Perantara Penyerbukan Pada Flora Biji

Perantara Penyerbukan Pada Tumbuhan Biji


Proses pembiakan generatif pada tumbuhan biji tertutup dilampaui oleh proses penyerbukan dan dilanjutkan dengan pembuahan.

Penyerbukan ialah kejadian menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disehut pula sebagai persarian. Kepala putik ada yang berbulu halus, ada pula yang berlendir. melaluiataubersamaini demikian serbuk sari praktis menempel pada kepala putik.



Serbuk sari sanggup mencapai kepala putik secara alaini dan secara buatan. Secara alami, serbuk sari sanggup mencapai kepala putik dengan perantaraan angin, hewan, dan air. Manusia pun sanggup memmenolong penyerbukan tumbuhan. Penyerbukan dengan menolongan insan digolongkan penyerbukan buatan. Perantara yang menjadikan terjadinya penyerbukan disebut dengan polinator. Berdasar macam perantaranya, penyerbukan sanggup dibedakan menjadi penyerbukan oleh angin, hewan, air, dan manusia.

Penyerbukan oleh Angin

Bunga yang diserbukkan oleh angin memiliki ciri-ciri sebagai diberikut. Bunganya tidak berwarna dan tidak memiliki kelenjar madu. Serbuk sari berjumlah banyak dan enteng sehingga praktis diterbangkan angin. Kepala sari besar Jari tangkai sari panjang serta bergoyang jika ditiup angin. Putiknya terentang ke luar, panjang, dan berbulu. contohnya ialah flora kelapa, rumput, dan jagung.

Penyerbukan oleh Hewan

Hewan yang umum berfungsi sebagai mediator penyerbukan ialah serangga, inisalnya kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, binatang lain yang sanggup sebagai mediator ntara lain siput, burung, dan kelelawar. Ciri-ciri bunga yang Jiserbukkan oleh binatang ialah bunga berwarna-warni sebagai Java tarik, berbau harum, dan memiliki kelenjar madu. Serbuk sarinya berlendir sehingga sanggup menempel di badan hewan. Putik tersembunyi dan berlendir. Kupu, lebah, dan sumbang akan hadir mengisap madu, dan serbuk sari akan menempel di tubuhnya. Ketika serangga tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis, penyerbukan pun terjadi.

Penyerbukan oleh Air

Penyerbukan ini terjadi pada flora yang bunganya terendam air, contohnya Hydrilla.

Penyerbukan oleh Manusia

Selain secara alami, penyerbukan juga sanggup dilakukan dengan derma manusia, contohnya pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelabuin tunggal sehingga ada bunga jantan dan ada bunga betina. Untuk penyerbukannya, bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik, kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah masak. Warna bunga apa yang disukai serangga? Permasalahan ini perlu kalian can jawabanannya dengan melaksanakan eksperimen. Kegiatan 2.2 diberikut sanggup dilakukan di luar jam pelajaran.

Belum ada Komentar untuk "Perantara Penyerbukan Pada Flora Biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel