Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap Dengan Waktu Pelaksanaannya

Pengertian puasa arafah yaitu puasa sunnah yang dilakukan pada hari ke-9 pada bulan dzulhijah yang dipakai sebagai media untuk menuntun para hamba allah kepada drajat yang lebih baik disisi allah swt. Puasa sunnah yang sangat istimewa ini, momentumnya bersamaan dengan saudara - saudara kita yang sedang menjalankan ibadah haji di makkah, berupa wukuf di padang arafah. Dengan demikian, bagi kita yang tidak melaksanakan ibadah haji, akan terlibat secara psikis dengan cara menjalankan ibadah puasa sunnah ini.
Pengertian puasa arafah yaitu puasa sunnah yang dilakukan pada hari ke Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya

NIAT PUASA ARAFAH

Niat Puasa Arafa dalam Bahasa arab

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةََ سُنةً لله تَعَالَىَ

Jika temen - sahabat merasa kesusahan dalam membaca goresan pena arabnya, teman- sahabat sanggup baca goresan pena latin -nya menyerupai ini: "Nawaitu shauma arafah, sunnatal lillahi ta'ala"

Arti Terjemahan Niat Puasa Arafah dalam Bahasa Indonesia:
Saya niat puasa Arafah, sunnah lantaran Allah ta'ala
Sebagian dari kita, mungkin telah pernah berkunjung ke Mekah. betapa menakjubkan saat-saat kita berada di hamparan Padang Arafah menyaksikan berjuta jamaah haji yang berkumpul di daerah suci itu, yang terdiri atas banyak sekali negara dan keturunan, wukuf di padang Arafah merupakan salah satu rukun haji yang paling penting. bahkan ibadah ini merupakan rukun dan Puncak manasik (ibadah haji). itulah salah satu momen yang terkait dengan puasa Arafah ini.

Sebagaimana diketahui dan telah menjadi tuntunan, pada tanggal 8 Dzulhijjah, semua jamaah berkemas-kemas untuk berbondong-bondong mengunjungi pada Arofah. Semua jamaah haji hanya memakai pakaian ihram, bagaikan sehelai kain kafan. Mereka melepaskan segala pakaian kemewahan duniawi yang selama ini menjadi sumber dan simbol kesombongan bagi seseorang. mereka tinggalkan segala kedudukan dan jabatan, Suka tidak suka, lantaran demikian syariat yang harus diikuti oleh semua jamaah haji, syariat yang dicontohkan oleh rasulullah s.a.w.

Vidio Puasa Arafah


WAKTU MELAKSANAKAN PUASA ARAFAH

Setiap kita tidak akan pernah jauh dari kesalahan dan dosa, baik yang disengaja maupun tidak. semua berjalan seperti tanpa kita sadari, sampai hasilnya perjalanan umur kita semakin berkurang. itu artinya kesempatan untuk memperbaiki dan kembali kepada Allah SWT semakin sempit. maka dengan kehendak dan kebijakan Allah SWT, selalu memperlihatkan banyak sekali cara sebagai penebus atau penghapus dosa tersebut, sirna, dan hilang sama sekali dari diri seorang anak manusia.

Salah satu amal Shalih yang sanggup menghapus dosa yaitu amal puasa. alasannya yaitu puasa yang dilakukan oleh seorang hamba sanggup mengurangi dan menghilangkan banyak sekali macam nafsu yang beragam. sehingga puasa sanggup mempersempit gerak langkah setan yang mengalir begitu cepatnya, bagaikan darah yang mengalir di dalam badan manusia.

Diantara puasa yang sanggup menghapus dosa yaitu puasa hari Arafah puasa ini dilakukan pada hari yang amat Agung dengan keagungan hari tersebut, puasa di hari Arafah ini juga penuh dengan keagungan.Puasa hari Arafah ini dilaksanakan pada tanggal sembilan Dzulhijjah,  seiring dengan berkumpulnya seluruh jamaah haji atau wukuf di Padang Arafah Hal ini menurut hadits Rasulullah s a w.
Aku berharap kepada Allah biar puasa hari Arafah sanggup menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya (HR. Muslim)

Puasa Arafah ini disunnahkan bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, sebagaimana dicontohkan oleh rasulullah saw. sedangkan bagi mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji, tidak dianjurkan berpuasa. alasannya yaitu ketika melaksanakan wuku ini ,mereka sangat memerlukan stamina yang prima dan stabil, sehingga sanggup memperbanyak ibadah, dzikir, dan doa secara optimal.

Demikian ulasan artikel kami terkait dengan Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya yang kami rangkum dari satu sumber di bawah ini. semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.

SUMBER: Hasan, Ali. 2013. Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah Sepanjang Masa.Sabil; Yogyakarta.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Niat Puasa Arafah Lengkap Dengan Waktu Pelaksanaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel