Pengertian Industri Dan Penggolongannya

Pengertian Industri Dan Penggolongannya



Industri ialah bab dan proses produksi yang mengolah materi mentah menjadi materi baku atau materi baku menjadi barang jadi, sehingga menjadi barang yang bernilai bagi masyarakat. Apakah perbedaan materi mentah, materi baku, dan barang jadi? Bahan mentah ialah materi yang diperoleh dan sumber daya alam yang akan dimanfaatkan dalam perjuangan industri. Sebagai contoh, getah karet yang digunakan sebagai materi mentah industri ban. Bahan baku ialah materi mentah yang sudah diolah, tetapi belum menjadi barang jadi. Misalnya, getah karet menjadi karet remas. Karet remas itulah yang disebut materi baku. Sedangkan barang jadi ialah hasil industni yang sudah siap digunakan oleh masyarakat. Misalnya sepatu, ban mobil, dan peralatan rumah tangga.

Perindustrian ialah acara industri secara mekanis ataupun secara kemis, termasuk reparasi dan asembling atau perakitan. misal industri secara mekanis ialah penggilingan padi dan referensi industri secara kimia ialah industri obat-obatan. Bahan-bahan yang diolah dalam acara industri berupa materi mentah. Hasil pengolahan industri yang berupa barang gres disebut barang jadi. Misalnya tas, ban mobil, ikan dalam kaleng, gelas, dan piring.



Dewasa mi negara kita memperbanyak dan menggalakkan perindustrian. Penggalakan acara industri itu sering kita sebut dengan industrialisasi. melaluiataubersamaini industrialisasi ada beberapa laba yang sanggup kita capai. Beberapa di antaranya ialah sebagai diberikut.
  1. Memperbesar kegunaari materi mentah. Jadi, semakin banyak materi mentah yang diolah dalam perindustrian, semakin besar pula manfaat yang kita peroleh.
  2. Memperluas lapangan pekerjaan.
  3. Menambah penghasilan penduduk, sehingga menambah kemakmuran.
  4. Mengurangi ketergantungan kita pada luar negeri.
  5. Mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Menghasilkan guaka barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  7. Kegiatan ekonomi menjadi lebih leluasa alasannya ialah tidak semata-mata tergantung pada lingkungan alam.
  8. Menambah devisa negara.
Untuk memajukan industri nasional perlu adanya pertolongan dan pemerintah. Di samping itu, perlu adanya kesadaran para pedagang dan pengusaha nasional untuk tidak spesialuntuk terdorong mencari untung yang besar saja. melaluiataubersamaini meningkatnya produksi diharapkan peluang tiap masyarakat negara mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak juga akan lebih banyak.

Industri yang ada di negara kita sanggup digolongkan menurut beberapa kriteria, ia ntaranya ialah sebagai diberikut.

Berdasarkan Jumlah Pekerja


Berdasarkan kriteria in industri dibedakan menjadi empat, yakni sebagai diberikut.
  • Industri besar, ialah perusahaan yang mempunyai pekerja 100 orang atau lebih.
  • Industri sedang, ialah perusahaan yang mempunyai pekerja antara 20 hingga 99 orang.
  • Industri kecil, ialah perusahaan yang mempunyai pekerja antara 5 hingga 19 orang.
  • Industri rumah tangga, ialah perusahaan yang mempunyai pekerja antara 1 hingga 4 orang.

Berdasarkan Bahan Mentah


Berdasarkan kriteria mi, industri dibedakan menjadi industri agraris dan nonagraris.

  1. Industri agraris ialah industri yang mengolah materi mentah baik eksklusif maupun tidak eksklusif dan pertanian. Beberapa referensi industri agraris ialah pabrik karet, kopi, minyak kelapa sawit, dan gula.
  2. Industri nonagraris ialah industri yang mengolah materi mentah baik eksklusif maupun tidak eksklusif dan hasil tambang dan bahan-bahan kimia sintetis lainnya. Beberapa referensi industri nonagraris ialah pengolahan mmnyak bumi, kerikil bara, besi, dan alumunium.

Berdasarkan Hasil Produksi


Berdasarkan kriteria mi, industry dibedakan merijadi tiga kategori diberikut.

  1. Industri berat ialah industry yang menghasilkan mesin-mesin alat produksi, bahan-bahan baku, dan bahan-bahan penolong. misalnya, mndustri berat alata lat transpor, besi dan baja,
  2. peralatan konstruksi bangunan, semen, mirtyak dan gas, tenaga listrik, dan pupuk.
  3. Industri enteng ialah mndustri yang menghasilkan barang-barang jadi. misal mndustri enteng ialah industri rokok, batik, pemmntalan, dan percetakan.
  4. Industri gabungan ialahindustri yang membuat lebih dan satu barang alasannya ialah akibatnya diperlukan. misal mndustri gabungan ialah pabrik susu dan kalengnya, pabrik ikan dan kalengnya, serta pabrik homogen lainnya.

Berdasarkan Bahan Dasar


Berdasarkan kriteria mi, industri dibedakan menjadi empat kategori diberikut.
  1. Industri dasar ialah industri yang menghasilkan materi dasar bagi perusahaan (industri) lain. misal industri dasar ialah pabrik peleburan bauksit dan pabrik peleburan besi.
  2. Industri konveksi ialah industri yang membuat pakaian jadi. misal industri konveksi ialah perusahaan kemeja, jas hujari, kaos singlet, dan jaket.
  3. Industri perakitan ialah industri yang mengusahakan perakitan (penyetelan) mesin-mesin onderdil untuk mewujudkan barang jadi. misal industri perakitan ialah assembling sepeda motor Yamaha, kendaraan beroda empat Toyota, dan kendaraan beroda empat Honda.
  4. Industri trafik ialah industri yang seluruh materi mentahnya berasal dan impor alasannya ialah belum dihasilkan di dalam negeri. misal industri trafik ialah industri bir, anggur, dan perajutan materi wol.
Sumber Pustaka: Regina

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Industri Dan Penggolongannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel