Angin Muson Dan Perubahan Isu Terkini Di Indonesia

Angin Muson Dan Perubahan Musim Di Indonesia



Angin muson ialah angin yang berubah arah tiap setengah tahun. Oleh alasannya ialah itu, angin muson biasa juga dinamakan angin setengah tahunan. Angin muson terjadi alasannya ialah adanya perbedaan pemanasan antara bagian bumi utara (BBU) dan bagian bumi selatan (BBS). Perbedaan pemanasan mi terjadi akhir gerak tiruan tahunan matahari.

Angin muson ialah penentu rujukan iklim dan rujukan angin di Indonesia. Iklim yang dipengaruhinya dinamakan iklim musim. Angin muson berlangsung sepanjang masa. Mengapa angin muson terjadi di Indonesia? Angin muson teijadi di Indonesia, alasannya ialah posisi Indonesia yang berada di antara dua benua yang berseberangan terhadap khatulistiwa. Indonesia berada antara Benua Asia (di Belahan Bumi Utara) dan Benua Australia (di Belahan Bumi Selatan).



Bulan April sampai Oktober matahari berada di BBU. Benua Asia mengalami animo gerah. Sementara itu di BBS, Benua Australia mengalami animo dingin. Pada dikala itu, udara di Benua Asia sedang berada pada tekanan yang rendah. Adapun udara di Benua Australia berada pada tekanan tinggi. Udara akan bergerak dari kawasan yang bertekanan tinggi ke kawasan yang bertekanan rendah. Oleh karna itu angin akan bertiup dari Benua Australia menuju Benua Asia. Angin yang dikenal dengan angin muson tenggara mi bergerak melewati gurun yang luas di Australia. Akibatnya, angin yang bertiup bersifat kering. Angin muson tenggara menjadikan animo kemarau di Indonesia.

Pada bulan Oktober sampai April matahari berada di BBS. Benua Asia mengalami animo dingin. Benua Australia mengalarni animo gerah. Akibatnya, tekanan udara di Benua Asia lebih tinggi dan Benua Australia. melaluiataubersamaini demikian, angin akan bertiup dan Benua Asia menuju Benua Australia melalui Laut Cina Selatan.

Angin yang dikenal sebagai angin muson barat bahari ini banyak membawa uap air. Hal inilah yang menjadikan terjadinya animo hujan di Indonesia. Musim penghujan di Indonesia akan mencapai puncaknya pada bulan Desember sampai Februari. Pada tanggal 21 Maret dan 23 September, matahari sempurna berada di khatulistiwa. Pada dikala mi Indonesia akan mengalami masa peralihan atau masa pancaroba.
Sumber Pustaka: ESIS

Belum ada Komentar untuk "Angin Muson Dan Perubahan Isu Terkini Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel