Penyajian Info Cuaca Melalui Banyak Sekali Media

Penyajian Informasi Cuaca Melalui Berbagai Media


Informasi cuaca pada periode globalisasi dikala mi didapat dengan cara yang modern. Berbagai informasi cuaca sanggup diperoleh dengan memakai media elektronik dan peta. Berbagai media untuk memperoleh informasi cuaca tersebut yaitu diberikut ini.

melaluiataubersamaini Menggunakan Sistem Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh (remote sensing) ialah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah, atau fenomena dengan jalan analisis data yang diperoleh melalui alat perekam (sensor) yang memakai gelombang elektromagnetik sebagai media perantaranya tanpa menyentuh objek tersebut (Lillesand dan Kiefer, 1979).



Data penginderaan jauh dibedakan berdasarkan cara memperolehnya yaitu berdasarkan tenaga dan wahananya. Berdasarkan tenaga yang digunakan, data penginderaan jauh yang diperoleh berasal dan tenaga pantulan yang bersifat pasif dan tenaga pancaran yang bersifat aktif. Berdasarkan wahana yang digunakan, data penginderaan jauh yang diperoleh berasal dan wahana angkasa menyerupai dan pesawat dan dan wahana antariksa menyerupai dan satelit.
  • Data Penginderaan Jauh dan Wahana Angkasa
Data penginderaan jauh dan wahana angkasa diperoleh dengan memakai pesawat yang sudah dilengkapi sensor menyerupai kamera. Proses pengambilan data dengan wahana angkasa biasanya dilakukan pada siang hari.
  • Data Penginderaan Jauh dan Wahana Antariksa
Data penginderaan jauh dari wahana antariksa diperoleh dari satelit yang sudah dilengkapi sensor menyerupai kamera, scanner, gravimeter, radiometer dan lain-lain. Proses pengambilan data dengan wahana antariksa bias dilakukan pada siang dan malam hari.

Secara umum, data terkena cuaca dan system penginderaan jauh sanggup diperoleh melalui aneka macam rangkaian proses pengambilan data yaitu diberikut ini.

  1. Gelombang elektromagnetik dipancarkan melalui radiasi ke objek dan dipantulkan kembali oleh objek melalui mediator atmosfer Bumi. Daya pantul objek, suhu objek, dan daya pancar ialah karakteristik spektral objek. 
  2. Pantulan dan pancaran gelombang elektromagnetik diterima oleh aneka macam sensor yang ada di wahana angkasa maupun wahana antaniksa.
  3. Berbagai data yang diperoleh dan sensor kemudian diolah sehingga menghasilkan data visual dan data digital. Data visual terdiri dan data gambaran dan data non citra. Data digital terdiri dari data angka dan nilai gelombang elektromagnetik dan objek yang siap diolah di komputer.
  4. Berbagai data penginderaan jauh yang d.ihasilkan kemudian digunakan dan diolah guaka pengguna data untuk aneka macam kepentingan.
Dalam bidang meteorologi, data penginderaan jauh sangat berkhasiat yaitu untuk aneka macam hal menyerupai diberikut ini.
  1. Untuk pengamatan iklim suatu tempat melalui pengamatan awan dan kandungan air dalam udara.
  2. Untuk memmenolong dalam aneka macam analisa cuaca.
  3. Untuk mengamati contoh angin permukaan.
  4. Untuk permodelan ilmu meteorologi dan klimatologi.

melaluiataubersamaini Menggunakan Peta

Peta ialah masukana untuk mengintepretasikan aneka macam informasi di mana salah satunya ialah informasi cuaca. Peta yang sanggup digunakan untuk memperoleh informasi cuaca contohnya Peta Cuaca dan Iklim, Peta Pergerakan Angin, Peta Pergerakan Awan dan Badai, dan peta-peta cuaca lainnya. Dan aneka macam macam peta tersebut sanggup kita peroleh aneka macam informasi cuaca di suatu tempat dan tempat-tempat lain.
Sumber Pustaka: Yudhistira

Belum ada Komentar untuk "Penyajian Info Cuaca Melalui Banyak Sekali Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel