7 Materi Pokok Makanan Sehat Pada Sajian Makanan Yang Seimbang

Tujuh Bahan Pokok Makanan Sehat


Kita sudah mengenal masakan empat sehat lima sempurna. Selain itu terdapat pula pengelompokan materi masakan yang lebih terinci, guna mendapat kecukupan gizi dan seimbang. Ada tujuh kelompok materi masakan yang sanggup dipilih untuk menyusun makanan. 

Setiap kelompok masakan tersebut mengandung materi masakan yang dibutuhkan tubuh. Berikut diuraikan ketujuh kelompok materi masakan sehat tersebut.


  1. Kelompok I ialah aneka macam macam sayuran berwarna hijau dan kuning. Sayuran tersebut mengandung vitamin A, mineral besi, kalsium, dan kalium.
  2. Kelompok II ialah aneka macam macam buah-buahan yang basah dan berwarna. Buah-buahan tersebut banyak mengandung vitamin C.
  3. Kelompok III ialah aneka macam buah-buahan dan umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin A dan C, mineral, dan gula. Misalnya, kentang ialah sumber karbohidrat dan mineral.
  4. Kelompok IV ialah susu atau materi masakan yang terbuat dan susu, contohnya keju. Susu sapi mengandung karbohidrat, lemak, protein, zat kapur, fosfor serta beber apa vitamin A, Bi, dan B2.
  5. Kelompok V ialah daging (sapi, ayam, ikan) dan telur. Bahan masakan tersebut mengandung protein hewani. Protein tumbuhan sanggup diperoleh dan kacang-kacangan. Makanan tersebut juga mengandung lemak, vitamin B, dan zat besi.
  6. Kelompok VI ialah beras, jagung, tepung terigu, ketela, kentang, roti, dan sagu. Makanan-makanan ini mengandung karbohidrat. protein, dan vitamin B (pada kulit anberas).
  7. Kelompok VII ialah masakan yang mengandung min yak, contohnya minyak kelapa, mentega, margarin, kacang tanah. wijen. dan penghasilanh. Mentega terbuat dan lemak susu; sedangkan margarin terbuat dan minyak tumbuhan contohnya minyak kelapa sawit, minyak kedelai, minyak dan biji kapas atau bunga matahari. Selain sebagai sumber energi. lemak juga ialah materi pelarut vitamin A,D,E.dan K.
Sumber Pustaka: Erlangga

Belum ada Komentar untuk "7 Materi Pokok Makanan Sehat Pada Sajian Makanan Yang Seimbang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel