - Ciri Kelompok Sosial

Terdapat beberapa ciri ciri kelompok sosial yang sanggup kita amati dan kita analisis. Hal tersebut yakni sebagai berikut :

a. Satu Kesatuan Nyata

Kelompok sosial merupakan satu kesatuan yang nyata. Mengapa demikian ? Hal tersebut dikarenakan kelompok sosial tersusun dari banyak sekali macam jenis anggota yang mempunyai tujuan yang sama dan nyata, Tidak Abstrak, dan gampang di amati oleh panca indra manusia. 

b. Adanya Norma atau Nilai yang Tegas

Dalam suatu komunitas sosial atau yang biasa disebut dengan kelompok sosial, tentunya terdapat norma atau nilai yang tegas yang wajib untuk ditaati oleh setiap anggota yang menjadi kepingan dari kelompok sosial terkait. Norma dan Nilai tersebut akan mengatur berjalannya proses sosial yang ada dalam kelompok tersebut. 

c.Adanya Komunikasi dan Interaksi Sosial 

Komunikasi yakni suatu acara memberikan dan mendapatkan pesan atau suatu isu dari satu individu ke individu lain. Sedangkan Interaksi Sosial yakni Suatu relasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih yang berlangsung secara timbal balik dalam ruang lingkup sosial.

d. Adanya Kepentinya Bersama


Terdapat hal yang fundamental sebelum terjadi atau munculnya suatu kelompok sosial yaitu adanya kepentingan bersama.  Kepentingan bersama yakni kepentingan yang harus di lakukan bersama sama atau kepentingan yang harus di dahulukan. 

e. Adanya Struktur Sosial

Struktur Sosial yakni suatu tatanan yang yakni dalam kelompok sosial yang membntuk suatu kelompok - kelompok yang mempunyai fungsi yang berbeda oleh setiap anggota struktural dalam struktur sosial masing - masing. Struktur sosial dianggap penting dalam menunjang keberlanjutan dan kekokohan dari adanya kelompok sosial itu sendir. 


Faktor - Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

#1. Faktor Keakraban 
Faktor keakraban merupakan faktor dasar yang mengakibatkan munculnya sebuah kelompok seosial. dengan adanya keakraban antara individu dengan individu lain akan menimbulkan adanya komunikasi atau interaksi sosial secara timbal balik. Keakraban juga pengerai oleh beberapa hal menyerupai karna dekatnya letak geografi, acara yang sama, dan lain sebagainya. Semakin bersahabat relasi antara individu, menjadikan akan semakin tingginya peluang munculnya kelompok sosial. 

#2. Faktor kesamaan
Setelah adanya keakraban antara individu dengan individu yang lain, faktor lain yang menunjang munculnya suatu kelompok sosial yakni faktor kesamaan. Hal tersebut dikarenakan kesamaan kepentingan, keperluann, kebutuhan, tujuan, dan lain sebagainya akan menuntut individu satu dengan individu yang lainnya untuk berkelompok. Hal tersebut terjadi lantaran kesadaran pribadi individu atas keterbatasan yang ada pada diri masing - masing. 


Contoh Kelompok Sosial

1. Kelompok Blogger Indonesia

Merupakan kelompok yang didalamnya terdapat banyak sekali individu yang berasal dari background yang berbeda, namun sama sama mempunyai satu tujuan yaitu menjadi blogger sejati. Oleh lantaran itu individu didalamnya saling berkomunikasi dan berinteraksi untuk mengembangkan isu dalam pencapaian tujuan bersama tersebut. 

2. Kelompok Belajar Sekolah

Kelompok berguru sekolah pada umumnya didirikan oleh para pelajar, baik itu siswa maupun mahasiswa. Mereka sama - sama mempunyai cita-cita untuk sanggup mempelajari pelajaran. Kelompok berguru tersebut biasanya muncul disebabkan lantaran adanya mata pelajaran sejenis, sekolah sama, waktu yang luang sama. 

3. Kelompok Ibu - Ibu Pkk

Kelompok ibu pkk merupakan kelompok ibu Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Setiap anggota mempunyai tujuan yang sama yaitu mensejahterakan keluarga. Ibu - ibu berkumpul mengembangkan tips, mengembangkan informasi, bekerja sama, dsb untuk sanggup mencapai tujuan tersebut. 

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Memahami KELOMPOK SOSIAL Mulai Dari Pengertian, Ciri, Contoh, Faktor, dan Macamnya yang kami rangkum dari banyak sekali macam literatur. terima kasih telah berkunjung dan supaya bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Kelompok Sosial : Pengertian, Ciri, Contoh, Faktor, Dan Macamnya (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel