Makna Dan Tata Cara Kelayakan Dan Peringatan Aneka Macam Hari Besar Keagamaan Dan Hari Besar Nasional

Makna Dan Tata Teknik Kelayakan Dan Peringatan Berbagai Hari Besar Keagamaan Dan Hari Besar Nasional



Hari-hari besar agama dan hari-hari besar nasional bagi bangsa Indonesia memiliki arti sejarah dan makna penting, yang menyangkut kehidupan kita pada masa yang akan hadir. Agar sanggup memahami makna tiap-tiap hari besar agama dan nasional, kita harus mengetahui latar belakang sejarahnya. Demikian maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya. Kita sebagai insan beragama dan sebagai masyarakat negara perlu memperingati hari-hari besar tersebut, sebab hal itu sanggup mempertebal rasa keagamaan dan rasa kecintaan kita terhadap bangsa dan negara.



Dalam kenyataan kehidupan beragama kerukunan umat beragama selama ini masih harus dinilai dengan motivasi yang luhdr. Apabila kerukunan ini hariya sekedar memenuhi proposal pemerintah atau deini ketertiban, hal ini belum sanggup dikatakan mencapai tujuan. Akibatnya, akan tenjadi goncangan-goncangafl dalam kondisi tertentu apabila ada pihak-pihak yang mendorong (membakar). Kemantapan kesadaran yang bersumber dan asas iktikad dan cinta kasih tidak akan tergoncangkan oleh kondisi apapun. Sebab keyakinan agama memang menan amkan cinta kasih dan kerukunan, bukan untuk memuaskan siapa pun, melainkan demi martabat pribadi.

Bagaimanakah perwujudan kerukuiian umat beragama dan penganut kepercayaan terhadap Tuhari Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari? Baiklah kita ikuti uraian diberikut, khususnya dalam memperingati hari-hari besar agama dan hari besar nasional

Arti dan makna hari-hari besar agama


Di Indonesia perayaan hari besar agama ialah kepingan kehidupan para pemeluk agama dan penganut kepercayaan kepada Tuhari Yang Maha Esa. Peringatan hari-hari besar agama sudah ialah kebiasaan yang berlangsung usang dalam sejarah masyarakat, sehingga menjadi tradisi yang baik. Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengenang kembali setiap insiden atau insiden penting serta member arti atas insiden penting itu dalam kehidupannya. Peringatan hari-hari besar agama yang berlangsung dan lampau sampai kini tidak tiruananya ialah tradisi di negara asal agama itu diturunkan.

Upacara dan tata cara Memperingati hari besar agama tentu saja tidak sama-beda, tetapi arti dan maknanya tentu sama, yaitu mengandung tuntunan atau pelajaran tingkah laris yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. melaluiataubersamaini memperingati hari- hari besar agama, para pemeluknya diingatkan kesadarannya semoga mematuhi perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, serta menyegarkan kesadaran mereka dalam menghadapi tantangan hidup. Karena peringatan hari besar agama mengandung pelajaran atau tuntunan perilaku dan perbuatan yang luhur bagi kemanusiaan dan bagi para pemeluknya.

Tuntunan perilaku dan perbuatan yang luhur itu, antara lain ialah berbagi perilaku legalisasi akan kebemasukan Tuhan Yang Maha Esa, mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang sudah mempersembahkan karunia kepada kita. Peringatan keagamaan menumbuhkan perilaku ramah-tamah, kasih akung kepada sesama makhluk, serta menjauhkan perilaku bermusuhari dan dengki terhadap sesama manusia. Makna memperingati hari besar agama juga mendidik setiap insan dan anggotamasyarakat serta masyarakat negara semoga senantiasa ingat kepada kebenaran pedoman agama serta menghormati norma-norma masyarakat dan negara.

Arti dan makna hari-hari besar nasional


Hari-hari besar nasional yang diperingati oleh bangsa Indonesia memiliki arti tersendiri bagi bangsa Indonesia. Hari-hari besar itu diperingati sebab arti dan maknanya sanggup mempersembahkan pengertian kepada generasi penerus untuk sanggup mempersembahkan arti dan peranannya dalam rangka membangun watak bangsa.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan

Belum ada Komentar untuk "Makna Dan Tata Cara Kelayakan Dan Peringatan Aneka Macam Hari Besar Keagamaan Dan Hari Besar Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel