Variasi Macam Bunga Menurut Kelengkapan Alat Kelamin

Variasi Macam Bunga Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin


Ditinjau dan kelengkapan alat Kelamin, bunga dibedakan menjadi:

Bunga sempurna

Bunga disebut bunga tepat jikalau mempunyai dua macam alat kelabuin, yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga berupa kelopak dan mahkota bunga tidak selalu haru ada pada bunga sempurna.

Bunga tidak sempurna

Bunga disebut bunga tidak tepat jikalau spesialuntuk mempunyai salah satu macam alat kelabuin. Bunga spesialuntuk mempunyai benang sari atau putik.



Pada tumbuhan dengan bunga berjenis kelabuin tunggal, bunga jantan dan bunga betina ada yang terdapat pada satu tumbuhan dan ada yang terdapat pada dua tumbuhan. Bila bunga jantan dan bunga betina terdapat pada satu tumbuhan, maka disebut tumbuhan berumah satu (monoesis). contohnya yakni tumbuhan jagung dan mentimun. Bila bunga jantan dan bunga betina terdapat pada individu tumbuhan yang berlaman, maka disebut tumbuhan berumah dua (diesis). contohnya yakni tumbuhan salak dan siwalan.

Di samping bagian-bagian bunga yang sudah dijelaskan, masih ada bab lain dari bunga yaitu daun pelindung atau brakte (bractea). Brakte terletak pada bab luar bunga. Brakte ini melindungi bunga pada waktu masih muda. Beberapa bunga dilindungi oleh kumpulan brakte, contohnya bunga golongan aster. Beberapa bunga dilindungi oleh satu brakte yang besar dan berwama, yang disebut seludang bunga. Tumbuhan yang mempunyai seludang bunga, inisalnya bunga kelompok pisang (kulit jantung pisang) dan palem.

Bunga bugenvil yang bersama-sama yakni berupa tabung kecil yang menempel pada brakte. Pada setiap kelompok bunga bugenvil terdapat tiga bunga dan masing-masing dengan satu daun peinikat. melaluiataubersamaini deinikian brakte berfungsi untuk menarikdanunik perhatian serangga penyerbuk.

Pada bunga nusa indah terdapat bab berwarna cokelat muda, merah tua, atau kuning kehijauan. Bagian yang berwarna-warni itu bersama-sama yakni kelopak.

Bunga tasbih atau bunga kana mempunyai bab yang berwarna-warni. Bagian yang berwarna-warni mencolok itu bukan pemanis bunga, melainkan benang sari yang mandul dan berubah bentuk menjadi lembaran ibarat mahkota bunga. Kelopak dan mahkota bunga yang sesungguhnya berbentuk kecil, berwarna hijau dan tidak menarikdanunik. Benang sarinya spesialuntuk satu yang mempunyai kepala sari. Benang sari tersebut bersahabat dengan kepala putik yang berbentuk ibarat pedang.
  1. Berdasar kelengkapan alat Kelamin bunga, ada bunga tepat dan tidak sempurna. Bunga tepat apabila bunga mempunyal dua macam alat Kelamin yaitu benang sari dan putik. Bunga tidak tepat bila bunga tidak mempunyai salah satu alat Kelamin.
  2. Bunga tanpa perhiasan: bunga telanjang.
  3. Bunga tanpa alat Kelamin: bunga mandul.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "Variasi Macam Bunga Menurut Kelengkapan Alat Kelamin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel