Hakekat Rahmat Ilahi Yang Maha Esa Yang Termuat Dalam Pembukaan Uud 1945

Hakekat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Yang Termuat Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945



Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur. biar herkehidu’pan kehangsaan yang hcbas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengai ini kemerdekaannya. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang akan memdiberi bimbingan kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan herkeadilan sosial yang kita cita-citakan. 

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai ciri bangsa kita membuat kita percaya bahwa segala hal ialah atas kehendak Tuhan dan percaya pula akan adanya kehidupan lain pada kurun nanti setelah kehidupan kita di dunia sekarang. Hal ini memdiberi dorongan kepada kita untuk mengejar nilai-nilai yang dianggap luhur dan membuka jalan bagi kehidupan yang baik pada kurun yang akan hadir.



Makna Alenia Ketiga


Alinea ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi, “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan yang luhur, biar berkehidupan kebangsaan yang behas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

Makna lain yang terkandung dalam alinea tersebut adalah.
  1. Rasa keimanan dan ketakwaan terhadap Allah Yang Maha Kuasa, bahwa usaha kemerdekaan ialah usaha suci untuk meningkatkãn martabat manusia. Usaha insan sanggup berhasil berkat petunjuk dan santunan Allah Yang Maha.Kuasa.
  2. Adanya kehidupan yang didambakan oleh seluruh bangsa Indonesia, yakni kehi dupan yang berkesinambungan antara kehidupan materil dan spritu al, antara kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat.
  3. Kemerdekaan negara kita tanggal 17 Agustus 1945 tidak semata-mata hasil usaha bàngsa Indonesia saja. Perjuangan bangsa Indonesia untuk kemerdekaannya yang panjang ini memerlukan pengorhanan jiwa dan harta.
Semua itu spesialuntuklhb usaha, tetapi tercapai atau tidaknya tetap bergantung kepada kemurahan Tuhan Yang Maha Esa. melaluiataubersamaini kata lain, bangsa Indonesia meyakirn dengan sepenuh hati bahwa pejuangan yang panjang dan banyak menelan korban jiwa dan harta untuk mencapai kemerdekaan tersebut mustahil sanggup terwujud tanpa diridhoi dan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa..

Deinikian pula dengan upaya reformasi yang kita gulirkan ketika ini tidak terlepas dan keinginan untuk meningkatkan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa. Upaya reformasi ini berusaha meininimalisasi segala bentuk kesentidakboleh sosial dan ekonoini serta melaksanakan koreksi terhadap penyi mpangan-penyimpangan yang dilakukan Orde Baru. Adanya kesentidakboleh dan penyimpangan terhadap impian bangsa bukan saja tidak menjainin terwujudnya kehidupan masyarakat yang berkeadilan sosial bahkan sanggup menjadi kendala utama tercapainy tujuan reformasi. Keberhasilan refbrrnasi yang kita inginkan ialah terwujudnya kemakmuran rakyat yang berkeadilan sosial dan didasarkan pada perilaku ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sumber Pustaka: Grafindo Media Pratama

Belum ada Komentar untuk "Hakekat Rahmat Ilahi Yang Maha Esa Yang Termuat Dalam Pembukaan Uud 1945"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel